a

Bisnis Saat Covid: Ini Strategi Jualan Online Makanan Paling Oke

Photo Source: Science Soft

Jualan online makanan saat ini menjadi sesuatu yang banyak dicari masyarakat. Hal ini disebabkan karena jualan online makanan merupakan salah satu solusi untuk mendapat pemasukan. Tentunya, alasan jualan online makanan pada saat ini lebih kepada pandemi virus Covid – 19 Corona yang membuat banyak sektor bisnis menjadi goyah. Covid – 19 Corona membuat beberapa sektor bisnis menjadi turun drastis bahkan harus gulung tikar. Beberapa bisnis yang sangat anjlok bahkan sampai gulung tikar adalah bisnis – bisnis seperti fesyen, dan bisnis pariwisata seperti hotel, pesawat, tempat wisata, dan lain – lain. Bisnis – bisnis yang berada pad alingkup industri hiburan juga mengalami hal yang sama. Bisnis hiburan seperti bioskop ditutup pada saat pandemi Covid – 19 Corona untuk kebaikan bersama.

Karena banyak sektor bisnis yang terkena Covid – 19 Corona, hal ini yang membuat kalian sebagai pelaku usaha di Indonesia menjadi lebih hati – hati dan waspada. Tidak salah dalam memilih jenis bisnis saat pandemi bisa sangat membantu kalian untuk bertahan hidup saat kondisi sulit Covid – 19 Corona. Salah satu bisnis yang bisa kalian jadikan opsi sebagai pemasukan adalah dengan jualan online makanan.

Namun kalian perlu hati – hati, jika tidak mahir dalam mengolah jualan online makanan, kalian juga akan terlibas oleh bisnis – bisnis lainnya. Berikut tim Solusi UKM rangkumkan mengenai tips dan strategi untuk berhasil dalam jualan online makanan pada saat pandemi:

  • Siapkan kamera mumpuni (Usahakan jangan handphone)

Langkah pertama, saat kalian sudah memiliki produk untuk jualan online makanan, adalah dengan memotret produk makanan dengan baik. Hal ini menjadi faktor utama dalam jualan online makanan, karena yang pertama kali membuat calon konsumen tertarik dengan produk makanan kalian adalah foto yang menggugah selera. Terutama foto makanan kalian akan kalian letakkan pada sosial media dan media digital lainnya. Pilih camera yang memiliki kualitas baik. Untuk foto produk jualan online makanan, kalian bisa meminjam kamera yang berkualitas seperti tipe mirrorless, atau DSLR. Usahakan untuk tidak menggunakan kamera smartphone, ya!

  • Beli background untuk foto produk (Cari di Shopee atau Tokopedia)

Untuk langkah selanjutnya jualan online makanan dan foto produk, kalian bisa membeli background makanan. Pada umumnya berbentuk seperti kertas besar. Pilih warna yang cenderung netral putih atau warna cerah lainnya yang menggugah selera, ya! Background – background foto untuk foto produk jualan online makanan, rata – rata dijual di Shopee dan Tokopedia sehingga mudah untuk kalian beli, bukan?

  • Beli ring light (Jika ada budget, jika tidak gunakan matahari)

Ring light merupakan salah satu teknologi terkini di bidang pencahayaan saat foto. Untuk foto produk yang maksimal dan cahaya jelas menyeluruh, kalian bisa gunakan ring light agar foto produk jualan online makanan bisa maksimal. Namun, jika kalian terbentur budget, gunakan pencahayaan matahari di jam – jam tertentu juga bisa kalian gunakan.

  • Perhatikan properti tambahan agar produk makanan menarik

Properti tambahan pada foto produk jualan online makanan juga sangat membantu. Kalian bisa membandingkan foto – foto produk jualan online makanan yang menggunakan properti tambahan dan yang polos saja, tentu hasilnya jauh berbeda. Contoh, jika kalian menjual makanan online jenis Dendeng Balado, kalian bisa menambahkan irisan cabai yang dipotong tida beratur di sekitar produk sehingga estetika makanan akan lebih kekinian dan berdimensi.

  • Postingan Instagram WAJIB estetik

Poin ini tentu sudah berupakan kewajiban pada zaman digital seperti sekarang. Terutama jika produk kalian jualan online makanan. Instagram membuktikan bahwa kalian memang serius dalam menjalankan bisnis ini, sehingga mereka wajib mencoba produk jualan online makanan milik kalian.

  • Kualitas foto wajib HD (Edit lebih baik)

Kualitas foto HD (high definition) penting sekali agar foto produk jualan online makanan milik kalian terlihat menggugah selera. Kan, tidak mungkin kalian pakai foto makanan yang buram? Tentu konsumen tidak tertarik pada jualan online makanan milik kalian.

  • Gunakan Hastag yang spesifik

Saat upload foto produk jualan online makanan milik kalian, perhatikan juga hastag yang kalian gunakan pada kolom caption. Gunakan hastag jenis produk kalian, seperti contoh #SalmonMentai dan daerah tempat kalian jualan online makanan, seperti contoh #SalmonMentaiBintaro #SalmonMentaiTangsel.

  • Jual lewat Shopee dan Tokopedia

Yang ini merupakan kewajiban untuk jualan online makanan, yaitu menjual makanan kalian pada Shopee dan Tokopedia. Kenapa jualan online makanan perlu lewat Shopee dan Tokopedia? Hal ini disebabkan untuk menumbuhkan kepercayaan pada konsumen – konsumen baru yang takut apa bisnis kalian menipu atau jujur. Uang yang konsumen kirim akan diterima pihak e – commerce dahulu sehingga menguntungkan konsumen jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Tawarkan ke kerabat yang memiliki followers banyak

Hal iniĀ  bisa menjadi strategi paling murah jika kalian ingin jualan online makanan. Jika kalian memiliki keluarga yang memang memiliki followers banyak pada media sosial, kalian bisa meminta bantuan mereka untuk promosi pada media sosial. Caranya kalian bisa memberikan contoh produk dengan dekorasi baik agar keluarga kalian merasa produk kalian benar – benar pantas dipromosikan. Strategi ini tergolong murah untuk promosi jualan online makanan. Begitu juga dengan sahabat kalian yang memiliki banyak followers. Tapi perlu diingat, jika kenalan kalian tidak terlalu dekat, ada baiknya untuk tidka meminta promosi gratis dengan cara ini, ya!

  • Minta bantu testimonial

Agar lebih meyakinkan lagi, minta testimonial dari pembeli jualan online makanan milik kalian, ya! Bisa berupa video, atau bukti screen capture chat pemesanan atau kepuasan mereka. Pastikan unggah kembali tesmonial – testimonial tersebut pada sosial meida Instagram, atau WhatsApp status milik kalian agar promosi semakin beragam jenisnya untuk jualan online makanan milik kalian.

  • Jika budget lebih, Endorse produk makanan kalian

Jika budget kalian memungkinkan, terutama saat jualan online makanan milik kalian cukup laris, ada baiknya melakukan endorse terhadap influencer makanan yang sedang tenar. Hal ini jelas bisa menaikkan bisnis orderan milik kalian bahkan pada lokasi seluruh Indonesia, lho!

  • Ikuti tren pasar, dan rutin memberikan promo baru

Yang ini juga tidak kalah penting sebagai strartegi jualan online makanan. Ikuti jenis – jenis tren yang saat ini sedang disukai masyarakat, dan coba buat. Perhatikan kualitas rasa yang enak, ya! Contoh, jika kalian memang membuat roti – rotian, dan sedang ada tren roti baru seperti Garlic Cheese Bun, usahakan untuk kalian membuat juga jenis roti ini agar jualan online makanan semakin tidak membosankan, ya!

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x