Solusiukm
Bisnis

BLT Per-UMKM Dapet 2,4 Juta! Bisnis Kalian Dapet, kan?

BLT UMKM atau singkatan dari bantuan langsung tunai tersebut rencananya diberikan untuk bisnis – bisnis kecil Indonesia. Bisnis – bisnis kecil yang masuk dalam kategori UMKM tersebut perlu dibantu secara masif. Hal ini disebabkan karena UMKM di Indonesia merupakan salah satu industri di Indonesia yang sangat terdampak dari pandemi Covid – 19 Corona. Bisnis – bisnis di Indonesia pada skala UMKM memang menjadi salah satu fokus dari pemerintah dalam masa sulit seperti ini, agar keterpurukan yang dialami tidak perlu berangsur lama.

UMKM yang ada di Indonesia juga selama ini selalu membantu perekonomian – perekonomian Indonesia untuk selalu berputar. Pergerakan ekonomi di Indonesia memang salah satunya ditenggarai oleh banyaknya UMKM yang berdiri di Indonesia. Sehingga, saat pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini menyerang, sektor ini akan sangat mengakibatkan efek domino yang masif pada kondisi ekonomi dari masyarakat.

Atas dasar semua fakta – fakta tersebut di lapangan, pemerintah tentunya tidak ambil diam. Dalam usaha menyelamatkan UMKM yang terkena dampak dari pandemi Covid – 19 Corona, pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo segera mengambil tindakan. Pemerintah yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut membuat program – program agar UMKM Indonesia tidak perlu mengalami keterpurukan yang panjang. Salahs atu program yang ditujukan untuk UMKM Indonesia adalah program BLT UMKM. BLT atau singkatan dari bantuan langsung tunai tersebut diberikan dengan harapan bisa membuat UMKM yang ada di Indonesia bertahan sedikit lagi dari situasi sulit pandemi Covid – 19 Corona ini.

Program bantuan langsung tunai atau BLT UMKM ini diberikan untuk UMKM Indonesia yang terdampak pandemi. Nominal uang yang diberikan dari pemerintah untuk BLT UMKM ini sebesar Rp. 2, 4 juta. Pemberian BLT UMKM atau bantuan langsung tunai ini tentunya diberikan dengan cara bertahap. Dalam pemberian BLT UMKM ini tentunya memerlukan waktu dan proses agar BLT UMKM bisa diberikan dengan tepat sasaran dan sesuain bagi UMKM Indonesia yang memang membutuhkan. Nama lain dari BLT UMKM ini adalah Banpres atau singkatan https://solusiukm.com/sebenarnya-apakah-anda-perlu-untuk-mengikuti-tren-pasar/dari bantuan presiden untuk UMKM Indonesia.

Apakah bisnis kalian bisa mendapat Banpres atau BLT UMKM sebesar Rp. 2, 4 juta?

Menteri Koperasi dan UKM atau biasa disingkat dengan sebutan Menkop UKM yang bernama Teten Masduki memberikan penjelasan terkait topik ini. Teten Masduki menjabarkan, bahwa UMKM Indonesia tentu akan mendapatkan Banpres atau BLT UMKM dari pemerintah ini. Namun, jika dirasa UMKM milik kalian belum mendapatkan Banpres atau BLT UMKM ini, kalian tidak perlu khawatir.

Teten Masduki, dikutip melalui Kompas. com menyatakan bahwa UMKM yang belum mendapatkan Banpres atau BLT UMKM masih bisa dibantu agar bisa mendapatkan. UMKM yang belum mendapatkan Banpres atau BLT UMKM bisa melakukan pengajuan pada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah. UMKM wajib mendaftarkan usaha mereka pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah supaya data UMKM milik mereka dapat segera diurus secepatnya.

Selain itu, yang perlu digaris bawahi bagi UMKM Indonesia yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, perlu memenuhi beberapa syarat. Salah satu persyaratan untuk mendapat Banpres atau BLT UMKM adalah sedang tidak menjalankan bantuan pinjaman dari pihak bank manapun. Situasi tidak meminjam dana dari bank manapun ini disebut juga dengan julukan unbankable.

Memang, dalam hal pandemi Covid – 19 Corona ini, pemerintah memiliki beberapa skala prioritas – prioritas yang perlu dibantu. BLT UMKM ini ditujukan bagi mereka – mereka yang belum mendapat bantuan apapun dalam segi finansial selama pandemi.

Lalu, jika pemilik bisnis pantas mendapatkan BLT UMKM tapi kok ngga dapet?

Jika kalian pemilik bisnis UMKM yang membutuhkan bantuan dari pemerintah yang berupa BLT UMKM, namun kalian bekum mendapatkan BLT UMKM, kalian tidak perlu khawatir. Kalian sebagai pemilik UMKM bisa mendaftarkan bisnis kalian atau kalian bisa mengajukan bisnis kalian pada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, atau biasa juga disingkat dengan nama Kadiskop UKM yang berada di tingkat Kabupaten atau Kota.

Sistemnya nanti akan diatur oleh pemerintah agar BLT UMKM bisa benar – benar tepat sasaran. Tentunya, data – data yang nantinya akan diterima oleh pihak dari pemerintah akan kembali disaring pada langkah – langkah selanjutnya. Tentunya, pada tahap ini, seleksi – seleksi untuk penerimaan BLT UMKM akan dibantu oleh tim Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika UMKM yang terdaftar memenuhi persyaratan, maka BLT UMKM tersebut akan langsung dibayarkan dan ditransfer pada rekening pemilik dari UMKM tersebut.

Selain finansial, bisnis kalian juga bisa terbantu dengan arahan strategi GRATIS

Semoga bantuan BLT UMKM dari pemerintah ini bisa sedikit membantu pelaku – pelaku UMKM Indonesia yang terdampak situasi buruk dari pandemi Covid – 19 Corona. BLT UMKM dengan nominal Rp. 2, 4 juta tersebut diharapkan bisa dipakai untuk sedikit meringankan situasi bisnis – bisnis pada skala UMKM. Selain dari segi finansial, pembekalan ilmu yang baik pada masa pandemi juga tidak kalah penting bagi pemilik UMKM Indonesia. Ilmu yang memiliki relevansi pada zaman sekarang bisa kalian dapatkan secara GRATIS, klik link banner di bawah ini.

Artikel Terkait

Tentang Brand Equity untuk Merek yang Kuat Bagi Pengusaha UKM

Iskandar Rumi

Jangan Putus Asa Jika Bisnis Sedang Sepi. Ini Solusinya!

marsha

Stock Opname: 4 Metode Efektif Mengelola Persediaan Barang di Gudang

marsha