a

Bisnis KOPI DALGONA : Cuan di tengah Corona!

Sobat UKM pasti sudah tidak asing lagi dengan banyaknya berita dan unggahan media sosial mengenai viralnya jenis Kopi Dalgona. Kopi Dalgona yang fotonya banyak wira – wiri pada media sosail Instagram, Twitter, Youtube, bahkan Tik Tok, dan lain – lain ini terlihat menarik. Yang membuat kopi Dalgona berbeda adalah tampilannya unik yaitu membentuk dua lapisan. Lapisan tersebut terdiri dari layer atas, layer bawah dengan warna dan teksur dari keduanya yang sangat kontras.

Dua layer tersebut yaitu cairan putih dari susu pada bagian bawah dan umumnya sudah dicampur dengan es batu, sedangkan pada bagian atas, terdapat laporan kopi dengan tekstur foam yang telah dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Penampilah Kopi Dalgona tentunya kebalikan dari kopi – kopi yang sudah terkenal sebelumnya seperti Cappucino Espresso. Karena Cappucino Espresso, yang dijadikan tekstur foam adalah susunya, yang mana hal ini adalah kebalikan dari membuat Kopi Dalgona, dimana kopinya yang diubah pada tekstur foam.

Lalu, dengan viralnya jenis minuman ini, tentu rugi banget kalau tidak dijadikan peluang bisnis bukan?

Dengan viralnya dan respon netizen yang cenderung positif, bisnis Kopi Dalgona tentu merupakan sebuah peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan, lho, Sobat UKM! Di bawah ini adalah alasan – alasan dan tentu saja persiapan yang harus disiapkan oleh kalian para pelaku bisnis UKM Indonesia yang berminat untuk membuka bisnis Kopi Dalgona, terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini!

Mumpung lagi viral

Alasan yang paling utama untuk kalian para Sobat UKM memulai bisnis Kopi Dalgona adalah karena hal ini sedang menjadi tren. Betul, sebagai pebisnis, kalian para Sobat UKM harus jeli setiap saat dalam memanfaatkan apa yang sedang digemari konsumen – konsumen. Hal ini juga termasuk memperhatikan tren – tren apa saja yang disukai mereka, termasuk dengan bisnis Kopi Dalgona ini.

Ada baiknya untuk segera tanggap atau istilah zaman sekarang gercep (gerak cepat) dalam melihat segala fenomena sehingga bisnis Kopi Dalgona dapat segera dijalankan. Semakin cepat bisnis Kopi Dalgona dijalankan, maka semakin cepat pula keuntungan besar yang dapat kalian peroleh, bukan? Hal ini krusial untuk dipahami terutama saat sekarang Covid – 19 sedang menyerang tidak hanya di Indonesia, bahkan di negara – negara dunia internasional.

Resep Kopi Dalgona

Nah, kalau kalian sudah merasa tertarik ingin menjalankan bisnis Kopi Dalgona ini, kami akan berikan resep untuk membuatnya. Tentunya resep ini dijamin mudah, enak, dan tentu bisa dipraktekkan oleh kalian!

  • 1 Sachet kopi Bubuk Hitam (Pilih dengan tekstur serbuk kopi yang halus, dan wajib tanpa ampas, ya)
  • Gula Pasir sesuai selera
  • Gula merah juga sesuai selera. Bisa dihilangkan jika kalian tidak menyukai ala kopi susu kekinian
  • Air panas secukupnya. Jangan terlalu banyak karena ditakutkan tekstur akan menjadi cair
  • Susu kurang lebih 50 % dari komposisi dalam gelas (Pilih sus sesuai selera. Bisa menggunakan susu sapi low fat, susu coconut, atau susu soy milk jika memang alergi terhadap susu sapi)

Bikinnya gampang

Cara membuatnya pun cukup mudah sehingga bisnis Kopi Dalgona yang kalian dirikan tidak memerlukan keterampilan yang ahli. Siapkan sebuah tempat semacam mangkuk. Campurkan kopi instan tanpa ampas yang halus, gula pasir, gula merah, dan dair panas yang telah disediakan.

Setelah semua bahan tersebut teraduk dengan sempurna, kocok adonan hingga kurang lebih 400 kali (ya, Sobat UKM tidak salah baca. 400 kali). Hal ini dibutuhkan karena dengan mengocok adonan cairan kopi tersebut sebanyak 400 kali, maka tekstur dari kopi tersebut akan berubah menjadi foam.

Pada langkah ini, memang cenderung lebih perlu perhatian dalam pemilihan alat apa untuk mengaduk. Secara praktis, tentu lebih nyaman bagi kalian jika menggunakan alat aduk mixer yang biasa digunakan untuk membuat kue, dan makanan makanan lainnya. Namun banyak juga yang tidak memilikinya mixer sehingga menggunakan alat – alat lainnya.

Setelah jadi membentuk foam, bisnis Kopi Dalgona kalian sudah separuh jalan untuk dijual. Ambil gelas plastik, masukkan es batu dan susu yang sudah kalian pilih hingga menutupi 70 % gelas plastik. Masukkan kopi foam yang telah kalian buat, bentuk dengan adonan melingkar atau tata sesuai estetika yang kaliana suka agar tampilan terlihat menarik.

Bahan super murah

Bisnis Kopi Dalgona saat merbaknya pandemi Covid – 19 Corona ini sesungguhnya tergolong low – budget, lho Sobat UKM! Karena bahan – bahan yang diperlukan bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau. Jadi cocok untuk kalian yang mau nambah cuan di bisnis Kopi Dalgona, tapi ngga mau ribet dan mengeluarkan modal dengan nominal besar.

Pengemasan Kopi Harus Aman (gelas transparan plastik)

Yang perlu kalian pahami adalah, kalian perlu membuat alat pengemasan tersebut menajdi sangat rapat, dan sangat higienis sehingga bisnis Kopi Dolgana milik kalian bisa berjalan dengan lancar dan dipercaya oleh konsumen.

Untuk segala tips lainnya seputar dunia bisnis UKM, kalian bisa mendapatkan banyak sekali E – BOOK dan TUTORIAL dunia usaha, GRATIS! Hanya dengan mendaftar menjadi Membership Solusi UKM tanpa dipungut biaya. Klik di sini untuk mendaftar: https://solusiukm.com/members/

Share With:
Rate This Article
avatar