Solusiukm
Bisnis

Biar Ngga Kaget, Ini Yang Wajib Diketahui Biar Dapat Bantuan Presiden BLT UMKM

Bantuan langsung tunai atau BLT UMKM dari presiden merupakan salah satu program yang dijalankan. Program berupa bantuan Presiden dalam bentuk BLT ini merupakan langkah konkret yang dilakukan dari pemerintah Indonesia untuk membantu dampak buruk yang diakibatkan oleh Covid – 19 Corona. Seperti yang kita tahu, pandemi Covid – 19 Corona telah mengakibatkan situasi ekonomi yang sulit bagi seluruh warga dunia, termasuk negara kita Indonesia. Dengan program bantuan Presiden atau BLT yang ditujukan untuk UMKM ini, diharapkan UMKM yang terdampak pandemi Covid – 19 Corona bisa lebih terbantu kondisi keuangannya.

Dalam mendapat bantuan Presiden berupa uang tunai tersebut, pemilik dair UMKM Indonesia perlu untuk memenuhi beberapa syarat. Syarat – syarat tersebut tentunya harus dipenuhi agar UMKM yang terdampak pandemi Covid – 19 Corona bisa mendapatkan bantuan Presiden. Selain itu, syarat – syarat diberikan untuk UMKM agar bantuan Presiden berupa uang tunai tersebut bisa tepat sesuai sasaran awal, yaitu meringankan beban UMKM Indonesia.

Jika kalian pemilik bisnis pada level UMKM di Indonesia, kalian memiliki hak untuk mendapakan uang tunai bantuan Presiden. Jangan sampai hak yang memang milik kalian tidak jadi kalian dapatkan karena kelalaian dalam menggali informasi – informasi mengenai bantuan Presiden. Untuk itu, tim SolusiUKM.com merangkumkan beberapa persyaratan agar kalian sebagai pemilik UMKM Indonesia bisa mendapatkan uang bantuan Presiden. Berikut poin – poin yang perlu diperhatikan untuk kalian:

Mengambil bantuan Presiden tidak bisa diwakilkan

Bagi kalian para pemilik bisnis skala UMKM, kalian perlu memperhatikan poin pertama untuk mendapatkan bantuan Presiden. Yaitu, untuk mendapatkan bantuan Presiden tersebut, kalian harus mengambilnya secara langsung. Itu artinya, pemilik dari UMKM wajib datang sendiri tanpa diwakilkan oleh siapa pun agar bisa mendapat bantuan Presiden tersebut.

Hal ini diperlukan agar proses pengecekan identitas diri terhadap sebagai pemilik UMKM yang terdaftar bisa menjadi lebih mudah. Karena, hal yang pertama dicek untuk mendapat bantuan Presiden tersebut, salah satunya adalah kartu identitas diri. Maka dari itu, untuk mempermudah langkah pencairan dana bantuan Presiden, kalian perlu datang tanpa diwakilkan oleh pihak lain.

Tidak terlibat proses peminjaman dana pada bank

Syarat kedua untuk mendapatkan bantuan Presiden adalah dengan tidak terlibat proses peminjaman dana pada lembaga perbankan. Hal ini dijelaskan oleh pemerintah, yang diwakilkan oleh Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan UKM Indonesia. Teten Masduki mengatakan, bahwa bantuan Presiden uang tunai ini ditujukan bagi mereka yang benar – benar membutuhkan dan dalam kondisi sangat sulit. Karenanya, bantuan Presiden ini diharapkan bisa menjadi titik bangkit bagi mereka – mereka pelaku bisnis jenis UMKM Indonesia yang memang belum mendapat bantuan berupa dana dari pihak manapun, terutama pihak bank atau biasa disebut dengan sebutan unbankable.

Usahakan memiliki rekening bank yang dipilih pemerintah untuk mencairkan bantuan Presiden

Dalam penyaluran bantuan Presiden berupa uang tunai tersebut, nantinya pihak pemerintah akan memberikannya melalui rekening bank. Tentunya, dalam pemberian rekening bank tersebut membutuhkan bank – bank yang sudah dipilih sebagai penyalur uang tunai resmi dari pihak pemerintah. Untuk itu, usahakan bagi kalian penerima bantuan Presiden untuk memiliki rekening – rekening bank yang sudah ditetapkan. Beberapa jenis bank yang memang sudah ditunjuk sebagai penyalur bantuan Presiden adalah Bank BRI, Bank BNI, dan juga Bank Mandiri Syariah.

Namun, jika kalian sudah terdaftar untuk menerima bantuan Presiden dan tidak memiliki rekening pada akun – akun tersebut pun tidak perlu khawatir. Tertulis secara resmi pada website Kementrian Koperasi dan UKM, jika pelaku UMKM terdaftar bantuan Presiden namun tidak memiliki rekening pada tiga bank tersebut tentunya akan dibantu. Pelaku bisnis UMKM akan dibuatkan rekening bank pada salah satu bank yang dipilih pada saat mereka melakukan pencairan bantuan Presiden. Namun, tentunya akan lebih baik jika kalian sudah terlebih dahulu memiliki akun rekening pada salah satu bank yang disebutkan.

Terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki NIK

Poin ini tentu wajib dimiliki. Hal ini jelas tercantum jika kalian ingin mencairkan bantuan Presiden, maka kartu identitas diri harus dimiliki dan dibawa. Kartu identitas atau KTP tersebut tercantum nomer NIK yang juga sebagai warga negara Indonesia atau WNI.

Jika tidak mendapat padahal berhak, bisa mendaftar ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah

Jika kalian pelaku UMKM yang merasa berhak mendapatkan bantuan Presiden, namun tidak terdaftar, kalian tidak perlu khawatir. Kalian pelaku UMKM yang merasa memenuhi persyaratan dalam menerima uang tunai sebagai bantuan Presiden, masih bisa mendaftarkan bisnisnya. Kalian tinggal mendaftar pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah untuk mendapatkan antrian dan hak mendapat uang tunai bantuan Presiden.

Semoga bisnis kalian bisa tetap bertahan dalam masa sulit pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini. Dua hal yang penting untuk menjadi bahan pertimbangan kalian dalam menjalankan bisnis saat situasi sekarang, yaitu pada bagian finansial. Semoga dengan adanya bantuan Presiden ini bisa membantu bisnis kalian pada situasi finansial yang sulit. Selain itu, pada masa pandemi, kalian perlu mengatur strategi untuk bisnis kalian agar bisa bertahan. Klik banner di bawah untuk mendapat panduan bisnis UKM agar terhindar dari kemerosotan, hingga bangkrut khusus pada situasi pandemi. GRATIS!

Artikel Terkait

Kisah Bisnis Fesyen: Ditolak Di Dalam Negeri, Produk Ini Disukai di Luar Negeri

admin

Cara Cespleng PDKT ke Konsumen Lewat Instagram

marsha

5 Harapan Besar dari Industri Daur Ulang Sampah Plastik Indonesia

Iskandar Rumi