Solusiukm
Bisnis

Bisnis McD Tertua di Indoenesia, cabang Sarinah Tutup. Kenapa ya?

Photo Source: Coconuts.co

Sebuah bisnis pasti didirikan atas dasar dan pertimbangan yang beraneka macam. Beberapa alasan yang digunakan pelaku bisnis, baik bisnis yang dibangun pada level menengah maupun besar, sama – sama membentuk sebuah skema yang dijadikan alasan mengapa mereka mendirikan usaha. Alasan – alasan sebuah usaha dibangun pada umumnya karena letak offline yang sangat strategis di sekitar perkantoran, di sekitar tempat tinggal warga. Alasan lainnya adalah bisnis yang dijual memang disukai oleh konsumen atau ada kemungkinan dibutuhkan oleh konsumen.

Sumber dari bisnis didirikan bisa dari perusahaan lokal Indonesia, atau perusahaan yang kepemilikannya memang berasal dari sumber internasional. Salah satu bisnis internasional atau bisnis franchise dari luar negeri, yaitu Mcdonald’s.

Siapa yang tidak tahu Mcdonald’s?

Tentunya dari kita tidak mungkin asing dengan konsep rumah makan siap saji yaitu Mcdonald’s. Mcdonald’s sendiri merupakan salah satu restoran dengan sistem pengembanga bisnis waralaba yang besar di dunia. Menu makanan atau hidangan utama yang disajikan oleh restoran cepat saji tersebut pada umumnya adalah makanan jenis Hamburger atau daging yang diapit oleh dua roti di atas dan bawah, yang umumnya juga diberi sayuran seperti selada, tomat, ketimun acar, dan lain – lain.

Namun, Mcdonald’s sendiri selalu lihai dalam memasarkan produk makanan miliknya. Mcdonald’s atau yang biasa disingkat dengan sebutan Mcd ini pada umumnya melakukan penyesuaian terhadap negara yang akan mereka buka cabang restorannya. Seperti halnya di negara kita Indonesia, Mcd tidak menjadikan Hamburger sebagai menu utamanya, lho! Mcd Sarinah pada saat itu, justru menjadikan menu Ayam Goreng berbalut tepung dan nasi sebagai menu utama saat itu, bahkan sampai sekarang. Hal tersebut diciptakan, tentu dengan strategi kebutuhan masyarakat atau konsumen Indonesia yang tidak merasa kenyang jika tidak mengkonsumsi makanan berat nasi beserta lauknya. Maka dari itu, jika membuat membuka restoran cepat saji namun tetap menggunakan konsep original di awal mula dari Amerika yaitu hanya menjual Hamburger, kemungkinan besar restoran Mcd Sarinah tidak akan laris dan berkembang membuka cabang – cabang Mcd yang lain.

Mcd Sarinah yaitu Mcd tertua di Indonesia Tutup! Kenapa?

Lalu yang terbaru, pada akhir – akhir ini, seluruh warga net dihebohkan dengan rencana penutupan sebuah cabang makanan siap saji Mcdonald’s  atau  biasa disingkat Mcd cabang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Nama restoran yang biasa disingkat Mcd cabang Sarinah tersebut tutup permanen, dan akan dilakukan pada hari Minggu tanggal 10 Mei 2020.

Mcd Sarinah tutup ini memicu banyak respon dari masyarakat. Hal ini disebabkan karena Mcd Sarinah tidak hanya sebuah restoran cepat saji, namun adalah cabang franchise Mcdonald’s pertama yang ada di Indonesia. Mcd sarinah yang tutup tersebut didirikan pertama di Indonesia pada tanggal 23 Februari tahun 1991. Wah, tua banget yaaa, Sobat UKM!

Mcd Sarinah yang pertama buka di Indonesia tersebut, pada mulanya dimiliki hak waralabanya oleh PT Bina Nusa Rama. PT tersebut dimiliki oleh Bambang Rachmadi, yaitu salah satu pengusaha besar yang berasal dari negara kita Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, kepemilkan Mcd Sarinah atau Mcd Indonesia dialihkan pada PT Rekso Nasional Food, yang mana, PT Rekso Nasional Food merupakan anak perusahaan dari perusahaan minuman kemasan Sinar Sosro.

Direktur Utama dari gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, yang bernama Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa menyampaikan penjelasan mengenai kepurusan Mcd Sarinah tutup ini. Ia menyampaikan bahwa Mcd Sarinah tutup merupakan keputusan yang berat. Mcd Sarinah tutup disebabkan gedung Sarinah yaitu tempat berdirinya Mcd Sarinah, akan melakukan sebuah renovasi besar – besaran. Renovasi yang dilakukan oleh gedung Sarinah menyebabkan Mcd Sarinah tutup, dan juga disambut sedih banyak konsumen.

Gedung Sarinah sendiri melakukan renovasi dengan tujuan sebuah transformasi bisnis besar – besaran, mengingat beberapa fakta bahwa gedung Sarinah adalah salahs atu gedung bersejarah dan salahs satu icon yang dimiliki ibu kota Jakarta.

“Terkait informasi gerai Mcd Sarinah tutup beroperasi, dapat kami informasikan bahwa Sarinah saat ini sedang melakukan program Transformasi Sarinah dalam upaya meremajakan konsep dan model bisnis Sarinah yang salah satunya adalah melakukan renovasi Gedung Sarinah Thamrin yang merupakan salah satu ikon atau gedung bersejarah bagi masyarakat Jakarta khususnya, maupun bagi masyarakat Indonesia,” Ujar Gusti Ngurah Putu Sugiarta, dikutip melalui media Detik.

Sebuah bisnis memang dituntut selalu bertransformasi, berinovasi dalam mengikuti perkembangan zaman. Jika sesuatu hal sudah sangat terkenal pun masih harus cepat mengikuti pergerakan tren dan keinginan masyarakat. Hal tersebut tentunya dimengerti betul oleh management gedung Sarinah yang bersejarah tersebut. Tentunya, bisnis adalah bisnis dan Mcd Sarinah tutup merupakan resiko yang harus diemban, meskipun banyak orang yang menyayangkan keputusan tersebut. Tidak apa – apa, Sobat UKM, kita berdoa saja Mcd Sarinah tutup akan berubah pikiran pada masa mendatang dan membuka lagi cabang Sarinah mereka, yaaa!

Artikel Terkait

Pemasukan 300 Juta Setiap Bulan: Bisnis Masker Kain Saat Corona

marsha

7 Tren Kuliner yang Masih Bisa Ditiru

marsha

Pelajari Data 2 Tahun Lalu: Jumlah dan Karakter Pengguna Internet serta Peluang Bisnis Online

marsha