a

Cara Cucok Meong Biar Pengunjung Toko Offline Naik!

Beberapa toko online pun ada yang membuka toko offline sebagai representatif. Apa lagi bagi toko online yang sudah memiliki nama dan cukup besar, biasanya mereka akan membuka toko fisik namun terbatas untuk tempat-tempat tertentu. Selain toko online, ada juga beberapa pebisnis yang hanya membuka toko offline saja. Tentu saja, hal ini akan memerlukan usaha lebih untuk mendatangkan penjual lebih banyak. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di toko offline Anda.

Mengikuti Tren yang Ada

Pada umumnya, konsumen akan membeli barang yang sedang populer. Semakin banyak orang yang memakai barang tersebut, maka akan membuat seseorang tertarik untuk membeli karena tidak ingin dibilang ketinggalan zaman. Ini adalah sifat alami konsumen. Oleh sebab itu, Anda juga harus bisa menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan produk yang sedang trending.

Dengan begitu, secara tidak langsung hal ini juga akan menambah koleksi produk di toko Anda. Konsumen pun semakin leluasa memilih. Semakin banyak variasi produk yang Anda jual, hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang tertarik untuk berbelanja di toko Anda.

Memberikan Penawaran Menarik

Image: by vectorpocket. Freepik.com

Penawaran menarik tak hanya harus berupa diskon. Misalnya “beli satu gratis satu” contohnya. Promo seperti ini relatif mampu menarik minat konsumen lebih banyak. Konsumen pada umumnya tertarik dengan promo seperti itu daripada potongan harga karena promo seperti itu dirasa lebih menguntungkan mereka.

Anda tak harus memberikan barang yang sama untuk digratiskan, barang lain juga bisa asal barang tersebut menarik. Misalnya jika toko Anda menjual aksesori wanita, Anda bisa menjual boneka model tertentu dengan memberikan bonus berupa gantungan kunci atau dompet kecil. Pemberian bonus bisa disesuaikan dengan tipe konsumen Anda. Jadi, sebaiknya pikirkan barang apa yang kira-kira dibutuhkan oleh konsumen yang Anda bidik.

Berikan Privasi Pada Pengunjung

Percaya atau tidak, terkadang ada pengunjung yang merasa risih ketika mereka memilih barang, ada saja karyawan yang selalu mengikutinya. Mungkin maksud pemilik toko ingin memberikan pelayanan yang terbaik sehingga karyawan toko harus membantu pengunjung. Namun tidak perlu harus mengikuti setiap langkah konsumen. Konsumen juga menginginkan privasi. Adanya karyawan yang mengikutinya setiap saat membuatnya kurang merasa nyaman.

Tak menutup kemungkinan, hal ini akan membuat pengunjung malas untuk kembali ke toko Anda. Bahkan, karena rasa tidak nyaman yang ia dapatkan, ia tidak jadi beli karena kurang bisa leluasa memilih. Memberikan pelayanan terbaik bisa Anda lakukan dengan cara membiarkan pengunjung memilih namun tetap pastikan karyawan toko Anda siap sedia di sana jika suatu saat pengunjung ingin bertanya sesuatu. Ini jauh lebih baik dalam memberikan privasi untuk pembeli.

Gunakan Sistem yang Praktis

Selain harga, ada satu lagi yang bisa membuat calon pengunjung enggan mencoba masuk ke toko Anda, yakni antrean yang cukup panjang. Bisa jadi seorang pengunjung ingin membeli barang di toko Anda tetapi setelah ia melihat banyaknya antrean yang ada, hal ini membuatnya mundur. Antrean yang panjang membuat calon pengunjung berpikir dua kali sebelum membeli. Mereka akan mencari tempat lain untuk menghemat waktu mereka.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meng-upgrade toko Anda menjadi lebih modern. Misalnya dengan memakai mesin kasir yang lebih praktis. Mesin kasir yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur otomatisasi akan membuat karyawan bisa menangani transaksi lebih cepat sehingga tidak perlu menciptakan antrean yang panjang.

Menata Toko Agar Lebih Menarik

Image: by freepik. Freepik.com

Penataan ruang toko juga bisa mempengaruhi daya tarik pengunjung. Tata dan kelompokkan barang Anda serapi mungkin sehingga dari luar terlihat cukup menarik. Pembeli yang bisa melihat koleksi lengkap produk Anda dari luar akan berpikir untuk masuk ke dalam. Baik toko Anda berada di pinggir jalan atau di dalam mall, berikan pencahayaan yang memadai agar tidak terkesan suram. Pencahayaan yang cukup, penataan barang yang sesuai, serta dekorasi yang memukau akan memberikan Anda kesempatan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Jadi, jangan sepelekan hal ini.

Tidak sulit bukan untuk menarik minat pengunjung di toko offline Anda? Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan promosi secara online. Hal ini tentu saja sebagai penunjang. Promosikan toko Anda melalui media sosial karena di sini banyak sekali penggunanya. Semakin banyak orang yang tertarik, tentu mereka akan segera mengunjungi toko Anda, bukan?

Share With:
Rate This Article
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.