Solusiukm
Bisnis

Biar Bisnis Selamat Saat Banjir: Ini Langkah Amannya!

Cuaca ekstrim yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia ini membuat banyak masyarakat kelabakan karena cuaca yang datang sungguh di luar jadwal pada umumnya. Terlebih lagi pada musim hujan yang diperkirakan banyak ahli masih akan melanda Indonesia sampai beberapa waktu ke depan.

Para pelaku bisnis, terutama pelaku bisnis ritel, perlu memikirkan kira – kira apakah dengna terjadinya cuaca ekstrim yang berubah tidak sesuai dengan jadwal tersebut akan memberikan pengaruh bagi bisnisnya. Sehingga dengan fenomena tersebut, pelaku bisnis terutama ritel perlu mempersiapkan beberapa rencana agar bisnisnya ‘aman’ saat hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

Terlebih lagi, saat cuaca hujan yang datang terus menerus tiada henti, hal tersebut berarti kemungkinan bencana banjir yang akan datang. Tentunya bisnis saat banjir perlu penanggulangan yang cepat, tepat, dan sudah direncanakan terlebih dahulu. Bisnis saat banjir dapat mendatangkan kerugian besar bagi para pelaku bisnis. Mengutip dari Kompas.com, bahwa kerugian yang dialami oleh para pebisnis ritel nominalnya menyentuh angka 1 triliun Rupiah karena terhambatnya menjalankan bisnis secara total.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengantisipasi bisnis rugi saat banjir terjadi dari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) yang bernama Roy Nicolas Mandey, dikutip melalui Kompas.com:

Non Stop Pantau BMKG

Jadi, langkah paling awal yang perlu dilakukan para pelaku bisnis saat banjir adalah dengan melakukan pengecekan secara terus menerus pada data – data dan perkiraan hujan yang secara resmi dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hal ini tentunya ampuh untuk menakar bagaimana keadaan cuaca pada beberapa hari ke depan karena BMKG adalah badan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah sehingga sangat terpercaya.

Sumber : www.bmkg.go.id

BMKG juga dapat membantu memperkirakan daerah mana saja yang akan banjir dan mendapat banjir kiriman. Cek selalu berita – berita paling update mengenai banjir mana yang semakin parah, atau juga yang sudah mulai surut sehingga membantu kalian untuk mengkontrol bisnis saat banjir.

Tentukan akan buka atau tidak

Setelah melakukan pemantauan secara rutin mengenai cuaca dan keadaan, langkah selanjutnya adalah untuk melindungi bisnis saat banjir adalah dengan menentukan apa bisnis kalian bisa beroperasi atau sebaiknya tutup dahulu. Tentunya jika memaksakan bisnis untuk tetap buka, bisnis akan mengalami kerugian besar.

Cek jumlah stok yang dipunya                       
Sumber : www.freepik.com created by senivpetro

Perhatikan seberapa banyak jumlah stok jualan yang dimiliki oleh kalian. Jika stok – stok tersebut diletakkan di toko tempat kejadian, aka nada kemungkinan stok – stok bisnis hanyut saat banjir. Jangan sampai juga kalian memiliki stok yang berlebih juga akan memperburuk kondisi bisnis saat banjir.

Kalau sudah terlanjur kena banjir? Harus gimana?

Bisnis saat banjir dan terkena efek tentu sangat menyedihkan. Namun sebagai pebisnis kita harus tetap bangkit dan terus berjuangan agar bisnis tetap beroperasi setelah banjir. Saat mulai surut, kembali cek kondisi bisnis sesudah banjir, perhatikan apa saja yang tidak terselamatkan, apa saja yang masih bisa dipertahankan.

Langkah setelahnya agar bisnis lebih aman saat banjir ada beberapa opsi. Opsi pertama adalah cek apa tempat bisnis kalian rawan banjir sehingga saat hujan menerjang sedikit, bencana banjir tidak bisa dihindari. Yang kedua, jika memungkinkan pindahkan bisnis kalian pada lokasi yang lebih tinggi sehingga memiliki kemungkinan kecil saat banjir menyerang. Lalu, jika bisnis tersebut menyimpan stok dalam jumlah besar, bisa coba kemungkinan untuk mendaftarkan asuransi pada bisnis kalian. Tetap waspada ya, kawan – kawan! Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan!

Artikel Terkait

Kisah Sedih ; Bisnis Wedding Organizer Hancur Saat Corona

marsha

Cek Rahasia Jualan Mobil Bekas Biar Cepet Laku!

marsha

6 Kiat Agar Akun Instagram Bisnis Anda Sukses untuk Branding

marsha