Solusiukm
Bisnis

Bisa Buat Bisnis: Ini Jenis Tanaman yang Masuk ke Hidroponik Sederhana

Pada masa pandemi Covid – 19 Corona, tentunya banyak kegiatan – kegiatan masyarakat yang berubah secara drastis. Pergeseran – pergeseran daya konsumsi masyarakat, dan juga aktivitas – aktivitas penduduk semua negara memang berbeda jika dibandingkan saat normal. Sebelum datang masa pandemi Covid – 19 Corona, beberapa industri bisnis sedang mengalami masa jaya. Bisnis – bisnis yang mengalami masa jaya sebelum pandemi Covid – 19 Corona adalah bisnis industri pariwisata (hotel, tiket pesawat, tempat pariwisa). Industri lain yang berjaya sebelum Covid – 19 Corona adalah industri fesyen. Namun, saat pandemi menghantam, kedua industri tersebut justru sangat melemah. Bahkan, industri fesyen dan pariwisata cenderung banyak sekali yang memutuskan gulung tikar.

Salah satu perubahan yang terjadi pada masyarakat luas saat pandemi Covid – 19 Corona berlangsung adalah pada bidang hobi. Masyarakat yang dipaksa untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, mau tidak mau memaksimalkan kegiatan – kegiatan di dalam luar. Salah satu kegiatan di dalam rumah yang menjadi tren dan disukai banyak orang saat pandemi adalah menanam tanaman hidroponik, terutama dengan jenis sederhana.

Manfaat penting dari tanaman hidroponik sederhana

Dengan menanam tanaman hidroponik sederhana, orang – orang mendapatkan banyak sekali manfaat. Beberapa contoh manfaat dari menanam tanaman hidroponik sederhana adalah sebagai kegiatan relaksasi. Menunggu tanaman hidroponik sederhana dari proses awal menanam, dan tumbuh hingga berkembang dan siap dipetik tentu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi penanamnya.

Selain relaksasi, manfaat lain dari menanam tanaman hidroponik terutama jenis sederhana adalah untuk mendapatkan makanan dengan kualitas terbaik, tanpa perlu ketakutan jika makanan – makanan tersebut tidak higienis atau lebih parahnya terkena virus dari Covid – 19 Corona.

Kenapa tanaman hidroponik sederhana itu penting?

Selain itu, menanam tanaman hidroponik sederhana juga membutuhkan biaya yang cenderung sedikit. Hal ini merupakan aspek yang penting untuk berhati – hati dalam membelanjakan uang, terutama pada situasi tidak menentu seperti pandemi saat ini. Selain rasa murah, dan juga pengerjaan yang mudah, mengerjakan tanaman hidroponik sederhana juga tidak memakan tempat.

Berbeda dengan jenis tanaman lain, jenis tanaman hidroponik sederhana ini tidak memerlukan lahan luas jika ingin mulai menanam. Tentu dengan kriteria ini, kalian bisa memaksimalkan sisa tempat yang kecil untuk mulai mengerjakan tanaman hidroponik sederhana. Dengan hanya membutuhkan sisa tempat sederhana dan tidak kecil, tentu membuat kalian – kalian yang tinggal di kota besar tidak merasa kesulitan jika tidak memiliki pekarangan atau taman luas untuk menanam tanaman hidroponik sederhana.

Selain itu, jenis – jenis peralatan yang digunakan untuk memulai menanam tanaman hidroponik sederhana juga termasuk kategori mudah dijangkau. Kalian tidak perlu membeli peralatan – peralatan yang mahal untuk bisa mengerjakan tanaman hidroponik sederhana. Hal ini disebabkan karena untuk menanam tanaman hidroponik sederhana, kalian cukup membutuhkan alat – alat bekas seperti botol minuman kemasan bekas yang sudah dipotong, pipa bekas, dan lain – lain, sesuai dengan kreativitas yang kalian miliki.

Jenis – jenis tanaman hidroponik sederhana yang bisa dicoba

Berikut beberapa jenis tanaman hidroponik sederhana yang bisa kalian coba, tentunya mudah dan tidak rumit, ya!

Sawi

Kangkung

Bayam

Terong

Selada

Sawi

Tomat,

dll.

Lalu, untuk tanaman hidroponik sederhana jenis tanaman hias adalah:

Bunga Anggrek

Bunga Mawar

dll.

Cara mudah menanam tanaman hidroponik sederhana

Seperti yang sudah dibahas pada tulisan di atas, menanam tanaman hidroponik memang cenderung sederhana dibandingkan jenis – jenis tanaman yang lainnya. Salah satu alat untuk bercocok tanaman jenis hidroponik sederhana adalah botol – botol plastik bekas. Harga botol plastik tentunya sangat terjangkau, namun bahan plastiknya memang cenderung bisa merusak lingkungan. Untuk itu, daripada membuang – buang botol plastik bekas, kalian bisa mendaur ulang dan menggunakannya untuk sesuatu yang lebih manfaat. Salah satu cara memaksimalkan botol plastik adalah dengan menggunakannya sebagai wadah tanaman hidroponik sederhana. Nama lain dari sistem atau teknik menggunakan botol bekas ini disebut juga dengan sistem wick.

Langkah awal untuk menggunakan botol bekas sebagai wadah tanaman hidroponik sederhana adalah, dengan menggunting botol plastik bekas tersebut menjadi dua bagian. Pada tutup botol bagian ujung atas, jangan lupa untuk memberi llubang dengan ukuran yang cukup kecil. Lalu, dua bagian terpisah botol plastik tersebut (atas dan bawah) disambung menjadi satu. Saat menyambung dua bagian botol tersebut, letakkan bagian atas botol pada arah ke bawah.

Cari kain flannel atau sumbu pada lokasi tutup yang telah diberikan lubang pada botol. Kain flannel atau sumbu tadi digunakan pada tanaman hidroponik sederhana sebagai penyalur air yang akan menjadi nutrisi. Sumbu – sumbu yang telah dipasang, diharapkan bisa menyerap air dan mengalirkannya sedikit demi sedikit pada tanaman hidroponik tersebut. Yang terakhir, kalian bisa memasukkan bibit tanaman dengan sedikit tanah atau secukupnya tanah pada bagian atas dari botol bekas tersebut.

Jika kalian pada akhirnya merasa senang dengan kegiatan berocok tanam menggunakan tanaman hidroponik sederhana, maka lebih baik untuk melihat hal ini sebagai peluang bisnis. Tentu dengan menjual hal – hal terkait tanaman hidroponik sederhana, peluang untung di masa pandemi akan lebih terlihat, bukan? Cek tips – tips untuk memulai bisnis sederhana saat pandemi dengan melakukan KLIK PADA BANNER di bawah. GRATIS dan BUKAN SPAM, lhooo.

 

Artikel Terkait

Setelah Giant Tutup, Gimana Nasib Retail Kecil Di Indonesia?

Iskandar Rumi

Wah, Bisnis Tanaman Sekarang Makin Hits Karena Covid, lho!

marsha

8 Alasan Kenapa WAJIB BANGET Punya Website Bisnis Online

marsha