a

Bisakah Bisnis Tanpa Modal? 7 Cara Usaha Tanpa Modal yang Mungkin Tak Terpikir Oleh Anda

Untuk memulai bisnis atau usaha, banyak orang yang menyangka harus memutuhkan modal yang cukup besar. Padahal saat ini cukup banyak usaha tanpa modal yang bisa dijalankan oleh Anda yang ingin belajar menjadi seorang pengusaha bisnis namun terkendala masalah modal. Sehingga tak perlu lagi takut tidak bisa memulai bisnis dengan alasan tak memiliki modal. Karena banyak cara yang bisa membantu Anda menjadi pebisnis tanpa modal.

Mungkin saat ini yang tergiang dalam pikiran Anda bisakah memulai usaha yang benar-benar tanpa modal. Tentunya bisa, modal yang dimaksud disini adalah modal untuk memproduksi atau membeli sebuah produk yang ingin Anda jual tidak Anda miliki.

Hal-hal kecil, berkaitan dengan ongkos, jaringan internet, pulsa, dan lain sebagainya tidak menjadi modal yang dimaksud dalam artikel ini. Sehingga Anda harus bisa memahami mengenai pengertian modal dalam pembahasan ini. Hal terpenting, jangan sampai Anda salah pengertian terhadap modal.

Sesuatu yang harus Anda pahami saat Anda ingin memulai sebuah usaha tanpa modal, Anda harus menjalankannya secara konsisten dan serius. Jangan sampai Anda menjalankan bisnis tanpa modal tersebut hanya untuk main-main. Jika hanya main-main, maka Anda akan sangat sulit mendapatkan hasil yang luar biasa dan cita-cita Anda untuk menjadi jutawan sebagai pebisnis akan tertunda.

Adakah Bisnis yang Bisa Dijalankan Tanpa Modal ?

Pertanyaan tersebut sering terlontarkan dari orang-orang yang ingin memulai sebuah bisnis tapi bingung tidak memiliki modal secara materi. Padahal modal materi bagi para pebisnis sukses adalah hal yang kesekian, bukan menjadi hal yang pertama. Akan sangat sulit, jika menjalankan bisnis hanya memikirkan bagaimana memperoleh modal untuk memulai usaha tersebut.

Hal terpenting yang bisa Anda lakukan sekarang adalah melihat peluang usaha. Peluang inilah yang paling penting dibandingkan dengan modal. Memiliki modal, tetapi tidak memiliki peluang maka usaha Anda akan sia-sia saja. Dengan memiliki peluang, tapi tak memiliki modal maka Anda tetap bisa menjalankan bisnis tanpa modal tersebut.

Dengan melihat peluang apa yang menarik, maka Anda bisa menjadi seorang jutawan yang bisa membantu merubah hidup Anda. Hal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha tanpa modal, mencari peluang yang memiliki prospek cukup besar. Jangan sampai Anda hanya berbisnis dengan barang-barang musiman. Bisnis atau usaha tanpa modal bisa Anda mulai, setelah Anda membaca artikel ini.

Macam-Macam Bisnis Tanpa Modal

Apa sajakah bisnis yang bisa Anda jalankan tanpa modal? Tentunya ada banyak usaha tanpa modal yang bisa Anda jalankan. Jangan takut bahwa Anda tidak bisa menemukan ide bisnis tanpa modal, padahal peluang bisnis tersedia sangat luas meskipun tanpa modal yang cukup bahkan tidak sama sekali. Daripada Anda penasaran, berikut daftar usaha tanpa modal yang bisa segera Anda jalankan mulai besok.

Menjadi Penulis Blog

Sekarang, menjadi seorang penulis tidak harus menulis buku. Anda yang memiliki kemampuan dalam menulis blog, bisa sebagai modal awal untuk bisnis yang Anda jalankan tersebut. Terlebih jika Anda mengenal SEO (Search Engine Optimization), Anda akan dicari oleh banyak perusahaan.

Apa lagi menjadi penulis blog tidak memerlukan biaya sama sekali. Mungkin Anda hanya memerlukan jaringan internet, untuk mengirimkan karya Anda ke klien. Saat ini banyak individu dan lembaga yang memiliki blog atau situs mencari penulis-penulis untuk mengisi blog mereka.

Tentunya persaingan menjadi seorang penulis saat ini, tidak seketat Anda menjadi seorang PNS. Anda bisa mulai saat ini juga menulis dan menemukan klien. Terdapat cukup banyak instansi yang mencari penulis-penulis Andal untuk blog mereka.

Menjual Produk Milik Orang Lain

Bisa dikatakan ini adalah tugas seorang sales. Memang tidak salah juga, karena Anda membantu orang lain untuk menjualkan produk. Anda bisa mengambil keuntungan yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Istilah seperti ini sering disebut sebagai reseller atau dropship.

Reseller merupakan salah satu usaha tanpa modal yang bisa Anda lakukan dengan mendapatkan keutungan yang cukup besar. Terlebih dengan kehadiran marketplace di Indonesia yang memudahkan Anda dalam menjualkan produk yang Anda dapatkan dari supplier.

Sebagai seorang reseller atau dropship, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana menciptakan sebuah produk. Yang harus Anda pikirkan, bagaimana melakukan pemasaran dalam produk tersebut. Dengan strategi marketing yang baik, maka produk yang Anda jual akan sangat laris di pasaran.

Disarankan, agar Anda juga belajar untuk melakukan penjualan online dan mempelajari strategi penjualan online. Baik dengan marketplace, sosial media, maupun dengan memanfaatkan blog sendiri. Terdapat cukup banyak fasilitas blog yang jasa pembuatannya gratis, seperti Blogger, Joomla, dan WordPress. Anda dapat memanfaatkan ketiga fasilitas blog tersebut.

Menjual Jasa

Menjual jasa menjadi pilihan lain untuk melakukan bisnis tanpa modal. Karena dalam menjual jasa, Anda hanya menjual kemampuan atau tenaga Anda kepada orang lain. Hal terpenting untuk menjual jasa yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan berbagai pekerjaan yang memang hanya membutuhkan kemampuan yang Anda miliki.

Keuntungan dari berbisnis jasa pun cukup besar. Anda bisa mendapatkan keuntungan mencapai 100 % dari usaha yang Anda jalankan. Terkadang, membuka bisnis jasa, klien Anda akan memberikan uang muka terlebih dahulu yang bisa Anda jadikan modal awal.

Saat ini cukup banyak usaha jasa yang bisa Anda jalankan. Mulai dari jasa design grafis seperti pembuatan undangan pernikahan, atau mendesain berbagai spanduk dan banner yang sering dibutuhkan. Jasa pembuatan website, jasa membelikan suatu produk seperti pakaian, atau emas ke pusatnya. Dan juga berbagai bidang jasa lainnya bisa Anda lakukan. Jasa merupakan usaha tanpa modal yang paling tepat untuk Anda jalankan, ketika Anda memang sedang tidak memiliki modal materi untuk menjalankan usaha.

Menjadi Penerjemah

Anda memiliki kemampuan bahasa asing? Anda tidak sedang bekerja dan ingin memiliki usaha atau ingin memiliki usaha sampingan. Maka menjadi penerjemah adalah peluang usaha tanpa modal yang cukup menjanjikan. Karena masih banyak orang Indonesia yang tidak memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing yang memadai, sehingga banyak instansi mencari orang-orang memiliki kemampuan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting berbahasa Inggris.

Anda bisa menjadikan peluang tersebut sebagai peluang bisnis tanpa modal. Bahkan Anda tidak memerlukan modal materi untuk memulai usaha yang satu ini. Hal terpenting Anda memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing tersebut ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Affiliate

Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai affiliater untuk memulai usaha tanpa modal. Affiliate ini hampir mirip dengan reseller dan dropship. Anda hanya menjualkan produk yang sudah ada, dan fee menjadi seorang affiliater pun cukup besar. Anda bisa segera mencobanya mulai saat ini juga dengan mendaftar sebagai Accurate Digital Partner (ADP).

Di ADP Anda hanya perlu menjualkan produk software Akuntansi berbasis cloud Accurate Online (AOL). Berapa fee yang Anda peroleh dari menjual produk AOL? Tentunya sangat besar. Anda bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp 400 ribu hanya untuk menjual satu item AOL.

Jika dalam satu Minggu Anda bisa menjualkan minimal 10 item produk, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan di atas Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta bukan? Bagaimana caranya, cukup kunjungi langsung www.solusiukm.com. Dan daftarkan langsung diri Anda sebagai ADP.

Broker Properti

Nilai properti yang selalu naik membuat banyak orang melihat adanya prospek besar dalam bisnis yang satu ini. Bahkan telah banyak yang sudah sukses dalam menjalankan bisnis properti, meskipun awalnya mereka memulai usaha tanpa modal. Bisnis tanpa modal ini bisa Anda jalankan dari manapun, dengan cara membantu orang-orang yang ingin menjual properti miliknya. Tugas Anda hanya mencari pembelinya, baik secara online maupun offline.

Tentunya bisnis ini sangat mudah bukan? Anda hanya mencari orang-orang yang ingin menjualkan properti mereka. Setelah itu Anda bantu proses penjualannya, baik itu dengan menggunakan cara online maupun cara lainnya. Sehingga properti tersebut bisa laku dengan cepat dan Anda mendapatkan fee penjualan yang bisa mencapai angka 5-10 % dari harga jual properti tersebut.

Mencari Investor

Anda hanya memiliki ide usaha tetapi Anda sedang tidak memiliki modal?  Mungkin Anda bisa mencari investor untuk membantu ide atau cita-cita Anda terwujud. Mencari investor adalah pilihan terakhir setelah Anda sedang tidak memiliki modal untuk memulai usaha.

Hal terpenting yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha tanpa modal dan mengandalkan investor adalah dengan membuatkan mereka sebuah proposal yang lengkap dan berbobot. Di dalam proposal yang Anda ajukan tersebut harus berisi mengenai pembagian hasil, manajemen keuangan usaha yang akan Anda jalankan, resiko yang mungkin akan terjadi selama usaha berjalan, serta kapan modal yang diberikan bisa kembali.

Setelah sang investor setuju dengan proposal yang Anda ajukan, maka mintalah waktu kepada investor untuk mempresentasikan ide usaha yang akan Anda jalankan tersebut di depannya. Atau jika si investor sedang berada di luar kota maupun luar negeri maka lakukanlah presentasi dengan teleconference, agar bisnis Anda bisa segera di mulai dengan secepatnya.

Share With:
Rate This Article