a

Berani Jual Mahal; Kopi Fore Makin HITS!

Tren minum kopi di tempat bisnis kopi kekinian semakin lama semakin menjamur di berbagai tempat. Bahkan bisa dikategorikan, mengonsumsi kopi terutama kopi kekinian kini semakin lama semakin menjadi budaya anak muda bahkan masuk ke kategori tren. Hal ini bisa jelas terlihat dari semkain banyaknya dibuka kedai – kedai yang mengusung tema bisnis kopi kekinian.

Namun tentunya, membangun sebuah bisnis kopi kekinian dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri jika tidak memiliki strategi yang kuat, dan konsep kopi kekinian yang masuk dengan selera masyarakat. Mendirikan bisnis kopi kekinian dengan merek baru, konsep baru tentu akan menjadi hal yang menantang dan sekaligus mendebarkan bagi semua pelaku bisnis, baik pemula maupun pemain lama.

Salah satu bisnis kopi kekinian yang menjamur pada banyak tempat hits, adalah kopi Fore. Kopi yang gerainya memiliki pencahayaan yang sangat terang tersebut cocok pada selera masyarakat. Fore kopi pun lahir pada Agustus 2018 dan langsung menyasar kelas menengah atas.

Sumber: www.assets-pergikuliner.com

Bisnis kekinian ini memiliki makna di dalam namanya. Fore diambil dari kata Forest, yang dalam bahasa inggris memiliki arti hutan. Mengambil nama hutan, diharapkan Fore dapt berkembang dan menjulang tinggi seperti hutan – hutan yang ada di Indoenesia. Selain itu juga, tema huta dan alam pun digunakan oleh Fore Kopi dalam membuka setiap kedai – kedai kopi kekinian milik mereka.

Elisa Suteja, sebagai CEO mudah yang berumur 26 tahun pun menjelaskan bahwa konsep alam memang menjadi ciri khas bisnis kopi kekiniannya. Ia juga merasa bahwa konsumen kopi Indonesia memiliki karakter atau cirri khas yang sangat berbeda. Kenaikkan pemesanan kopi kekinian sangat dikendarai oleh pemesanan via ojek online seperti Go Food dan Grab Food.

Sleain itu, Fore juga ingin menciptakan kesan bahwa coffee shop mereka berteknologi tinggi. Hal ini mereka buktikan dengan menggabungkan dua sistem antara online dan offline. Mereka mengklaim bahwa Fore Kopi merupakan pelopor yang menggabungkan dua hal tersebut. Sebagai bisnis kopi kekinian, konsumen dapat langsung mengunduh aplikasi Fore Kopi, dan dapat melakukan pemesanan yang nantinya konsumen tidak perlu lagi mengantri. Meskipun layanan ini baru bisa dinikmati pada cabang Senopati, diusahakan agar gerai cabang yanglain dapat juga menikmati fasilitas ini. Boleh juga yaaa usaha Fore kopi!

Elisa Suteja menjelaskan mengapa Fore kopi membuat aplikasi khusus pemesanan. Ia meneliti, bahwa konsumen – konsumen Fore kopi, terutama yang berlatar belakang sebagai pekerja, memiliki kecenderungan untuk serba terburu – buru dalam membagi waktu, termasuk dalam melakukan pemesanan kopi. Sehingga dengan dibuatnya aplikasi ini, diharapkan agar mempercepat durasi pemesanan konsumen yang berlatar belakang pekerja sibuk.

Berbagai strategi bisnis kopi kekinian, Fore kopi yang digencarkan agar bisa bersaing dengan merek – merek kopi lainnya. Seperti pemaksimalan media sosial sebagai seperti Facebook dan Instagram karena konsumen target pasar Fore kopi secara aktif bermain pada dua platforms tersebut. Selain itu juga Fore kopi melakukan kerja sama atau bermitra dengan Disney yang bertepatan juga dengan ulang tahun Mickey Mouse. Selain itu juga sebagai strategi offline, Fore kopi juga gencar memasang iklan sebagai kerja sama. Lokasi iklan – iklan offline tersebut ada pada titik – titik seperti Plaza Indonesia, dan lain – lain. Selain tu Fore kopi sebagai bisnis kopi kekinian juga ikut berperan serta pada acara Jakarta Coffee Week yang berlokasi di PIK Avenue pada pertengahan tahun 2018 kemarin. Wah, semoga industri bisnis kopi kekinian di Indonesia semakin makmur, ya! Kita juga sebagai pelaku UMKM tanah air dapat mempelajari teknik – teknik apa yang mereka lakukan.

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Bisnis KOPI DALGONA : Cuan di tengah Corona! - Solusiukm
April 9, 2020 18:21

[…] UKM pasti sudah tidak asing lagi dengan banyaknya berita dan unggahan media sosial mengenai viralnya jenis Kopi Dalgona. Kopi Dalgona yang fotonya banyak wira – wiri pada media sosail Instagram, Twitter, Youtube, […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x