Solusiukm
Bisnis

Ini Rahasianya Buat Mendatangkan Pelanggan Baru

Apakah anda seorang entrepreneur yang baru saja mendirikan sebuah bisnis Startup? Ataukah seorang pebisnis veteran yang sudah malang melintang dan sudah banyak makan asam garam dalam menjalankan bisnis? Keduanya memiliki satu fokus dan tujuan yakni mendatangkan pelanggan sebanyak-sebanyaknya. Langkah pertama untuk menemukan pelanggan adalah memiliki visi yang jelas mengenai target pelanggan yang dimaksud. Siapa mereka, di mana, apa yang mereka senangi, dan apa yang mereka cari.

Jika anda baru memulainya, maka melakukan riset pasar akan membantu anda mengenal dan memahami profil dari calon pelanggan anda. Ataupun, jika anda sudah menjalani bisnis dalam kurun waktu lama, ada baiknya melakukan explore sehingga anda dapat memprediksi perubahan yang terjadi dan tentunya akan berdampak pada cara anda melakukan perubahan-perubahan kecil maupun besar.

Dibawah ini terdapat lima cara yang bisa anda tempuh guna menemukan pelanggan potensial yang dapat menjadi target anda selanjutnya. Berikut ulasan singkatnya;

  1. Miliki sebuah Website

 Jika anda belum memiliki sebuah website untuk kelancaran bisnis anda, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkannya. Memasuki era digital ini, kehadiran website akan membantu teknik promosi menjadi lebih efektif dan efisien. Membuat sebuah website tidak harus dengan harga yang tinggi. Anda cukup mencari tahu bagaimana cara membuat website bisnis terjangkau dan efisien.

  1. Gunakan Sosial Media

 Salah satu kunci sukses bagi online bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Maka dari itu, salah satu tujuan dari sosial media adalah membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah. Dengan perangkat pendukung yang ada, anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen anda, bahasa yang digunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari pengguna sosial media tersebut. Informasi ini dapat membantu proses promo anda kepada target konsumen yang tepat.

  1. Dapatkan Rujukan dari Pelanggan

 Apabila anda sudah memiliki pelanggan yang puas dengan jasa atau produk anda, tentunya hal ini dapat digunakan sebagai bagian dari promosi dengan menyebarkan testimoni. Hal-hal tersebut yang biasa disebut word-of-mouth marketing atau teknik penyebaran informasi mengenai kepuasan suatu produk atau jasa. Hal ini sering berhasil dilakukan mengingat penyampai kepuasan tersebut adalah orang-orang terpercaya yang ada dilingkungannya.

  1. Aktif di Komunitas

 Bagi sebuah bisnis, mencari pelanggan lokal dengan terlibat di sebuah komunitas dapat membantu anda untuk menarik peluang. Keterlibatan tersebut dapat dimulai dari bergabung dalam kelompok jaringan bisnis lokal, acara-acara tertentu, bahkan sampai event yang berkaitan dengan produk atau jasa anda.

  1. Bekerja sama dengan Bisnis Lain

Anda dapat melakukan kerja sama (non-kompetitor) dengan bisnis lain yang masih memiliki korelasi dengan bisnis anda. Sebagai contoh, jika anda memiliki salon perawatan hewan peliharaan, anda bisa bekerja sama dengan toko yang menjual hewan peliharaan, atau toko penjual aksesoris hewan. Trik ini diharapkan akan menggembangkan bisnis anda agar banyak calon customer yang mengetahui bahkan tertarik dengan produk anda.

Kunci dalam menjaring pelanggan baru adalah dengan menunjukkan segala potensial yang dimiliki produk anda. Pikirkan kebutuhan pelanggan, datangi pelanggan, buat mereka senang, dan keinginan untuk selalu menolong mereka. Ketika Anda telah mendapatkan hati calon pelanggan, jangan lupa memberikan pelayanan yang luar biasa agar mereka membicarakannya pada orang lain.

Artikel Terkait

Gerak Cepat Biar Bisnis Gede, Gimana Caranya?

marsha

Jenis – Jenis UMKM yang Perlu Kamu Ketahui

marsha

8 Rahasia Agar Sukses Pertahankan Bisnis yang Sudah Berkembang

admin