Solusiukm
Bisnis

Dalgona ; Kopi yang Viral Saat Pandemi!

Saat berita ini diterbitkan masyarakat seluruh dunia sedang mengalami sebuah pandemi, yaitu Covid – 19 Corona. Himbauan untuk melakukan segala aktivitas termasuk sekolah, dan bekerja selama pandemi Covid – 19 Corona berlangsung adalah untuk dilakukan dirumah. Hal ini yang memungkinkan masyarakat pada akhirnya memilih untuk melakukan aktivitas di rumah.

Karena banyak waktu yang dihabiskan di rumah, saat ini semakin banyak hal – hal yang menjadi viral, salah satunya adalah minuman yang diberi nama kopi Dalgona. Kopi yang dibuat dengan cara sangat unik ini menyita perhatian banyak orang yang memang memiliki banyak waktu yang harus dihabiskan di rumah.

Cara pembuatan kopi ini sesungguhnya cukup sederhana, yaitu kopi yang telah dicampur bersama air, di aduk sangat lama hingga akhirnya berubah bentuk menjadi foam, lalu foam tersebut yang nantinya dicampurkan pada susu dan es batu pada gelas.

Tapi, nanti dulu.

Kira – kira apa sih alasan kopi Dalgona viral dan menjadi heboh juga diikuti banyak sekali netizen yang budiman?

Sebelum masuk ke pembahasan seru soal alasan Kopi Dalgona Viral, daftar GRATIS membership Solusi UKM dulu, yuk! Banyak banget super lengkap E-BOOK dan TUTORIAL seputar dunia BISNIS! Klik link: https://solusiukm.com/members/

Baru – baru ini, internet dihebohkan dengan tren baru pada dunia kuliner, tren tersebut diberi nama Dalgona Coffee. Dalgona Coffee atau Kopi Dalgona jika diartkan dalam bahasa Indonesia, pertama kali diciptakan di negara Korea Selatan. Kopi Dalgona ini tercetus karena himbauan masyarakat seluruh dunia untuk menjalankan social distancing atau phisical distancing sehingga mereka akan sellu di rumah saja karena menjangkitnya wabah Covid – 19 Corona.

Alasan Kopi Dalgona sendiri viral pun berbagai macam. Dalgona sendiri memiliki arti sebuah jajanan manis di Korea Selatan, seperti berbentuk permen atau biasa disebut juga dengan julukan ppopgi. Sehingga beberapa orang di Korea Selatan membuat variasi agar Dalgona menjadi viral, yaitu dengan menambahkan kreatifitas dan menambahkan kopi pada resep Kopi Dalgona tersebut. Dan dalam waktu yang relatif singkat, resep Kopi Dalgona pun menjadi viral dan banyak dibuat ulang oleh netizen internasional, termasuk di Indonesia.

Konsep keseluruhan untuk membuat Kopi Dalgona yang viral tersebut sebenarnya cukup sederhana. Kalian perlu menyiapkan kopi bubuk, gula merah (sesuai selera, jika tidak pakai tidak apa – apa) larutkan dalam sedikit air, dan gula pasir. Yang menantang adalah justru langkah selanjutnya, yaitu mengubah larutan air kopi tersebut menjadi bentuk foam.

Cara yang paling mudah adalah tentunya dengan menggunakan alat bantuan memasak yaitu mixer. Namun, alat mixer tersebut masih tidak umum dimiliki oleh banyak orang sehingga untuk membuat kopi Dalgona yang viral tersebut perlu menggunakan alat manual yaitu sendok atau garpu sehingga diperlukan waktu mengocok yang relatif lama ketimbang menggunakan alat masak mixer.

Alasan – alasan lain Kopi Dalgona viral adalah banyak juga public figure Korea Selatan yang mengikuti tren ini pula. Selain itu juga tidak kalah diikuti dengan public figure dari negara Indonesia seperti Raisa salah satunya. Dikutip melalui kapanlagi.com, Raisa mengirimkan tweet yang mempertanyakan apa Kopi Dalgona tersebut hingga diperbincangkan banyak sekali orang – orang.

Meskipun terlihat seperti hal yang baru saja viral akhir – akhir ini, perlu kalian ketahui bahwa jenis kuliner Kopi Dalgona tersebut sebenarnya sudah menjadi populer sejak tahun 1970. Pada negara Korea Selatan sendiri, jenis kuliner Dalgona merupakan gulali atau berbentuk seperti permen yang telah diberi nama ppopgi . Ppopgi atau Dalgona tersebut mulanya dibuat dan memiliki tekstur seperi spons. Bahan dari permen dalgona adalah campuran gula, minyak kemudian dimasak dan nantinya akan dijadikan salah satu bahan utama dari pembuatan sirup.

Adonan dari sirup gula tersebut yang nantinya akan di proses ulang. Proses ulang tersebut membutuhkan ekstra usaha, yaitu melelehkan kembali dan dicampur kembali dengan bahan masakan lain seperti baking soda . Campuran bahan – bahan tersebut selanjutnya harus terus menerus diaduk tanpa jeda,  sehingga adonan tersebut menjadi sangat mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Teksturnya pun akan berubah menjadi smacam foam, seperti yang telah kita bahas di atas. Setelah semua adonan tersebut matang,  campuran adonan tersebut  beserta bahan lainnya dituang pada sebuah tempat dengan permukaan yang datar. Setelah itu dapat dicetak, dan dapat diberi variasi dengan bentuk – bentuk lucu dan cantik sesuai selera.

Tentunya alasan pada Kopi Dalgona yang viral tersebut menjadi banyak digemari adalah karena usaha yang dibutuhkan untuk berubah pada bentuk foam. Jika tidak memiliki mixer, kalian membutuhkan ekstra tenaga untuk mengocok adonan kopi tersebut. Tentunya, akan bikin pegal, Sobat UKM! Hehehe!

Kalau mau buat, bahannya juga cenderung terjangkau kok Sobat UKM! Bisa beli di supermarket atau minimarket, Kopi Instan serbuk dengan komponen bubuk yang halus (tidak besar – besar) yang memiliki bubuk halus, gula putih dan brown sugar, susu cair (bisa diganti dengan susu kedelai jika memiliki alergi terhadap susu sapi), dan juga es batu sebagai sentuhan terakhir.

Artikel Terkait

Satu-satunya Solusi UKM Agar Selamat Saat Corona

admin

Meski Sering Diremehkan, 5 Disabilitas Ini Berhasil Menjadi Pengusaha Sukses

marsha

7 Pengusaha UKM Sukses di Indonesia yang Bisa jadi Panutan

marsha