Solusiukm
Uncategorized

Cuan Bisnis Kopi Keliling Makin Gede. Cek Faktanya di Sini:

Photo Credit: Republika

Perkembangan pada berbagai idang aspek bisnis Indonesia tentu merupakan sebuah informasi atau berita yang sangat membanggakan, juga melegakan. Hal ini disebabkan karena bisnis pada level UKM di Indonesia ikut menyumbang pergerakan ekonomi negara secara signifikan. Banyak yang awalnya menjalankan UKM, lalu semakin lama bisnis UKM milik mereka berkembang dan menjadi bisnis besar.

Salah satu jenis bisnis kecil yang saat ini ramai dilirik banyak orang adalah bisnis kopi keliling. Bisnis kopi keliling atau biasa disebut dengan julukan ‘Starling’ atau Starbuck Keliling ini memiliki daya pikatnya sendiri. Bisnis kopi keliling atau Starling sebenarnya sudah didirikan dari sejak lama, bertahun – tahun yang lalu. Konsep kopi keliling tentu sudah banyak memiliki pasarnya sendiri sehingga bisnis kopi keliling merupakan suatu usaha yang pantas diperhitungkan.

Bisnis kopi keliling atau Starling yang mulanya hanya dijual sekedarnya, menggunakan sepeda atau motor dan menjual kopi kemasan sachet, kali ini diciptakan inovasi. Kopi keliling yang konsepnya dijadikan sebutan Starling tersebut saat ini keliling menjual kopi dengan kemasan dan branding lebih serius. Salah satu merek kopi keliling yang secara bisnis dibuat serius dengan branding adalah kopi keliling merek Jago Coffee.

 

Credit Photo: Kompas
Jago Coffee yang mengambil konsep bisnis berupa kopi keliling ini merupakan salah satu bisnis startup Indonesia yang mencuri perhatian. Jago Coffee menjual kopi keliling mereka dengan mengendarai sepeda listrik, sehingga tidak meletihkan untuk menggunakan sepeda seperti bisnis kopi keliling – kopi keliling yang tanpa merek pada umumnya. CEO dari Jago Coffee yang bernama Yoshua Tanu menjabarkan, bahwa ia menjadikan peluang bisnis kopi keliling Jago Coffee bukan tanpa sebab. Jago Coffee kopi keliling startup dibuat karena tingginya peminat kopi keliling yang ada di Indonesia. Fakta tersebut tentu akhirnya menjadikan kopi keliling Jago Coffee menjadi peluang bisnis di Indonesia yang bisa dimaksimalkan.
Jago Coffee menyajikan sebuah pengalaman berbeda saat konsumen membeli kopi keliling merek Jago Coffee. Mereka menyajikan kopi keliling bukan dengan kualitas murahan kemasan sachet. Kopi keliling merek Jago Coffee menyajikan minuman kopi yang berkualitas, dan diantar dengan keliling. Bahkan, penjual yang mengantarkan kopi keliling Jago Coffee meruapakan seorang barista yang sudah teratih dan piawai dalam meracik minuman kopi lezat, lho! Keren banget, kan?
Jago Coffee kopi keliling ini tidak menetapkan sebuah target yang terlalu tinggi untuk penjualan dari minuman – minuman kopi keliling yang terjual. Namun, CEO dari Jago Coffee menjelaskan, bahwa setiap minuman kopi keliling mereka yang terjual oleh barista mereka, barista – barista tersebut akan akan mendapatkan uang lebih atau bonus yang diberikan khusus untuk mereka. Dengan sistem ini, tentunya diharapkan barista – barista dari Jago Coffee kopi keliling tersebut akan lebih giat dalam menjual atau menawarkan minuman – minuman dair kopi keliling miliknya.
Harga kopi keliling yang dijual dari merek Jago Coffee adalah 18. 000 Rupiah untuk setiap varian kopi milik mereka. Saat iniJago Coffee menjajakan kopi keliling milik mereka pada area – area tertentu saja. Namun, pada langkah selanjutnya tidak menutup kemungkinan untuk membuka bisnis kopi keliling Jago Coffee di tempat – tempat lainnya. Area yang saat ini digunakan untuk menjual kopi keliling Jago Coffee adalah Mega Kuningan, Thamrin, M – Bloc Space. Area tempat menjual kopi keliling Jago Coffee untuk saat ini memang baru di Jakarta saja.
Tidak hanya berhenti sampai situ saja. Inovasi kopi keliling yang dibuat oleh Jago Cofee saat ini semakin kreatif dan dikembangkan. Jago Coffee kopi keliling akan meluncurkan sebuah aplikasi untuk memudahkan pemesanan kopi keliling milik mereka dengan menggunakan aplikasi. Konsumen dapat lebih mudah memesan kopi keliling dengan membuka aplikasi Jago Coffee, dan langsung tercek barista mana yang paling dekat dengan lokasi konsumen untuk mengantarkan kopi keliling ke mereka. Dengan adanya inovasi teknologi kopi keliling seperti ini, diharapkan akan semakin memudahkan konsumen dalam membeli kopi keliling Jago Coffee. Setelah memesan melalui kopi keliling melalui aplikasi Jago Coffee ini, konsumen akan lebih mudah untuk bertransaksi, bahkan kopi keliling Jago Coffee juga menyediakan layanan antar sampai di titik terdekat konsumen.
Meskipun saat ini situasi pandemi masih berjalan, tentunya bisnis akan terus berjalan dan konsep new normal masih tetap dilaksanakan. Dengan mengantar kopi keliling seperti ini, konsumen tentunya merasa lebih aman dibanding mereka harus pergi ke tempat ramai untuk membeli sebuah kopi. Semoga ide bisnis kopi keliling di atas bisa memberikan inspirasi kalian agar bisa membesarkan bisnis UKM kalian semakin berkembang, yaa! Jangan lupa untuk selalu update terhadap informasi dan trik bisnis pada masa pandemi 2020 Covid – 19 Corona seperti saat ini agar bisnis kalian tidak sampai gulung tikar. Untuk itu, download BUKU PANDUAN BISNIS UKM SAAT CORONA. GRATIS DAN BUKAN SPAM! Klik banner di bawah ini yaaaa:

Artikel Terkait

Tips Paling Oke Membangun Bisnis Keluarga Part 2:

marsha

3 Tahapan Inovasi Teknologi yang Harus Dilakukan Oleh Bisnis

Iskandar Rumi

Ini 4 Olahraga Penghilang Stress, Bisa Bikin Hilang Stress Corona, lho!

marsha