a

Bingung Mencari Modal Usaha? 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Jarang Terpikirkan

Salah satu hambatan seorang saat ingin menjalankan usaha adalah modal usaha. Banyak orang yang menganggap modal usaha berupa uang. Ada istilah, ‘dengan uang kita bisa melakukan segala sesuatu’. Begitupun saat ingin mendirikan usaha, kita memerlukan modal uang untuk memulainya. Tapi jika kita tidak punya modal, bagaimana cara mendapatkan modal usaha selain dari meminjam. Baik itu meminjam ke Bank maupun meminjam kepada kerabat. Inilah yang sering tak pernah terpikirkan sebelumnya

Modal masih menjadi sesuatu yang paling krusial dalam mendirikan bisnis. Anda pasti sering mendengar, teman-teman atau kerabat Anda gagal dalam mendirikan bisnis karena terhalang tidak ada modal. Lalu, bagaimana cara mendapatkan modal usaha selain dari meminjam. Tentunya hal ini jarang diketahui dan jarang terpikirkan oleh banyak calon pengusaha.

Sebenarnya, mencari modal usaha tidaklah sesulit yang ada dipikiran Anda. Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan pula untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam dari orang lain maupun lembaga perbankan. Hambatan modal pun sering menyerang UKM-UKM yang sudah berdiri sejak lama. Padahal modal bisa didapatkan jika kita ingin mencarinya dengan tekun.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang usaha tanpa harus meminjam. Baik kepada Bank, maupun kepada kerabat. Jika Anda meminjam kepada Bank, Anda harus rela membagi keuntungan pribadi dengan bunga bank. Terkadang bunga Bank yang begitu besar membuat banyak orang engan melakukan peminjaman. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Menabung

Salah satu cara yang paling tepat untuk memulai usaha, dengan menabung. Bagaimana menabung untuk usaha? Anda dapat menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan Anda untuk dikumpulkan sebagai dana tabungan. Menabung menjadi cara yang paling tepat untuk mendapatkan modal usaha.

Anda bisa menyisihkan beberapa persen pendapatan bulanan untuk menabung sebagai modal awal usaha. Mungkin Anda harus menabung selama satu hingga tiga tahun untuk bisa dijadikan modal. Ingat, ketika Anda menabung, hindari menggunakan uang tabungan tersebut untuk digunakan sebagai keperluan pribadi.

Investasi

Selain menabung, saat ini Anda juga bisa melakukan investasi sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan modal usaha. Investasi bisa Anda mulai dari emas, reksadana, maupun saham. Banyak sekali cara untuk berinvestasi.

Selain dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil investasi tersebut. Keuntungan investasi bisa Anda jadikan modal usaha. Meskipun Anda memerlukan waktu yang hampir sama dengan menabung. Namun hal tersebut tidak masalah, karena bisa membantu Anda terhindar dari hutang. Investasi merupakan satu cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam yang paling tepat bagi calon pengusaha.

Menjual Aset

Jika Anda tidak mau menunggu lama dari hasil menabung, maka Anda bisa mencoba menjual aset yang Anda miliki. Baik itu kendaraan, properti, dan juga sebagainya yang bisa menghasilkan jumlah angka yang cukup besar. Salah satu cara menjual aset adalah salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan modal yang besar.

Resikonya memang Anda kehilangan aset-aset tersebut. Tetapi saat usaha Anda berhasil dan sukses, Anda bisa mendapatkan aset-aset itu kembali dari hasil usaha Anda yang sudah diperjuangkan. Meskipun hasil tersebut tidak akan berhasil dalam waktu yang cukup singkat.

Join Dengan Teman

Cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan modal usaha adalah dengan melakukan join bersama teman yang dianggap memiliki modal besar. Anda bisa mengajak rekan atau kerabat Anda yang ingin mendirikan usaha, tetapi terhambat oleh ide. Anda bisa melakukan join bersama mereka. Dia yang memiliki modal dan Anda yang memiliki ide.

Setelah Anda mendapatkan keuntungan, maka Anda bisa membagi keuntungan dengan bagi hasil. Sehingga Anda dan rekan dalam usaha tersebut bisa bekerjasama dalam waktu yang cukup lama. Karena pembagian hasil yang sesuai dan seimbang, akan memuluskan kerjasama Anda dan rekan Anda tersebut.

Berbisnis Dengan Model Waralaba

Jika Anda ingin memulai usaha, sambil mengumpulkan modal usaha untuk ide usaha yang Anda miliki. Mungkin langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memulai usaha waralaba atau franchise yang saat ini cukup banyak dilakukan pengusaha pemula.

Mungkin untuk awal, Anda bisa mendaftar franchise yang biayanya masih terjangkau dan keuntungan yang diperoleh pun cukup besar untuk Anda. Anda bisa memulai usaha waralaba seperti makanan dan minuman yang saat ini cukup banyak dilakukan.

Menjadi Makelar dan Affiliate

Cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam dengan menjadi makelar. Menjadi makelar atau saat ini dikenal sebagai affiliate menjadi satu cara terbaik untuk mendapatkan uang yang cukup banyak. Dan uang tersebut bisa Anda jadikan sebagai modal usaha.

Apa lagi menjadi makelar atau affiliate, tidak memerlukan modal yang besar. Banyak sekali cara untuk menjadi makelar, Anda bisa memulai menjadi makelar baik itu properti, kendaraan, dan juga makelar lainnya. Atau menjadi affiliate.

Affiliate marketing merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk Anda yang ingin usaha namun terhambat modal. Karena komisi dari hasil penjualan barang melalui affiliate cukup besar, Salah satu affiliate yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi Accurate Digital Partner (ADP). Anda bisa menjual produk-produk software akuntansi dengan keuntungan mencapai 20 % dari hasil penjualan.

Dari hasil keutungan penjualan tersebut, Anda bisa menjadi cara mendapatkan modal usaha tanpa pinjaman. Cara ini merupakan salah satu cara yang mudah Anda lakukan. Cukup dengan melakukan penjualan produk Accurate, Anda bisa mendapatkan modal usaha.

Mendapatkan Modal dari Pemerintah

Bagaimana caranya? Apakah Anda pernah mengikuti semacam pameran yang diadakan oleh pemerintah? Jika Anda belum pernah mengikutinya, maka Anda bisa mencari modal dari pemerintah. Anda bisa selalu melihat situs-situs resmi pemerintah yang berkaitan dengan UKM seperti di kementerian koperasi dan UMKM yang bisa selalu Anda pantau. Anda bisa ikut pelatihan dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk mendapatkan modal usaha tanpa pinjaman.

Ketujuh cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk memikirkan mendapatkan modal banyak hanya meminjam dari lembaga keuangan seperti perbankan.

Share With:
Rate This Article