a

Coba deh, 7 Trik Mencegah Pelanggan Pindah ke Toko Online Sebelah

Pelanggan adalah aset berharga bagi toko online Anda. Apalagi bila Anda sudah memiliki sejumlah pelanggan setia yang rutin berbelanja. Sudah pasti hal tersebut turut mempengaruhi kestabilan omzet bisnis secara keseluruhan. Jangan sampai pelanggan setia Anda kecewa dan pindah ke toko online sebelah, ya.

Persaingan antar toko online yang semakin ketat membuat Anda harus lebih proaktif dan kreatif dalam mempertahankan pelanggan. Jadi, lakukan saja tujuh trik ini demi mencegah pelanggan berpaling ke toko online lain dari SolusiUKM:

Membuat Tampilan Toko Online yang Menarik

Tak dapat dipungkiri bahwa tampilan toko online yang menarik turut mempengaruhi minat pelanggan. Jadi, usahakan untuk membuat tampilan toko online dengan ciri khas tertentu. Siapkan foto-foto terbaik untuk memperkenalkan produk toko online Anda.

Jangan lupa pula mencantumkan spesifikasi secara detail agar pelanggan mudah mencari informasi produk yang dibutuhkan. Toko online yang eye catching pasti memiliki nilai lebih di mata para pengguna internet.

Menghadirkan Produk yang Lebih Beragam

Meskipun sama-sama menghadirkan produk serupa, bukan berarti toko online Anda tak bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor. Anda bisa menjual produk yang jenisnya lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Misalnya, toko online yang menjual baju dengan pilihan ukuran lebih banyak. Sehingga pelanggan bertubuh kurus atau gemuk leluasa membeli baju sesuai kebutuhannya. Cara sederhana ini akan membuat toko online Anda terkesan lebih profesional dan lengkap daripada toko online kompetitor.

Menyiapkan Blog Berisi Konten Informatif

Kini, para pelanggan toko online tak hanya membutuhkan produk berkualitas untuk mendukung kebutuhannya. Lebih dari itu, konten-konten yang menarik dan informatif juga tak kalah penting. Karena pengguna internet kerap mencari informasi yang berhubungan dengan produk-produk kebutuhannya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga menyiapkan website atau blog berisi konten-konten informatif. Selain menjadi sarana edukasi bagi para pengguna internet, Anda juga bisa memanfaatkan blog tersebut sebagai sarana digital marketing.

Mengamati Strategi Bisnis Kompetitor

Kalau Anda tak ingin ketinggalan dibandingkan toko online sebelah, berarti Anda wajib mengamati strategi bisnis kompetitor secara cermat. Sehingga Anda dapat menghadirkan strategi tandingan untuk mengungguli persaingan pasar.

Misalnya, Anda mengadakan promo diskon sewaktu para kompetitor sedang melakukan strategi serupa. Anda juga wajib memanfaatkan momen-momen tertentu seperti hari belanja online nasional (harbolnas) atau hari raya lainnya bila ingin mengadakan promo.

Menjalin Hubungan Akrab dengan Pelanggan

Meskipun kompetisi antar toko online semakin ketat, banyak orang setia berbelanja di satu toko online karena faktor komunikasi. Anda harus melayani pelanggan dengan ramah, akrab, dan sopan. Sehingga para pelanggan Anda merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

Kalau Anda melayani pelanggan sepenuh hati, pelanggan pasti tak sungkan menanyakan banyak hal tentang produk Anda. Bukan mustahil bila omzet bisnis yang besar berasal dari pelanggan setia yang sudah lama menjalin hubungan baik dengan Anda.

Berikan Give Away Bagi Pelanggan Setia

Satu cara yang efektif agar pelanggan tidak lari ke toko online sebelah, cobalah untuk berikan mereka give away dari toko Anda. Cara ini merupakan satu cara yang cukup efektif untuk membuat pelanggan Anda tetap di toko Anda. Berikanlah Give Away yang kira-kira disukai olehnya.

Jangan Lupa Sapa Pelanggan

Agar kedekatan Toko Anda dengan pelanggan tetap ada, Anda harus sering-sering sapa mereka. Caranya bisa dilakukan dengan mudah, misal ucapan selamat pagi setiap weekend  atau menyapa ketika mereka ulang tahun jika Anda mengetahui ulang tahun mereka.

Cara ini akan sangat efektif, karena pelanggan akan merasa sangat dekat dengan Anda. Anda bisa melakukan sapa setiap seminggu sekali atau sebulan sekali kepada mereka semua. Sehingga mereka tidak akan lari ke toko online sebelah.

Jika Anda berhasil meraih hati pelanggan agar tak pindah ke toko online sebelah, pencapaian omzet bisnis pun akan senantiasa stabil bahkan meningkat. Jangan lupa menyisihkan sebagian keuntungan bisnis untuk membangun sistem internal yang berkualitas.

Salah satu yang wajib menjadi perhatian Anda adalah pengelolaan laporan keuangan yang sistematis dan jelas. Anda dapat menggunakan software Accurate Online untuk membantu mengelola urusan finansial toko online secara efektif.

Accurate Online adalah software laporan keuangan berbahasa Indonesia dengan sistem berbasis cloud. Proses penyimpanan data-data keuangan bisnis Anda akan semakin praktis dan aman dengan software tersebut.

Anda juga dapat mengintegrasikan Accurate Online dengan tiga marketplace besar di Indonesia yakni Bukalapak, Shopee dan Tokopedia lain untuk mempermudah berbagai transaksi bisnis. Bahkan saat ini Accurate Online bisa integrasi dengan internet banking bisnis Anda.

Kini, sudah saatnya mengelola toko online secara profesional dengan Accurate Online. Supaya keuntungan bisnis Anda semakin berlipat ganda di masa mendatang.

Share With:
Rate This Article