Solusiukm
Bisnis

Cara Memulai Usaha Kuliner Saat Pandemi, Dijamin Laris!

Memasuki masa pademi, salah atu jenis usaha yang diminati oleh konsumen – konsumen adalah jenis usaha kuliner. Meskipun banyak usaha – usaha kuliner yang mengalami penurunan jumlah pemasukan dibanding dengan tahun – tahun sebelumnya, bisnis kuliner tentu masih menjadi primadona terutama di tengah masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini. Namun, masih banyak orang – orang yang bekum paham betul bagaimana cara untuk memulai sebuah usaha kuliner yang bisa laris manis.

Durasi pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini merupakan masa – masa yang kritis untuk mencari sumber pemasukan. Tidak semua jenis bisnis bisa lancar dikerjakan pada situasi sulit seperti saat ini. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid – 19 Corona menyebabkan pergeseran atau pergantian kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi dan juga konsumsi barang, atau konsumsi jasa.

Belum lagi faktor – faktor lain seperti banyak karyawan yang dirumahkan atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. Tentunya, pada situasi sulit seperti sekarang membuat banyak masyarakat yang tingkat urugensinya tinggi untuk membuka usaha secara mendadak. Salah satu jenis usaha yang bisa kalian kerjakan dan relatif masih diminati oleh masyarakat, adalah jenis usaha kuliner.

Namun, bagaimana cara memulai usaha kuliner terutama pada saat pandemi seperti saat ini? Penting untuk mengetahui apa saja trik – triknya, karena saat pandemi Covid – 19 Corona,  Simak penjelasan yang telah dirangkumkan oleh tim Solusi UKM untuk kalian pelaku bisnis di bawah ini:

  • Riset dan pilih jenis kuliner yang lagi rame dan banyak peminat

Langkah pertama sebagai cara memulai usaha kuliner, adalah dengan melakukan riset secara kasar mengenai apa saja minat yang disukai oleh konsumen atau pasar saat ini. Langkah ini perlu diamati dengan serius mengingat cara untuk memulai usaha kuliner perlu persiapan yang matang, terutama pada zona bisnis kuliner. Kalau memang memilih jenis kuliner yang klasik dan tidak mengikuti tren pun tidak masalah, namun, perlu dipastikan dengan disiplin bahwa memulai usaha kuliner dengan menggunakan jenis makanan klasik tetap perlu diberi modifikasi sesuai dengan zaman agar lebih unggul dari bisnis – bisnis kuliner yang sejenis.

  • Cek modal yang kalian punya

Untuk memulai jenis bisnis kuliner, cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal adalah dengan menggunakan alokasi pribadi, terutama jika usaha kuliner yang ingin dijalani masih dalah tahap UKM dan bisnis kecil – kecilan. Untuk memulai usaha kuliner, bisa dengan cara menyisihkan dana yang dimiliki kalian setiap bulannya atau biasa disebut dengan menabung, hingga modal yang dimiliki cukup untuk menjual produk – produk pada usaha kuliner.

  • Lokasi ngga perlu ribet, di rumah aja kalau memungkinkan

Pada masa pandemi seperti saat ini, ada baiknya jika ingin membuka usaha kuliner, cara paling sederhana adalah dengan tidak terlalu memusingkan perkara lokasi. Artinya, dengan segala kemudahan yang dimiliki jasa pengantaran makana melalui ojek online (Go Food dan GrabFood) penjangkauan untuk meraih pasar yang lebih luas lebih bisa dilakukan. Cara ini tentu lebih menghemat budget kalian untuk memulai usaha kuliner terutama saat pandemi. Kalian bisa menggunakan rumah kalian untuk memulai bisnis kuliner agar lebih mudah dan praktis. Selain menggunakan jasa ojek online, cara lain yang bisa digunakan untuk memulai bisnis kuliner adalah dengan melalui WhatsApp milik kalian. Publish materi promosi milik kalian melalui WhatsApp Group yang kalian miliki, dan juga WhatsApp status. Cara ini efektif dalam memulai usaha kuliner, agar produk usaha kuliner milik kalian dapat dibeli terlebih dahulu oleh orang – orang terdekat kalian.

  • Rasa tetap perlu nomer satu

Cara yang paling ampuh untuk memulai sebuah usaha kuliner adalah dengan mengutamakan kualitas rasa. Dengan tetap mengutamakan rasa, kalian akan tetap dipilih karena poin dari membeli sebuah produk kuliner adalah persoalan rasa.

  • Jangan lupa kemasan kekinian

Nah, untuk faktor kemasan memang ada baiknya untuk tidak diacuhkan. Hal ini disebabkan dengan memulai bisnis kuliner, cara pendekatan melalui kemasan yang kekinian akan ikut menambah faktor ketertarikan dari calon konsumen untuk membeli produk bisnis milik kalian. Kemasan yang menarik membuat konsumen berpikir bahwa usaha kuliner yang kalian mulai merupakan langkah pendekatan bahwa kalian memang serius menjalankan usaha kuliner tersebut. Jika tampilan yang ditunjukkan asal – asal, tentu akan menimbulkan kesan pertama yang buruk dan bisa – bisa mereka mengurungkan niat untuk melakukan pembelian pada usaha kuliner milik kalian.

Semoga trik – trik di atas bisa kalian kerjakan karena trik – trik tersebut termasuk mudah dilakukan, ya! Cara terbaik juga dalam memulai usaha kuliner adalah dengan tidak menyerah. Baca lagi lajutan tips – tips khusus cara untuk memulai usaha kuliner dengan membaca BUKU ONLINE yang kami berikan GRATIS! Klik banner di bawah ini, yaaa! Inget, ini BUKAN SPAM.

Artikel Terkait

Tren Bisnis Tidak Disangka: Baju Tie Dye Piyama Laris Manis!

marsha

8 Alasan Kenapa WAJIB BANGET Punya Website Bisnis Online

marsha

Bisnis Saat Covid: Ini Strategi Jualan Online Makanan Paling Oke

marsha