a

Biar Banyak Closingan! 5 Trik Menghasilkan Foto Produk Ini Wajib Ditiru Pebisnis Online

Kesan pertama yang membuat customer jadi membeli atau tidak adalah foto. Foto menjadi elemen yang dapat menarik perhatian pelanggan. Namun, tidak semua pedagang online selalu fokus untuk memberikan gambar terbaik dari produk-produk yang dimiliki. Lalu gimana menghasilkan foto produk yang menarik?

Foto selalu menjadi daya pikat customer untuk meng-klik tombol masukan keranjang atau tombol back untuk mencari produk lainnya. Sebagai pemilik bisnis Anda harus bisa membuat pelanggan untuk mau membeli produk Anda.

Gimana membuat hasil foto produk yang bisa memikat? Foto seperti apa yang membantu dalam membentuk kesan pertama pelanggan untuk membeli atau tidak? Tentunya ada beberapa trik dan tips yang harus Anda lakukan sebagai pemilik bisnis demi menghasilkan foto produk nan mempesona.

SolusiUKM akan memberikan solusi mendapatkan foto produk yang menarik tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam bagi pemilik UKM. Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menghasilkan foto produk untuk mendapatkan closing? Simak ulasan berikut!

Gambar Faktor Kunci Branding

Foto produk yang menarik menghasilkan konversi yang cukup tinggi. 90% informasi yang tersimpan di otak adalah visual. Hampir sebagian orang lebih menerima konten visual dibandingkan dengan konten tertulis. Itulah yang menjadikan foto sebagai aspek penting customer untuk membeli atau tidak.

Kualitas foto akan memrepresentasikan produk brand Anda. Lebih dari 93 % pelanggan menganggap gambar sebagai faktor penentu dalam pembelian setiap produk. Gambar akan mencerminkan nilai dan kualitas produk kepada konsumen, sehingga memaksa pengunjung untuk mengambil tindakan dalam membeli atau tidak.

Untuk mendapatkan foto yang professional, tak perlu membayar fotographer professional. Karena Anda bisa melakukannya sendiri. Beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk menghasilkan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut.

Gimana Menghasilkan Foto Produk Berkualitas Tanpa Budget Besar?

Persiapkan Background yang Tepat Untuk foto

Sebelum Anda menyiapkan foto produk, Anda harus persiapkan background yang tepat untuk foto produk Anda. Dengan latar belakang yang tepat, akan memudahkan dalam proses pengeditan foto saat proses editing.

Jika Anda merasa background mahal, sebenarnya tidak. Apabila usaha Anda masih cukup kecil. Anda bisa memanfaatkan background-background seadanya. Dengan menggunakan misal, kain yang ada di rumah.

Disarankan ketika menggunakan background, Anda bisa menggunakan background berwarna putih atau terang. Dengan tempat yang sederhana tanpa harus menyiapkan alat-alat fotografi lengkap yang memakan banyak biaya.

Menyiapkan Produk

Pastikan produk Anda di letakkan di tempat yang rata dan stabil. Cara ini digunakan, agar produk bisa di potret dengan baik. Letakan juga aksesoris yang menarik dan menunjang produk yang akan di potret. Ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif agar produk yang di foto lebih menarik.

Selain itu, usahakan tempat pengambilan foto cukup luas untuk mengambil foto dari berbagai sudut. Terkadang sebuah produk akan cukup bagus di potret dari salah satu sudut tertentu. Sehingga Anda sebagai pemilik produk harus mencoba dari berbagai sudut.

Pencahayaan yang Baik

Ketika berbicara tentang fotografi, kita tidak boleh melewatkan pencahayaan. Cahaya yang baik akan menentukan kualitas foto produk Anda. Untuk menghasilkan foto produk yang menarik. Sehingga foto akan lebih terkesan dan memiliki nilai.

Jika Anda tidak memiliki peralatan lighting profesional. Anda bisa mencoba menggunakan cahaya alami, terkadang para fotographer menyarankan untuk mengambil foto pada golden hour. Yakni sekitar 06.30-07.00 dan sore hari sekitar pukul 17.00-18.00.

Namun, jika Anda mengambil foto di indoor, Anda harus memerlukan lighting yang cukup. Sehingga produk Anda bisa cukup jelas ketika di foto. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi cahaya di tempat Anda.

Foto Menggunakan DSLR atau Smartphone

Kamera cukup penting untuk menunjang bisnis Anda. Saat ini, harga kamera DSLR pun cukup terjangkau. Sehingga bisa dengan mudah Anda coba untuk membelinya. Namun, jika Anda tidak memiliki budget, smartphone Anda bisa  dimanfaatkan.

Kualitas dari Kamera pada smartphone telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Smartphone bisa menjadi solusi bagi Anda dalam mengambil foto produk untuk produk bisnis online. Anda juga harus memiliki aksesoris tambahan, seperti stabilizer atau tripod untuk smartphone. Agar foto yang diambil bisa lebih fokus.

Editing

Proses editing tetap harus Anda lakukan, untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Dibandingkan dengan foto hasil dari kamera saja. Dengan adanya tambahan editing, foto produk yang Anda tampilkan akan terlihat lebih professional.

Saat ini cukup banyak aplikasi editing foto. Tak perlu yang professional seperti photoshop. Anda bisa mendapatkan hasil editing foto yang cukup baik menggunakan aplikasi sederhana seperti Canva, PIXLR, dan aplikasi edit foto lainnya.

Menghasilkan foto produk menarik tidaklah sulit. Hasil foto yang baik akan bisa Anda dapatkan ketika Anda terus berlatih untuk mengambil foto produk secara terus menerus. Optimalkan foto produk untuk mendapatkan banyak closingan dan lebih banyak konversi untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Share With:
Rate This Article