a

Berbagai Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa dan Karyawan

Saat ini untuk memulai sebuah bisnis tidaklah sulit. Terlebih bisnis yang Anda jalankan fokus pada penjualan melalui online dalam pemasarannya. Bagaimanapun, bisnis dengan online bisa dibilang tanpa modal dan bisa dilakukan oleh mahasiswa maupun karyawan. Cara memulai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan pun cukup banyak jenisnya.

Anda yang saat ini masih mahasiswa tingkat akhir dan sedang membutuhkan uang untuk ‘ongkos’ penelitian, maka untuk menambah ongkos tersebut bisa mencoba untuk melakukan berjualan secara online untuk menambah uang saku yang Anda.

Jika Anda seorang karyawan, dan saat ini merasa gaji Anda kurang sudah sebaiknya memang Anda memulai usaha. Tentunya pilihlah usaha yang bisa Anda lakukan tanpa harus menganggu waktu kerja Anda di perusahaan. Pastinya jika Anda ingin memulai usaha, pilihlah usaha yang bisa Anda kerjakan saat Anda memiliki waktu luang.

Sebenarnya, jika Anda mau melakukan penelitian kecil-kecilan, maka Anda bisa mendapatkan berbagai ide bisnis yang cocok untuk Anda. Sesuaikanlah bisnis yang Anda jual dengan hobi yang Anda sukai. Jangan sampai Anda terlalu banyak coba-coba, dan tidak fokus ingin melakukan usaha apa.

Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa dan karyawan

Menjadi Penulis Online

Saat ini banyak orang yang memiliki pendapatan tambahan hanya sekedar menulis di blog. Mereka mendapatkan uang hanya dari menulis di blog. Blog siapa yang Anda tulis? Siapa saja, saat ini banyak instansi yang membutuhkan orang khusus untuk mengisi blog mereka. Selain instansi, cukup banyak individu-individu yang setiap hari mencari penulis untuk mengisi blog mereka. Anda bisa mencari di situs-situs penyedia jasa freelance. Anda bisa menjadikan kemampuan menulis Anda sebagai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan.

Web Development

Anda memiliki kemampuan membuat website? Sebenarnya jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini, maka Anda bisa membuka jasa web development sebagai menjadi bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan kantoran. Anda yang kuliah di jurusan IT, peluang ini sangat menjanjikan untuk Anda. Apa lagi sudah banyak lembaga dan individu yang membutuhkan website untuk kebutuhan pribadi mereka.

Membuat Toko Online

Selain Anda membuka jasa web development, jika Anda memiliki kemampuan membangun website, disela-sela pekerjaan, Anda bisa membuat toko online untuk Anda jual kembali. Setelah toko online tersebut sudah ada? Apa yang akan Anda lakukan? Di toko online ini, Anda bisa mengisi dengan produk-produk yang Anda peroleh dari supplier-supplier.

Untuk jenis produk, sebaiknya sesuaikan dengan hobi Anda. Misal Anda memiliki hobi olahraga, maka Anda bisa membuka toko online peralatan olahraga. Jika Anda menyukai dunia fashion, maka Anda bisa menjual produk-produk fashion pada toko online Anda tersebut.

Jasa Konsultasi Online

Bisnis online yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dan karyawan yang memiliki kemampuan tertentu adalah konsultasi online. Anda bisa menyediakan jasa konsultasi seperti konsultasi keuangan, konsultasi desain eksterior dan interior rumah, dan juga konsultasi online yang sesuai dengan keahlian Anda dalam bidang tertentu. Karena itu akan membantu Anda untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis secara online.

Desain Grafis

Bisnis online selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai sambilan untuk menambah uang saku adalah desain grafis. Dengan memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni, Anda bisa menjual karya Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.

Atau Anda menawarkan kemampuan Anda tersebut kepada orang lain. Jasa desain grafis cukup banyak diburu oleh orang-orang yang memang membutuhkan desain grafis untuk berbagai keperluan, seperti untuk website mereka maupun untuk iklan digital mereka. Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam desain grafis, maka Anda bisa mencoba untuk mencari klien yang membutuhkan jasa Anda.

Affiliate

Bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan selanjutnya yakni menjadi affiliate marketer. Dengan menjadi affiliate, Anda bisa mendapatkan komisi yang cukup besar dari penjualan tersebut. Apa lagi, dengan menjadi affiliate, Anda bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Lalu, Anda berjualan secara affiliate hanya perlu duduk di depan laptop tanpa harus melakukan direct selling. Karena produk-produk yang Anda jual dengan sistem affiliate bisa dilakukan dengan berdagang secara online, baik menggunakan blog dan juga memanfaatkan marketplace yang ada di Indonesia.

Salah satu cara untuk mendaftar sebagai Affiliate adalah Accurate Digital Partner (ADP). Dengan mendaftar ADP, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 20 % dari menjual produk Accurate Online (AOL). AOL adalah software akuntansi yang sangat cocok digunakan oleh para pelaku UKM. Sehingga para pelaku UKM tersebutlah yang akan menjadi target pasar Anda.

Reseller & Dropshipper

Selain affiliate, bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan adalah sebagai reseller. Reseller adalah dengan menjual kembali produk yang sudah ada. Anda bisa menjualnya secara online melalui marketplace. Dengan menjadi reseller, Anda bisa membeli produk-produk yang dijual secara offline dan Anda jual kembali secara online.

Selain reseller, Anda juga bisa melakukan bisnis online dropshipper. Beda antara reseller dan dropshipper, jika reseller Anda harus menyetok barang-barang yang ingin Anda jual. Tetapi jika dropshipper, Anda tidak perlu menyetok barang. Anda cukup mencari supplier saja. Jika Anda mendapatkan pesanan, maka Anda cukup menghubungi supplier tersebut, dan pihak supplier yang akan mengirimkan barang tersebut ke konsumen dengan memakai nama toko Anda.

Share With:
Rate This Article