Solusiukm
Bisnis

BLT Khusus UMKM Bakal Diperpanjang. Cek Persyaratan Lengkapnya di Sini:

Photo Source: Kompas

Bantuan langsung tunai atau biasa disingkat dengan sebutan BLT merupakan sebuah program khusus pemerintah. BLT tersebut diberikan pada masyarakat, terutama untuk UMKM Indonesia. BLT yang diberikan untuk UMKM tersebut diberikan sebagai bantuan dari pemerintah. Bantuan pemerintah berupa BLT untuk UMKM diberikan bagi bisnis – bisnis kecil yang terdampak pandemi. Seperti yang kita semua tahu, pandemi yang pertama masuk di bulan Maret 2020 ini memerikan efek masif bagi banyak sektor. Salah satu yang terdampak sangat buruk di Indonesia, salah satunya adalah bisnis – bisnis UMKM Indonesia.

Program BLT UMKM yang Cair Rencananya Akan Diperpanjang

Kepemerintahan, diwakili oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM yang Hanung Harimba Rachmanpun memberikan penjelasan tambahan. Hanung memberikan pernyataan yang lebih lengkap terkait BLT UMKM cair. Hanung menjelaskan, bahwa BLT UMKM cair tersebut akan diperpanjang programnya. BLT UMKM cair tersebut diberi waktu lebih lama sehingga UMKM Indonesia tidak perlu khawatir. Pihak pemerintah secara resmi akan memperpanjang waktu durasi untuk BLT UMKM hingga cair sebesar Rp. 2, 4 juta setiap UMKM.

Anggaran Tambahan yang Disediakan untuk BLT UMKM

Hanung Harimba Rachmanpun juga menjelaskan bahwa pemerintah memiliki rencana untuk menambah pagu atau anggaran uang belanja. Anggaran atau uang belanja tersebut nantinya khusus akan diberikan khusus untuk program BLT UMKM agar segera cair. Pagu atau anggaran tambahan berupa BLT atau Banpres ini dibuat tentunya agar membantu meringankan beban – beban yang dimiliki UMKM Indonesia. Hal ini disebabkan masa pandemi yang belum kunjung usai dan tengah melanda negara Indonesia bahkan negara – negara lainnya secara global.

Meskipun nominal pagu atau anggaran tambahan untuk BLT UMKM ini tidak diketahui akan cair dengan jumlah berapa, namun anggaran tambahan pada BLT UMKM merupakan sebuah langkah positif untuk UMKM Indonesia. Dengan adanya tambahan dana, diharapkan pemilik bisnis UMKM Indonesia seperti kalian bisa semakin tertolong dengan uang cair yang akan diberikan untuk usaha kalian.

Dikutip melalui media Kompas, bantuan BLT UMKM yang akan cair ini diberikan secara cuma – cuma dan merupakan sebuah bentuk hibah. Meskipun diberikan secara cuma – cuma, namun tetap BLT UMKM ini memiliki beberapa persyaratan.

UMKM Kalian Wajib Memenuhi Syarat

Beberapa persyaratan untuk menerima BLT UMKM yang dapat cair ini salah satunya sedang tidak mengikuti beberapa program bantuan atau sedang mendapatkan bantuan pinjaman. Bantuan atau pinjaman tersebut bisa dari bank atau lembaga – lembaga keuangan lainnya. Nama lain situasi ini (tidak mendapatkan bantuan dari bank) adalah unbankable. Sehingga, pelaku UMKM wajib dalam situasi unbankable untuk bisa mendapat BLT UMKM yang bisa cair.

Pada langkah ini, pemerintah mempunyai program – program yang membuat prioritas pertolongan. Salah satu yang masuk dalam prioritas utama pemerintah sebagai bentuk pemulihan ekonomi adalah pelaku bisnis UMKM Indonesia. Tentunya, pelaku UMKM tersebut masih yang belum tersentuh bantuan ekonomi, ya!

Jangan lupa juga, untuk bisa mendapatkan BLT UMKM cair, pelaku usaha perlu memiliki identias WNI alias warga negara Indonesia, tidak masuk dalam kategori Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI / Polri dan juga bukan BUMN dan BUMD.

BLT UMKM yang Bisa Cair Tersebut Diperpanjang Sampai Kapan?

BLT UMKM yang akan cair dan diberikan sebagai bantuan UMKM Indonesia akan diperpanjang hingga tahun 2021. Hal ini tentunya akan menguntungkan UMKM Indonesia, dilihat dari fakta banyaknya UMKM Indonesia yang terkena dampak dari pandemi Covid – 19 Corona.

Jika kalian merasa memiliki bisnis dalam skala UMKM, ada baiknya jika kalian berseggera untuk mendaftarkan bisnis kalian. Tujuannya tentu agar usaha kalian bisa mendapatkan BLT UMKM yang akan cair dan membantu bisnis kalian. Kami tim Solusi UKM paham betul bahwa tidak mudah untuk mempertahankan bisnis kalian, terutama di masa sulit seperti ini.

Untuk itu, sebagai pemilik bisnis, Sobat UKM Indonesia perlu dengan maksimal mempertahankan bisnisnya agar tidak sampai bangkrut. Kita semua tahu bahwa banyak sekali bisnis UMKM, bahkan bisnis skala besar yang harus terpaksa tumbang dikarenakan situasi krisis pandemi Covid – 19 Corona ini. Salah satu usaha sebagai pemilik bisnis untuk mempertahankan usaha kalian, adalah dengan menerima suntikan dana. Dana tersebut perlu kalian raih, agar membantu finansial dari bisnis kalian bisa bertahan lebih baik.

Selain itu, kalian perlu melakkan upgrade ilmu dan informasi seputar dunia bisnis UKM secara terus menerus. Hal ini diperlukan mengingat pola masyarakat dalam melakukan konsumsi yang berubah sangat cepat. Kita semua tahu bahwa industri fesyen dan pariwisata seperti hotel, pesawat, dan lain – lains edang mengalami kemerosotan sejak pandemi Covid – 19 ini. Baca panduan UKM agar bisnis kalian tidak bangkrut selama pandemi, GRATIS dan BUKAN SPAM. Klik banner di bawah ini, ya.

Artikel Terkait

Yuk Coba Enjoy! Ini Kelebihan Work from Home

marsha

Ini Daftar Usaha Kecil – Kecilan di Rumah Selama Covid – 19 Corona

marsha

Heboh ‘New Normal’? Cek Penjelasan Paling Lengkapnya di Sini:

marsha