Solusiukm
Bisnis

Cara Paling Gampang Bikin Pembukuan Bisnis Kecil!

Akuntansi atau juga biasa disebut dengan pembukuan adalah salah satu komponen penggerak yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Karena segala jenis usaha, dari kecil, menengah, hingga hingga hingga besar dan  hingga besar, memerlukan pencatatan keuangan yang baik, dan juga akurat, tepat agar bisnis berjalan dengan lancar. Pada pencatatan data keuangan, akan terlihat apakah sebuah bisnis sedang mengalami laba dan untung, atau justru kerugian.

Salah satu masalah klasik banyak pengusaha – pengusaha Indonesia, adalah pikiran yang menganggap remeh sebuah pencatatan keuangan atau pembukuan bisnis kecil. Penyepelean tersebut mayoritas terjadi pada kalian – kalian yang memiliki bisnis dalam skala yang tidak besar atau menengah, dan juga pelaku usaha yang baru memulai. Nyatanya, dengan menyepelekan pembukuan bisnis kecil, banyak para pelaku usaha yang berantakan bisnisnya sehingga hal ini akan menjadi fatal dan harus dihindari dengan serius.

Bagi pelaku usaha pemula, atau pelaku bisnis kecil, merupakan kewajaran untuk mulai membuat pembukuan bisnis kecil yang tentunya sederhana. Pada artikel ini akan kami jabarkan bagaimana membuat pembukuan bisnis kecil yang praktis dan mudah dimengerti:

Selalu mendata apa saja pengeluaran bisnis
Source : Freepik.com by fullvector

Pada umumnya, saat kalian mendirikan sebuah bisnis, hal keuangan yang pertama dan fatal jika terlupa, adalah melakukan pencatatan mengenai apa saja pengeluaran transaksi yang dikerjakan oleh bisnis kalian. Hal ini merupakan salah satu komponen dari pembukuan bisnis kecil dan tentunya langkah awal yang rentan terhadap banyaknya kesalahan. Sehingga jangan sampai, deh, punya sifat menyepelekan apalagi pemilik bisnis yang berimbas pada komponen – komponen lain pada bisnis. Selalu catat apa pun dan berapa pun nominal yang digunakan untuk sebuah transaksi, bahkan sekecil pembelian pulpen dan pensil pun wajib untuk dicatat. Pembukuan bisnis kecil dapat dimulai dari hal sederhana seperti itu, lho!

Jangan lupa juga mendata transaksi yang masuk

Setelah di atas dijelaskan bahwa kalian sebagai pelaku bisnis wajib mencatat arus dana keluar bisnis, tentunya kalian perlu juga mencatat transaksi yang masuk. Hal ini tentunya juga salah satu ilmu dasar dari pembukuan bisnis kecil. Setiap hari, setiap saat, saat ada sejumlah uang masuk, wajib untuk mendata pada pembukuan bisnis kecil kalian, tanpa terkecuali. Data – data yang tercatat tersebut nantinya akan akan membantu sekali saat melakukan review budgeting, semua data sudah ada di dalam pembukuan bisnis kecil.

Bikin catatan khusus yang utama
Source : Freepik.com by slidesgo

Sangat perlu untuk melakukan catatan yang berbeda catatan yang berisi stok produk pada pembukuan bisnis kecil. Itu berarti, hal yang perlu tercatat, selain aliran budget bisnis tapi juga perlu yang berisi soal barang. Pencatatan barang atau produk yang keluar dan masuk juga perlu secara disiplin untuk dicatat, agar mendukung sistem pembukuan bisnis kecil yang kalian miliki. Jadi saat stok barang tercatat dengan baik, stok barang milik bisnis akan terpantau dengan baik pula.

Catat juga daftar inventaris bisnis

Pada sebuah bisnis, selain mengenai biaya masuk dan biaya keluar, hal – hal yang penting untuk dicatat pada pembukuan bisnis kecil, adalah untuk melakukan pemantauan pada aset – aset yang dimiliki bisnis kalian.

Catatan soal laba rugi

Hal terkahir yang tidak boleh tertinggal saat melakukan pencatatan pembukuan pada bisnis kecil adalah catatan mengenai laba dan rugi bisnis kalian. Pencatatan laba rugi pada pembukuan bisnis kecil, pada umumnya berisi catatan pendapatan dan beban bisnis pada waktu tertentu. Penting sekali pada bagian ini untuk mengetahui, sebenarnya bisnis kalian sedang cuan, atau amsyong, sih.

 

Artikel Terkait

Ragam Kekeliruan Bisnis Online yang Sering Membuat Pebisnis Kewalahan

marsha

Lagi Tren: Bisnis Jasa Konsultasi Online

marsha

Kata Siapa Bisnis Fotografi Mahal? Baca Tipsnya di Sini!

marsha