Solusiukm
Peluang Usaha

Bisnis Ikan Hias Dengan Modal Seuprit Tetap Bisa Cuan Gede

Photo Source: Pikiran Rakyat

Pandemi Covid – 19 Corona membuat banyak sekali pergeseran kebiasan yang dimiliki oleh masyarakat. Salah satu kebiasaan masyarakat yang sangat dikurangi adalah kegiatan – kegiatan yang mengharuskan masyarakat keluar rumah dan berada di kerumunan banyak orang. Hal ini berarti kegiatan bekerja, sekolah, bahkan berbelanja akan mayoritas dikerjakan di dalam rumah. Segala aktivitas di rumah pun meningkat dan dilakukan supaya waktu tetap terisi dengan produktif dan tidak sia – sia.

Hal ini termasuk hobi. Kegemaran masyarakat pun saat ini juga berganti haluan. Saat yang dulu memiliki hobi yang mengharuskan berkegiatan di luar rumah, mau tidak mau, hobi tersebut akan berhenti total. Hobi – hobi yang mengharuskan untuk dilakukan di luar rumah, kali ini harus diganti menjadi hobi lain yang dikerjakan di dalam rumah.

Belum lagi tingkat stress yang semakin naik saat durasi pandemi berlangsung. Banyak ketidak pastian yang terjadi dan membuat level stress masyarakat dan per indvidu semaki naik dengan drastis. Dengan semua kerumitan yang ada tersebut, pada akhirnya masyarakat mencari – cari alternatif yang bisa dijadikan hobi. Hobi lain atau kegiatan lain tersebut perlu dilakukan di dalam rumah sehingga tetap aman.

Salah satu hobi yang biasa dilakukan saat pandemi, adalah dengan memeliara hewan berjenis ikan hias. Hobi ikan hias saat ini tentu salah satu primadona karena selain indah dilihat mata, memelihara ikan dan akuariumnya merupakan sala satu bentuk relaksasi inidividu yang ampuh. Tingginya permintaan akan ikan hias ini membuat peluang bisnis ikut terbuka lebar. Lalu, bagaimana tips untuk bisnis ikan hias dengan modal sangat minim? Simak tips akurat dari tim SolusiUKM.com untuk kalian yang ingin membuka bisnis ikan hias namun dengan modal kecil:

Riset jenis ikan hias

Jenis ikan hias tentu beraneka ragam. Jika kalian berniat untuk membuka bisnis ikan hias, tentu kalian harus memilih jenis ikan hias dengan harga yang murah. Ikan – ikan hias dengan harga murah dan banyak disukai masyarakat tentu bisa dijadikan sumber bisnis yang menguntungkan. Pilih jenis – kenis ikan hias yang dapat bertahan pada air tawar agar bisnis ikan hias kalian dapat dirawat dengan murah. Perawatan ikan hias air tawar lebih sederhana dan lebih murah untuk dipelihara dibandingkan ikan – ikan hias yang dirawat pada jenis air laut atau air asin.

Pilih tempat budidaya bisnis ikan hias

Langkah kedua untuk menjalankan bisnis ikan hias, adalah dengan memilih tempat. Budidaya untuk bisnis ikan hias tidak membutuhkan lahan atau area luas dan mewah. Kalian bisa memulai untuk budidaya bisnis ikan hias dengan tempat yang tergolong ekonomis dan murah. Kalian bisa menggunakan akuarium untuk bisnis ikan hias yang seadanya, namun dengan kondisi suhu yang terkontrol. Suhu ini penting agar ikan hias yang dijadikan bisnis ini dapat hidup dan berkembang biak. Selain itu, kalian perlu menghindari sinar matahari secara langsung agar akuarium ikan hias untuk bisnis tidak mati.

Pilih makanan untuk bisnis ikan hias

Ikan hias cenderung mudah untuk dibudidayakan. Ikan hias untuk dijadikan bisnis bisa menggunakan beberapa jenis serangga kecil. Atau, sebagai opsi, kalian bisa memberikan makanan yang sudah jadi atau makanan buatan pabrik untuk ikan hias bisnis. Pilihlah makanan yang memang lebih memudahkan kalian sebagai pelaku bisnis ikan hias. Jika kalian memilih jenis makanan jadi buatan pabrik untuk ikan hias, jangan lupa untuk pilih makanan yang berkualitas baik. Hal ini mempengaruhi ikan hias untuk bisnis kalian agar lebih berkembang biak dan tidak mudah mati.

Selalu cek setiap saat kondisi dari ikan hias yang dijadikan bisnis

Langkah ini juga tidak kalah penting untuk memulai bisnis ikan hias. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi ikan hias kalian yang akan dijadikan bisnis. Rawat akuarium yang berisi ikan hias untuk bisnis kalian. Cek kondisi akuarium dan airnya, apa air dari akuarium tersebut perlu dibersihkan atau tidak. Kondisi air dari akuarium juga merupakan hal vital untuk ikan hias yang dijadikan bisnis bisa berkembang hidup. Selain itu, perhatikan juga kondisi di dalam akuarium, tumbuh jamur atau tidak. Jamur terkedang bisa tumbuh pada akuarium sehingga kalian perlu menghilangkannya. Cara menghilangkannya sederhana, kalian bisa membeli obat khusus anti – jamur yang bisa menghilangkan jamur di dalam akuarium.

Artikel Terkait

Bisnis Paling Menjanjikan Tahun Ini! Apa Saja Daftarnya?

marsha

Bisnis Pemula Super Gampang, Dijamin Untung!

marsha

Cloud Bread Roti Rasa ‘Awan’ yang Lagi Viral: Peluang Bisnis Baru Lagi

marsha