Solusiukm
Peluang Usaha

Cloud Bread Roti Rasa ‘Awan’ yang Lagi Viral: Peluang Bisnis Baru Lagi

Saat ini lagi – lagi dunia i nternet sedang dihebohkan oleh tren terbaru. Tren yang cepat muncul pada tahun 2020 ini ditenggarai oleh kebosanan warga seluruh dunia untuk mengurangi kegiatan di luar rumah sehingga mereka lebih berfokus pada aktivitas di dalam rumah. Tidak bisa dipungkiri, salah satu industri atau bidang yang sering sekali memunculkan tren adalah bidang kuliner dan juga fesyen. Namun kita semua tahu bahwa industri fesyen pada saat pandemi Covid – 19 Corona ini merupakan salah satu industri yang sedang ambruk. Banyak sekali usaha – usaha pada bidang fesyen dunia mengalami gulung tikar alias bangkrut.

 

Lain halnya dengan industri kuliner di dunia. Saat beberapa saat yang lalu dunia dehobhkan dengan tren Kopi Dalgona, kali ini datang baru lagi sebuah tren makanan. Tren makanan terbaru itu bernama Cloud Bread. Cloud Bread adalah tren berupa roti yang rasanya sangat lembut. Makanan itu diberi nama Cloud Bread karena bentuknya seperti awan – awan di langit. Selain bentuknya yang mirip awan, Cloud Bread juga memiliki tektur yang sangat lembut sehingga mirip awan. Dalam bahasa Inggris, sebutan untuk awan adalah Cloud, sehingga makanan tersebut diberi nama Cloud Bread.

Asal mula viralnya Cloud Bread

Roti yang diberi nama Cloud Bread ini sedang menjadi bahan tren dan viral pertama kalia melalui sosial media. Beberapa orang menggunggah video membuat roti bernama Cloud Bread pada media sosial TikTok dan Instagram. Karena bentuk dari Cloud Bread ini sangat menggemaskan, dan fluffy alias mengembang dan tipis ringan. Tekstur yang menggemaskan ini yang akhirnya membuat etizen – netizen gemas dan merasa semangat untuk membuat sendiri di rumah resep Cloud Bread ini.

Source: Beuatynesia

Cloud Bread ini juga memiliki warna – warna cerah sehingga penampilan dari Cloud Bread ini semakin menggemaskan. Roti Cloud Bread ini sebeum menjadi viral, mulanya sudah lebih dulu terkenal. Cloud Bread sering muncul dalam sebuah judul kartun yang biasa ditonton oleh anak – anak. Nama judul kartun pun sama persis dengan nama rotinya, yaitu kartun Cloud Bread. Dua tokoh utama dari kartun ini (Hong Shi dan Hong Bi) sangat menyukai roti dengan nama Cloud Bread sehingga dibuatlah serial kartun dengan nama yang sama.

Fakta menarik soal Cloud Bread

Selain warnanya yang menarik dan teksturnya yang sangat lembut, Cloud Bread ini sangat mudah dibuatnya. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cloud Bread juga cenderung sangat sederhana. Beberapa bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat makanan Cloud Bread ini hanya putih telur, sedikit sekali pewarna makanan (usahakan dalam beberapa warna agar tampilan Cloud Bread lebih menarik dan menggemaskan), lalu sedikit gula (jika dibutuhkan) dan sedikit tepung berjenis Maizena. Bisa juga menambahkan vanilla dalam resep adonan Cloud Bread agar rasanya semakin nikmat.

Karena sedikitnya bahan yang digunakan untuk membuat Cloud Bread, makanan ini justru sehat dan mengenyangkan. Bahan – bahan yang digunakan tidak menggunakan tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat roti, lho! Hal ini yang membuat makanan jenis Cloud Bread lebih menyehatkan sehingga banyak dipilih sebagai alternatif cemilan. Bahkan banyak juga, lho, yang menggunakan Cloud Bread sebagai makanan untuk diet. Oke banget, kan?

Cara bikin Cloud Bread yang super duper gampang

Lalu, bagaimana cara untuk membuat Cloud Bread yang sedang viral ini? Gampang banget, kok! Kalian perlu menyiapkan beberapa bahan – bahan di bawah ini:

Butir putih telur

Gula pasir sesuai selera

Vanilla secukupnya

1 Sendok makan tepung maizena

Sedikit pewarna makanan (pilih lebih dari 3 pewarna makanan dengan warna cerah atau sesuai selera kalian)

Photo Source: woke.id

Hanya dengan bahan – bahan makanan sederhana di atas, kalian sudah bisa membuat sebuah roti Cloud Bread yang sedang viral dan hits. Membuatya juga sangat mudah, kok. Masukkan putih telur yang sudah dikumpulkan tadi ke sebuah wadah besar. Mixer putih telur tersebut sampai mengembang dan besar. Ingat, putih telurnya saja ya yang digunakan dalam resep Cloud Bread ini. Bagian kuning jangan digunakan. Sambil mengocok adonan putih telur dengan mixer, perlahan masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, sesuai selera dan kebutuhan kalian.

Setelah adonan dari putih telur ini mengembang, kalian sudah separuh jalan untuk membuat Cloud Bread. Masukkan juga vanilla ekstrak yang sudah dipersiapkan secara perlahan – lahan pada adonan yang sudah mengembang. Aduk, hingga rata. Langkah selanjutnya, bagi adonan Cloud Bread pada wadah berbeda. Jumlah wadah kalian disesuaikan dengan jumlah pewarna makanan yang kalian pilih, ya! Berikan tetesan pewarna makanan pada setiap wadah sedikit saja, tidak perlu terlalu banyak.

Siapkan sebuah loyang yang sudah diberi kertas roti. Bentuk adonan menjadi bulatan roti Cloud Bread, tumpuk beberapa warna pada satu bentuk roti agar saat roti Cloud Bread sudah jadi, hasilnya bisa terlihat sangat cantik dan menarik. Masukkan adonan bulatan – bulatan Cloud Bread pada oven sekitar 150 derajat, selama 50 menit. Jika ukuran Cloud Bread yang kalian buat cenderung kecil, kalian bisa mengurangi jumlah waktu memanggang.

Peluang bisnis Cloud Bread

Karena kuliner jenis roti Cloud Bread sedang tren, kalian bisa memaksimalkan dengan membuka bisnis roti Cloud Bread. Terlebih lagi kalian yang pada dasarnya sudah memiliki bisnis roti, tentu akan lebih mudah untuk menjual roti Cloud Bread ini. Kalian bisa menambahkan menu tambahan Cloud Bread pada bisnis roti kalian.

Atau, jika kalian tidak memiliki bisnis roti, kalian tetap bisa menjual Cloud Bread. Pilih target market orang – orang terdekat untuk berjualan Cloud Bread ini. Tetangga, sahabat, saudara juga bisa kalian tawarkan untuk jualan Cloud Bread buatan kalian. Perjelas kalimat sehat, less sugar, makanan untuk diet sebagai poin lebih untuk menjual Cloud Bread buatan kalian.

Semoga penjelasan mengenai Cloud Bread ini dapat membuat kalian lebih semangat yaaa berjualan pada saat pandemi. Klik banner di bawah untuk mendapatkan panduan UKM lebih lengkap agar bisnis kalian tidak bangkrut saat Covid – 19 Corona ini. GRATIS dan BUKAN SPAM.

Artikel Terkait

Pengen Bisnis Vapor? Cari Tahu Jenis dan Komponennya Dulu, Nyok!

marsha

Cara Melihat Peluang Bisnis

devi

5 Kriteria Produk yang Cocok Dijual Online, Pasti Cepat Laku!

marsha