Solusiukm
Bisnis

Bisnis Industri Pendidikan Menjanjikan?

Photo Source: Global Focus Magazine

Dalam memperingati hari Pendidikan, tim Solusi UKM ikut menelaah mengenai bagaimana bisnis dalam bidang pendidikan ini berjalan. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas baik menciptakan bisnis yang berkaitan dengan bidang pendidikan kian menjamur yang mana peminatnya semakin banyak dari tahun ke tahun. Jika ditelaah dari kebiasaan setiap keluarga, rata-rata orang tua menginginkan kualitas pendidiakan yang baik untuk anak-anaknya. Dimulai pada pendidikan formal seperti sekolah, bahkan hingga ilmu tambahan di luar sekolah seperti kursus-kursus guna meningkatkan kemampuan sekolah, maupun skill tambahan lain seperti kesenian, olahraga, dan lain-lain.

Seperti data yang dilansir melalui Tirto.id, sebuah riset yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa jumlah usaha/perusahaan pendidikan di Indonesia kini telah mencapai 619.947 usaha. Jumlah ini setara dengan 2,32 persen dari jumlah usaha/perusahaan di Indonesia. Usaha/perusahaan pendidikan yang dimaksudkan dalam sensus ini mencakup kegiatan pendidikan pada berbagai tingkatan dan untuk berbagai pekerjaan, baik secara lisan atau tertulis seperti halnya dengan berbagai cara komunikasi.

Data tersebut menjabarkan bahwa pulau Jawa menjadi daerah dengan usaha pendidikan terbanyak di Indonesia. Jumlah usaha/perusahaan pendidikan yang berada di Pulau Jawa mencapai 350.665 atau setara dengan 56,56 persen dari total usaha pendidikan yang ada di Indonesia. Sedangkan, daerah timur Indonesia, Pulau Maluku dan Papua, hanya memiliki 13.677 usaha pendidikan. Tingginya proporsi usaha/perusahaan yang ada di Pulau Jawa dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek, salah satunya seperti jumlah penduduk muda yang lebih banyak dibandingkan pulau lainnya.

Dikarenakan pendidikan merupakan kebutuhan yang amat penting bagi manusia, tentunya bisnis Indonesia jenis ini diperlukan. Meskipun yang sering ditemui justru masalah-masalah seperti terbatasnya tenaga pengajar berbanding terbalik dengan banyaknya siswa yang perlu diajar, sehingga hal inilah yang bisa menjadi salah satu peluang usaha Anda.

Salah satu bentuk usaha kecil menengah di bidang pendidikan adalah membuka kursus atau les dengan cara bisa bekerja sama dengan teman atau rekan yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Anda bisa menggunakan sosial media untuk menawarkan jasa bisnis kursus atau les dan membuatlah iklan dengan kalimat yang menarik agar dapat menarik banyak peminat. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda untuk berbisnis pada industri pendidikan, ya. Untuk itu, terutama pada masa pandemi seperti saat ini, penting sekali untuk mendapatkan panduan mengenai bisnis semasa pandemi virus Covid – 19 Corona. Klik banner di bawah untuk mendapatkan panduan bisnis UKM secara GRATIS.

Artikel Terkait

BLT Per-UMKM Dapet 2,4 Juta! Bisnis Kalian Dapet, kan?

marsha

Alasan Perempuan Lebih Unggul Dalam Berbisnis

admin

Asyik ASN Naik Gaji! 7 Peluang Bisnis untuk ASN yang gampang Di Jalankan

Iskandar Rumi