a

Gedein Bisnis? Boleh Banget! Gini Cara Aman Buka Cabang:

Pengusaha mana yang tak ingin memiliki banyak cabang untuk bisnisnya? Tentunya semua pengusaha menginginkan hal tersebut, termasuk juga Anda, bukan? Dengan membuka cabang baru, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dari tempat lainnya. Namun, membuka cabang ini pun juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Anda harus memperhatikan kapan saat yang tepat. Berikut waktu yang tepat untuk membuka cabang bisnis baru.

Pemasukan Sudah Stabil untuk Digunakan Sebagai Modal.

Membuka cabang baru itu artinya Anda akan memerlukan anggaran ekstra, baik untuk perlengkapan, bahan baku, maupun sumber daya manusia. Oleh sebab itu, pastikan dulu Anda memiliki pemasukan yang stabil dengan keuntungan yang stabil pula setiap bulannya. Simpan hasil keuntungan tersebut selama beberapa bulan lalu gunakan untuk membuka cabang.

Jika memungkinkan, jangan membuka cabang baru dengan meminjam modal karena Anda akan memerlukan waktu untuk mengembalikannya. Karena jika demikian, keuntungan Anda tidak akan bisa terlihat dalam waktu singkat. Berbeda jika Anda menggunakan modal sendiri sehingga keuntungan bisa langsung dirasakan. Anda boleh menggunakan modal pinjaman, tapi Anda juga harus paham risikonya semisal jika cabang baru tidak bisa menghasilkan keuntungan seperti yang Anda harapkan. Jadi, memakai modal sendiri itu lebih baik.

Cabang Utama Sudah Tidak Mampu Lagi Menangani Pesanan dari Tempat Lain

Semisal setelah beberapa bulan Anda menjalankan bisnis ternyata sudah berkembang semakin pesat. Konsumen Anda pun tak hanya berasal dari kota tempat Anda membukanya, tetapi juga dari luar kota. Berbagai pesanan terus mengalir hingga cabang utama sudah tidak mampu lagi menampung pesanan konsumen. Di saat seperti inilah Anda harus membuka cabang yang baru.

Bukalah cabang di tempat di mana jumlah konsumen Anda paling banyak datang. Hal ini selain memudahkan mereka, Anda juga bisa menghemat biaya operasional misalnya untuk pengiriman. Selain itu, konsumen juga pastinya semakin senang karena mereka tidak harus menunggu lama hingga pesanan mereka sampai. Mereka bisa langsung membelinya di cabang baru tersebut.

Ada Sumber Daya Manusia

Anda tentunya tidak dapat mengelola semua cabang tersebut seorang diri, bukan? Jadi, Anda memerlukan seorang manager baru untuk mengelola cabang tersebut sehingga Anda bisa tenang mengurusi cabang utama atau cabang lainnya. Pastikan Anda mempekerjakan seorang yang bisa dipercaya. Semisal jika Anda sedang tidak ada di tempat untuk mengawasi, pekerja tersebut masih bekerja sesuai prosedur dan tidak mengalami kualitasnya dalam melayani pelanggan.

Anda juga bisa mengirimkan satu dari SDM Anda di cabang utama untuk ditempatkan di area yang baru. Cara ini lebih baik karena Anda sudah mempercayainya. Jika Anda harus mencari SDM baru, maka harus lebih selektif. Namun, satu yang perlu diingat, jika Anda tidak memiliki SDM yang cukup, atau biaya operasional Anda belum cukup untuk menggaji karyawan baru, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membuka cabang.

Tempat yang Baru Memiliki Potensi

Terkadang seorang pebisnis melihat adanya potensi tertentu dari tempat yang strategis untuk membuka cabang. Jika memang Anda melihat potensi pasar yang cukup menjanjikan, maka jangan sia-siakan kesempatan ini untuk membuka cabang bisnis baru. Apalagi jika Anda membuka cabang tersebut di tengah kota dengan sifat masyarakatnya yang cukup konsumtif. Namun, Anda tetap harus memperhatikan bahwa itu masih dipengaruhi oleh strategi marketing Anda. Meskipun potensi pasar cukup menjanjikan tetapi jika tidak didukung dengan pemasaran yang mumpuni, hal ini tentu akan sama saja.

Potensi yang baru tak hanya dilihat dari banyaknya konsumen, tapi juga daya beli dan perilaku mereka. Jika Anda bisa membidik konsumen secara tepat sasaran, maka potensi yang baik tersebut tidak akan sia-sia dan justru akan memberikan hasil penjualan yang memuaskan.

Membuka cabang baru adalah mimpi setiap pengusaha. Namun, tidak perlu dilakukan secara buru-buru ataupun menundanya. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika akan membuka cabang baru seperti kondisi finansial bisnis, pelanggan, sumber daya manusia, dan lokasi tempat yang baru tersebut. Semoga bermanfaat!

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Produk Yang Sempat Ditolak Di Dalam Negeri, Produk Ini Disukai Di Luar Negeri
June 2, 2020 23:01

[…] […]

trackback
Amerika Kerusuhan, Kafe Indonesia 'Dua Coffee' Kena Sasaran! - Solusiukm
June 4, 2020 22:25

[…] Bisnis asal Indonesia yang sudah internasional tersebut dimiliki oleh empat orang Warga Negara Indonesia tersebut cukup menggemparkan. Salah satu pemilik dari Dua Coffee Washington DC tersebut yang bernama Karim Prawiranegara kaget saat bisnisnya ikut menjadi bulan – bulanan amukan dari massa protestan. Ia dan pemilik – pemilik lain dari Dua Coffee cabang Washington DC menjelaskan bahwa mereka mengetahui kejadian ini pertama kali melalui kehebohan berita TV internasional Amerika Serikat, yaitu Fox News. Sebuah live report dari Fox News tersebut yang berlokasi di 15th Street tersebut langsung membuat pemilik dari Dua Coffee Washington DC tersentak kaget. […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x