a

CAST DISTRO, Lokal Rasa Branded!

Bisnis yang gak akan pernah ada matinya digeluti Wahyu pria asal Cilacap, Apalagi kalau bukan bisnis fashion. Bisnis yang sudah genap 4 tahun dijalani sejak tahun 2016. Dengan omset perbulan mencapai Rp. 650.000, saat ini Wahyu sudah bisa memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia. Ada banyak produk lokal rasa branded. Salah satuya yang akan kita ulas kali ini.

Wahyu menjual beragam kaos distro yang dia beri label “CAST DISTRO”. Pria kelahiran 1997 ini memilih bisnis fashion, karena produknya yang tidak bisa kadaluawarsa dan pasarnya yang sangat umum dan luas juga modal tidak terlalu besar.

Bisnis distro, dapat dikatakan bukan bisnis yang mengikuti tren. Seperti bisnis makanan atau minuman. Sehingga pasarnya juga umum dan konsumen baju-baju distro merupakan customer loyal. Namun, bisnis satu ini harus memiliki desain up to date, dan gaul. Karena pangsa pasarnya merupakan anak muda. Yang selalu ingin memiliki produk-produk yang sedang tren dan tidak ketinggalan zaman.

Sekalinya, produk yang dikeluarkan tidak up to date, bersiaplah untuk ditinggal konsumen. Namun, sekarang hal ini bukan perkara sulit lagi. Kemajuan teknologi, sebenarnya memudahkan para pelaku distro untuk menghasilkan desain-desain terbaiknya.

Saat ini, Wahyu sengaja mencari rezeki di luar kota kelahirannya, karena dia punya rencana lain untuk bisa memasarkan produknya keluar negeri. Bisnis yang dirintisnya saat ini beralamatkan di Sagulung Baru Blok A2 No. 05 Rt/Rw : 001/008, Kel.Sungai Binti Kec. Sagulung. Kota Batam.

Tentu, Batam menjadi pintu masuk untuk barang-barang luar negeri ke Indonesia. Juga menjadi pintu keluar produk-produk Indonesia ke luar negeri. Semoga ini menjadi kemudahan bagi Wahyu untuk memasarkan produknya ke Negara-negera tetangga.

Indonesia Surga Fashion Asia Tenggara

Notabene, beberapa pedagang fashion di Singapura dan Malaysia serta Negara-negara ASEAN lainnya, cukup sering mencari bahan atau produk fashion Indonesia. Biasanya mereka, bepergian ke Tanah Abang, Bandung, dan kota-kota fashion lainnya di Indonesia.

Para pedagang dari Negara-negara tetangga datang hanya untuk berbelanja. Lalu, mereka menjualnya kembali di Negara mereka. Coba saja, kalian bermain ke Tanah Abang atau ke pusat fashion kota Bandung, kalian akan menemukan turis dari Negara-negara tetangga loh. Semoga saja produk-produk Indonesia memiliki brand lokal rasa branded.

Kendala Bisnis Distro

Berbagai kendala dia temui untuk bisa memasarkan produknya. Saat ini, barang-barang yang keluar Batam akan terkena biaya PPN 10%. Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah yang baru di sahkan pada tahun ini.

Ini tidak hanya di rasakan oleh Wahyu saja. Hampir semua para pelaku bisnis di Batam terkena dampak kenaikan harga, karena adanya tambahan PPN setiap produk yang keluar dari Batam.

Selain masalah pajak barang keluar di Batam, saat ini bisnis distro memiliki persaingan ketat, karena pasarnya cukup luas. Demi bisa berhasil dalam persaingan, para pelaku bisnis distro harus mampu memberikan desain terbaik untuk konsumen.

Meskipun, bisnis distro memiliki ceruk pasar leveling. Misal, pasar konsumen kelas bawah, menengah, dan atas memiliki pemain yang berbeda. Setiap pelaku, harus paham dimana mereka berada saat ini. Sehingga mereka mudah dalam bersaing dan mendapatkan konsumen.

Tapi saat ini, Wahyu tetap fokus dan ingin sekali membesarkan bisnis kaos distronya bisa sampai ke negara tetangga. Semoga apa yang Wahyu dambakan bisa terwujud.

Buat Anda yang ingin membeli produk-produk distro Wahyu, kalian bisa langsung cek di social media Facebook http://www.facebook.com/Castelothes.Distro, Instagram http://instagram.com/Cast_Distro website www.castdistro.com menjadi andalannya untuk memasarkan produk kaos distronya. Jangan lupa di Follow biar update produk-produk terbaru dari CAST DISTRO. Kaos brand lokal rasa Brand luar.

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Abdul
Abdul
February 25, 2020 10:03

Wah mantap.. mau dong solusi UKM bisnis saya diliput juga

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x