a

Cara Mengatasi Gap yang Muncul pada Laporan Arus Kas

Sebagai penggerak bisnis, Anda tentu membutuhkan laporan arus kas yang sehat agar bisnis tetap berjalan sebagai mana mestinya. Jika Anda tidak mempersiapkannya, maka hal yang tentu tidak bisa Anda hindari adalah arus kas yang kacau dan membuat bisnis Anda bangkrut, ditinggalkan oleh para karyawan, distributor, tagihan, dan juga biaya-biaya lainnya. Namun, namanya juga sebuah bisnis, pasti ada saja kendala atau gap yang mempengaruhinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi gap yang muncul pada arus kas? Berikut penjelasannya.

Siapkan dan patuhi Jadwal atau Perencanaan Anda

Kita memang tidak bisa memprediksi apa saja yang akan terjadi di masa depan. Tapi jika Anda sudah mempersiapkan segala kemungkinan dengan bermain secara aman dan cerdas, Anda tentu bisa menghindari beberapa potensi atau kemungkinan buruk pada bisnis Anda salah satunya dengan membuat jadwal atau perencanaan.

Ketika Anda sedang membuat perencanaan dan mengoreksi kembali jadwal dan rencana Anda, pastikan Anda tidak terlalu banyak melibatkan proyek ataupun kegiatan lain sehingga membuat Anda kehilangan waktu dan juga energi Anda. Pertimbangkan mana kegiatan atau rencana yang lebih utama terlebih dahulu sebelum memulai mengerjakan rencana selanjutnya dan patuhi semua rencana yang sudah Anda buat.

Menegosiasikan Persyaratan Pembayaran

Secara sadar atau tidak sadar, klien tentu menaruh harapan pada diri Anda sebagai pebisnis untuk bisa melayani mereka dengan baik, berkualitas, dan juga tepat waktu untuk bisa membuatnya puas. Agar kepastian tersebut terjamin, Anda bisa mempertimbangkan persyaratan pembayaran yang telah disepakati pula dengan konsumen.

Melalui persyaratan satu ini, Anda pun bisa mengatur rencana untuk menyelesaikan permintaan konsumen dan konsumen pun membayarnya dengan tepat waktu pula. Hal ini tentu akan sangat baik untuk arus kas Anda, mengingat semuanya sudah terjadwal dengan baik.

Pertimbangkan Penawaran Insentif pada Pelanggan

Tips lain yang bisa Anda lakukan agar arus kas Anda lancar adalah dengan menawarkan kepada klien Anda beberapa diskon atau bonus jika mereka bersedia untuk membayar tagihannya lebih awal. Berikanlah penawaran diskon sebesar satu atau dua persen jika mereka bersedia membayar tagihannya dalam waktu 10 hari, Anda juga bisa menambahkan jumlah potongan harga jika mereka bersedia membayar lebih cepat dari waktu yang sudah Anda tentukan.

Shopping Around

Harga material atau bahan-bahan bisa saja berfluktuasi, kadang kala Anda harus pintar-pintar menemukan harga termurah dari bahan yang Anda butuhkan dengan berbelanja ke beberapa toko yang sedang menawarkan diskon. Kunjungi beberapa toko yang berbeda dan bandingkan harga yang mereka tawarkan, lalu carilah yang termurah. Memiliki supplier langganan memang bisa memberikan Anda keuntungan, tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin lebih terbuka lagi dengan supplier baru yang sedang memberikan harga termurah dari produk miliknya. Bandingkan dan temukan supplier yang bisa menawarkan Anda harga terbaik untuk menghemat uang Anda, ya!

Pertimbangkan Invoice Clearing Services

Invoice clearing services adalah sebuah pilihan yang bisa dipertimbangkan ketika Anda membutuhkan arus kas secara cepat untuk membayar tagihan, memulai sebuah proyek baru, dan atau tindakan lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda. Pahami dulu persyaratan layanan dan juga biaya yang dibutuhkan, jika memang cara inilah yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda, jangan ragu untuk mempertimbangkannya.

Arus kas memang bisa menjadi sebuah permasalahan besar bagi para pelaku bisnis, tapi kalau Anda bisa dengan benar mengelolanya maka Anda bisa menghindari gap yang bisa menjadi masalah bagi bisnis Anda.

Share With:
Rate This Article
trackback
Memaksimal Penyusunan Laporan Arus Kas Perusahaan. How? - Solusiukm

[…] yang sudah Anda ketahui, arus kas (cash flow) yang berputar di dalam bisnis Anda merupakan bentukan dari keuntungan dan juga jumlah tagihan yang […]