a

Cara Praktis Pembukuan UKM Paling Gampang!

Pembukuan UKM sederhana tentunya perlu dilakukan dan dikerjakan dengan serius karena hal ini merupakan salah satu hal krusial bagi berjalannya sebuah bisnis, terlebih jika bisnis yang kalian jalankan saat ini masuk ke kategori bisnis kecil dan menengah. Sedangkan mereka pemilik bisnis besar pada umumnya menggunakan sebuah sistem laporan keuangan yang tersusun secara sistematis, bahkan tidak jalan berjalan otomatis jika bisnis yang dijalankan sangat besar dan memiliki cabang banyak bahkan hingga internasional.

Perusahaan – perusahaan tersebut bahkan mampu menjadi besar karena salah satunya memiliki sebuah sistem pembukuan yang tersusun rapi dan teratur. Tidak jarang, selain menggunakannya sebagai data pengecekan untung dan rugi, data pembukuan yang dimiliki sebuah bisnis digunakan untuk sumber data dan informasi saat harus mengambil langkah pada periode mendatang, dan juga berbagai kebijakan dan strategi dapat berdasar pada data keuangan atau pembukuan sebuah bisnis

Lalu, bagaimana untuk pembukuan UKM sederhana?

Di bawah ini akan kami jelaskan pembukuan UKM sederhana yang tentunya bisa kalian praktekkan dan mengerti bagi pelaku bisnis skala kecil:

Data Laba Rugi

Pada bagian data laba rugi, adalah salah satu bagian dari pembukuan UKM sederhana. Dalam bagian ini tentunya akan mencatat bagian mana saja yang mendapatkan untung atau laba, dan bagian mana yang rugi. Pada pembukuan UKM sederhana bagian laba rugi tentunya juga akan mencatat selisih nominal uang yang tertera setelah dilakukan kalkulasi pada berbagai pos. Salah satu komponen pembukuan UKM sederhana ini dapat dijadikan landasan pada sebuah bisnis dan langkah apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sebuah situasi buruk.

Neraca

Image: Ereceptionist.co.uk

Pos neraca pada pembukuan UKM sederhana dibuat untuk memiliki tujuan agar kalian sebagai pelaku bisnis dapat tahu ada di mana posisi keuangan di kurun waktu atau periode tertentu. Neraca pada pembukuan UKM sederhana dan bisnis – bisnis lainnya, rata – rata dikerjakan pada durasi waktu yang lama, yaitu satu tahun sekali. Bagian neraca tersebut penting untuk tahu nilai yang dimiliki pada sebuah bisnis yang telah berjalan, sehingga sebuah pembukuan UKM sederhana dapat berjalan dengan baik dan terstruktur. Tiga komponen inti yang dimilikki sebuah neraca pada pembukuan UKM sederhana adalah harta, moda, dan kewajiban.

Perubahan modal atau ekuitas

Pembukuan UKM sederhana pada pos perubahan modal atau ekuitas juga merupakan bagian penting dari data keuangan bisnis. Ekuitas sendiri merupakan nama lain dari modal atau kekayaan ekuitas, yang penting juga masuk ke dalam daftar pembukuan UKM sederhana. Nilai ekuitas muncul setelah jumlah asset (biasa juga disebut dengan aktiva) dikurangi jumlah nominal kewajiban (atau pasiva) sehingga muncul sebuah angka. Angka tersebut yang masuk pada pos ekuitas pada pembukuan UKM sederhana.

Arus kas

Arus kas pada pembukuan UKM sederhana pada umumnya berisi semua informasi yang ada kaitannya dengan dana kas masuk dan juga dana kas keluar pada kurun waktu tertentu. Arus kas tentu juga pos yang sangat penting pada keberlangsungan bisnis danperlu dicatatat dengan rapi, baik dan disiplin pada pembukuan UKM sederhana.

Poin – poin di atas adalah poin dasar yang sangat wajib untuk diketahui sebagai pembukuan UKM sederhana bagi kalian para pelaku bisnis UKM. Jangan biarkan bisnis berantakan tanpa catatan pembukuan yang rapi dan baik sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar. Untuk tahu tips lainnya seputar bisnis UKM, daftar membership Solusi UKM GRATIS agar dapat mendapatkan E-BOOK cuma – cuma di: https://solusiukm.com/membership/register/

ads

ads

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik - Solusiukm
March 6, 2020 17:00

[…] bisnis bisa menjadi milik Anda sendiri. Dari sini, keuntungan Anda dapat adalah murni untuk keperluan bisnis Anda tanpa harus dikurangi lagi dengan tanggungan […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x