Solusiukm
Pajak

Daftar Bisnis Sampingan dari Hobi, Paling Cuan!

Bagi kalian pasti banyak yang utamanya memiliki pekerjaan utama, entah sebagai karyawan, entah memang memiliki bisnis, atau justru sedang kuliah, tapi tetap ingin mendapatkan pemasukan lebih dari penghasilan utama sehingga memerlukan bisnis sampingan.

Selain untuk mendapatkan keuntungan, membuka bisnis sampingan memiliki banyak mafaat lain seperti menambah ilmu pengetahuan seputar dunia bisnis. Terlebih lagi, industri bisnis saat ini memiliki mobilitas perkembangan dan perubahan yang sangat amat pesat sehingga diperlukan kecepatan dalam mengikuti semua ilmu dan strategi bisnis.

Saat kalian merasa sudah ahli pada suatu teknik bisnis, dalam hitungan detik, selera pasar dan tren bisnis berubah dengan cepat sehingga kalian perlu untuk mengikutinya. Dalam perubahan – perubahan tersebut, Sobat UKM tidak bisa acuh dan mengabaikan perubahan tersebut.

Lalu, apa saja daftar bisnis sampingan yang bisa dengan ampuh menghasilkan keuntungan di tahun 2020? Simak penjelasan bisnis sampingan paling oke di bawah ini:

1. Menulis konten

Jika kalian menikmati dalam menulis secara serius, hal ini tentu sangat bisa dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan yang sangat dibutuhkan di tahun 2020. Terlebih lagi hampir seluruh bisnis yang pada saat ini meiliki website yang sangat membutuhkan konten secara aktif. Selain itu juga, bisnis – bisnis pada zaman sekarang memiliki sosial media yang sangat aktif dan membutuhkan konten yang aktif pula. Saat itu lah kelebihan menulis kalian dapat dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan yang menghasilkan Rupiah.

Menulis konten pada zaman sekarang adalah salah satu faktor utama yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai salahs atu bisnis sampingan. Bahkan, kalian dapat mengambil pekerjaan dengan jenis tersebut lebih dari dua jenis, lho! Oke banget, kan?

2. Musik Live

Tips yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan, dengan catatan kalian memang gemar dan ahli dalam bermusik. Jika kalian ahli dalam bermusik, tidak ada salahnya menjadikan hal tersebut sebagai salah satu bisnis tambahan. Tawarkan kelebihan kalian pada tempat – tempat yang sekiranya akan membutuhkan live music.

Beberapa tempat membutuhkan pemain musik tambahan seperti café, lounge, bahkan bar pada kota – kota besar saat ini menjadikan live music sebagai daya tarik bisnis mereka. Selain itu juga kalian bisa menawarkan jasa kalian sebagai bisnis tambahan pada band – band music yang biasa bermain music secara keliling. Kalian bisa menawarkan diri sebagai pemain cadangan yang bisa dipanggil saat pemain inti band sedang berhalangan hadir. Menarik banget bukan sebagai bisnis tambahan kalian?

3. Fotografi

Jika kalian memiliki hobi fotografi, memiliki perangkat kamera secara lengkap dari kamera, lensa, tripod, reflector, dan perangkat – perangkat kamera lainnya dapat dimanfaatkan sebagai bisnis tambahan. Terutama, pada zaman sekarang, foto kebutuhan dalam betuk foto semakin lama semakin meningkat dari kalangan masyarakat.

Salah satu pencetusnya adalah media sosial Instagram. Beberapa orang menjadikan  Instagram secara sangat serius dan professional sehingga mereka membutuhkan bantuan professional juga dalam mengambil gambar. Atau kalian juga bisa memanfaatkan kelebihan professional dalam fotografi untuk mengambil pekerjaan pada bidang foto prewed. Dengan foto prewed, kalian bisa menjadikan hal tersebut sebagai bisnis sampingan yang sangat menghasilkan keuntungan. Sesuaikan selera kalian sebagai fotografer, cek juga juga jenis foto apa saja yang kini sedang tren seperti teknik candid, teknik minimalis, dan lain – lain. Dengan selalu mengasah skill fotografi, kalian akan bisa tetap update dengan kebutuhan masyarakat dan dipadukan dengan selera kalian sebagai fotografer.

Artikel Terkait

Jadi Pengusaha Kena Pajak Ternyata Banyak Untungnya!

Iskandar Rumi

4 Kriteria UMKM dan Daftar Pajak UMKM yang Harus Dibayarkan

Iskandar Rumi

Apa Sih Fungsi NPWP? 7 Fungsi NPWP yang Jarang Diketahui

Iskandar Rumi