a

Tips Pebisnis: Ini 4 Cara Presentasi yang Menarik Di Hadapan Investor!

Sobat UKM pasti sering dihadapkan pada kebutuhan presentasi. Entah pada klien untuk keperluan kerja sama, maupun pada investor – investor agar mereka tertarik untuk menyuntikkan dana pada bisnis Anda. Saat melakukan presentasi, pastinya Sobat UKM dituntut lebih ciamik dalam menyampaikan inti pesan milik Sobat UKM. Lalu, gimana sih cara presentasi yang menarik di hadapan investor?

Audiens harus mengerti dengan jelas presentasi yang telah disampaikan. Audiens perlu mengerti dengan betul apa yang telah Sobat UKM jelaskan. Sehingga mereka tertarik dengan apa yang Anda sampaikan dihadapan mereka.

Bukan cuma mengenai pesan harus jelas, Sobat UKM juga perlu menghindari gaya penjelasan yang membosankan agar audiens tetap fokus selama presentasi. Apalagi saat Anda memulai presentasi, semua yang audiens akan tertuju kepada presentasi yang Anda sampaikan.

Tidak hanya akan memperhatikan apa yang Sobat UKM  jelaskan, tetapi juga melihat gimana cara Sobat UKM menyampaikannya. Dari mulai gaya bahasa, penekanan, sampai selipan humor. Ribet, kan?

Nah, SolusiUKM akan jabarkan beberapa tips dan trik supaya Sobat UKM bisa mengatasi rasa percaya diri saat presentasi, dan tentunya bisa meyakinkan semua yang terlibat dalam presentasi tersebut agar yakin atas apa yang Sobat UKM sampaikan, dikutip melalui Career Girl Daily, dan Kumparan:

Perhatikan Bahasa Tubuh Kita

Cara presentasi yang menarik pertama, bahasa tubuh akan jadi penilaian audiens. Terlihat apakah Sobat UKM percaya diri dan yakin atau tidak mengenai materi yang dibawakan. Kalau Sobat UKM sendiri tidak yakin, ya masa berharap orang yakin sama kita? Nah, orang yang sangat percaya diri akan terlihat dari hal- hal kecil, seperti menjaga sikap, cara duduk, hingga bagaimana cara mereka berdiri.

Mereka akan duduk tegak dan menunjukkan bahasa tubuh yang mudah dimengerti. Tips: arahkan salah satu kaki Anda Anda ke depan untuk menjaga agar bagian belakang tetap terlihat tegak sehingga percaya diri lebih terpancar. Membungkuk dan memperlihatkan postur tubuh yang buruk adalah hal pertama yang akan diperhatikan orang, dan itu dapat mengubah cara mereka menerima apa yang Sobat UKM presentasikan.

Jangan Lupa Cek Bahasa Tubuh Audiens

Sobat UKM saat menjelaskan, perhatikan juga bahasa tubuh dari audiens, ya. Jangan sampai Sobat UKM asyik sendiri menjelaskan, tapi audiens justru merasa bosan, banyak menguap dan lebih memilih bermain HP ketimbang fokus mendengarkan presentasi Sobat UKM.

Duh, amit – amit, deh! Sobat UKM bisa menyelipkan candaan saat presentasi dan usahakan candaan tersebut ada hubungannya dengan presentasi. Sehingga Anda  tidak terkesan memaksa dan canggung, ya.

Bicara Jelas, dan Perlahan

Waktu presentasi, jangan pakai nada bicara bisik – bisik seperti mau ghibah, ya, Sobat UKM! Apalagi kalo merasa gugup, manusia punya kecenderungan untuk berbicara dengan cepat, atau justru terlalu lambat dan terbata-bata.

Wah, tolong dihindari ya Sobat UKM! Gugup itu wajar banget, tapi kita perlu jago untuk menyembunyikannya. Lakukan beberapa ritual sebelum mulai presentasi agar Sobat UKM lebih santai. Latih juga cara presentasi Sobat UKM dengan beberapa cara, seperti melatih materi presentasi dan skill berbicara dengan lantang, jelas, dan perlahan.

Berikan kesan kepada atasan, klien, atau rekan kerja bahwa Sobat UKM tidak terburu-buru untuk menyampaikan maksud dan tujuan, serta menunjukkan bahwa Sobat UKM yakin mereka perlu mendengar apa yang kamu katakan.

Terima Sesi Kritik dan Tanya Jawab

Sebagai seseorang yang selesai bepresentasi, Sobat UKM perlu bijaksana terhadap masukan, kritik, dan sanggahan. Setelah melakukan presentasi, akan ada waktu yang tepat bagi mereka untuk memberikan umpan balik atas apa yang telah disampaikan, dan sebagai pemimpin yang baik Anda harus menerimanya agar bisa berkembang lebih baik.

Bahkan jika perlu, tanyakan pada mereka bagaimana performa Anda dan apakah mereka mengerti tentang semua yang telah Anda sampaikan.

Nah mungkin ini empat cara presentasi menarik di hadapan investor. Agar presentasi sukses dan bisnis Anda dilirik, Anda harus bisa menampilkan gaya yang baik dan isi presentasi tidak monoton. Semoga tips di atas membantu Anda untuk sukses presentasi di hadapan klien.

Share With:
Rate This Article