a

Cara Gampang Belajar Bisnis Online Buat Pemula

Tentu banyak dari kalian yang sebenarnya punya jiwa wirausaha, tapi masih ragu untuk berbisnis. Atau kalian yang pegawai dan ingin merambah uang tambahan dengan membuka bisnis. Atau, jangan – jangan kalian yang sudah memiliki bisnis tapi belum merambah dunia online? Pas mau coba bisnis online sudah pusing dengan banyaknya jenis yang harus dikuasai.

Tren dunia digital yang gempurannya setiap hari semakin kuat ini sangat mustahil untuk diabaikan. Apalagi, dengan mulai belajar bisnis online, bisnis Anda akan mampu menjangkau berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Ingin belajar bisnis online tapi masih bingung? Jangan sedih jangan gundah, kami di sini punya banyak solusi jitu langkah demi langkah untuk belajar bisnis online. Ngga serumit itu, kok! Apalagi saat kalian sudah mengenali pola bisnis online, pasti jadinya ketagihan dan seru! Yuk langsung aja simak penjelasan cara gampang bisnis online di bawah ini, ya:

Suka Bisnis Apa?

Untuk langkah paling awal dalam belajar bisnis online adalah memilih dengan bijak ingin berbisnis pada bidang apa. Bisa dengan menggunakan hal yang disukai, dapat berupa jasa atau produk. Seperti contoh, kalian yang menyukai bidang kecantikan bisa berbisnis dengan menjual kosmetik dan perawatan (skincare) yang sedang digandrungi dan dijual online.

Produk yang dibisniskan melalui online bisa menggunakan produk buatan sendiri, atau produk yang diproduksi pihak ketiga. Setiap pilihan dalam bisnis online memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Teliti dan riset baik – baik apa kelebihan dan kekurangan pada masing – masing pilihan.

Cari Tau Target Pasarnya

Setelah tau produk atau jasa apa yang ingin kalian tuju, pelajari dengan seksama bagaimana kebiasaan dan pola yang mereka miliki dalam mengonsumsi sebuah barang. Karena jika kalian ingin secara mendalam belajar bisnis online, maka hal seperti ini sangat penting untuk kalian pahami. Seperti misalnya saat menjual kebutuhan perempuan seperti kosmetik, skincare, secara online, konsumen memiliki kecenderungan untuk membelinya melalui website dan e-commerce. Pola ini tentu mempengaruhi bisnis kalian yang pada area serupa sehingga perlu mempertimbangkan bisnis online untuk merambah e-commerce.

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa e-commerce yang bisa dipilih untuk kalian yang ingin belajar bisnis online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak. Jika kalian gali lebih dalam, setiap e-commerce memiliki karakteristik berbeda pada masing – masing penggunanya. Seperti Shopee yang idientik dangan pengguna – pengguna perempuan dan Tokopedia dengan pengguna laki – laki.

Buat Website / Media Sosial / E-Commerce

Langkah menarik dan paling seru adalah menciptakan website / media sosial karena ini lah inti dari bisnis digital. Jika modal yang dimiliki cukup besar, kalian bisa membuat website sebagai wadah bisnis online karena banyak komponen pada website yang membutuhkan modal seperti design yang mengambil peranan penting dalah website, foto produk, domain, dan lain-lain.

Tapi jika biaya modal yang dimiliki minim, terutama karena kalian masih pada level balajar bisnis online dan pemula, media sosial yang gratis dapat sangat dimanfaatkan. Seperti tren yang terjadi pada saat ini di dunia bisnis online adalah penggunaan Instagram yang gratis secara maksimal. Untuk mendapatkan panduan memaksimalkan Instagram bisnis, download E-book GRATIS dengan mendaftar pada membership SolusiUKM.com di sini.

Tanya Konsumen Soal Review Produk

Sering terjadi dimana calon konsumen berminat untuk melakukan transaksi pada sebuah bisnis dikarenakan ulasan atau review baik mengenai suatu produk atau jasa. Karena sifat dari ulasan yang jujur membuat calon konsumen yang lain merasa tertarik.

Share With:
Rate This Article