Solusiukm
Bisnis

Emangnya Bisnis VAPE Masih Bikin Cuan?

Jika Anda sedikit meluangkan waktu untuk memperhatikan sekeliling, kini semakin banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan rokok konvensional, menjadi rokok elektronik atau biasa disebut dengan vape. Beberapa fakta terkait pengganti rokok konvensional yang menjadikan vape sebagai pilihan karena dinilai lebih ‘aman’ dari sisi kesehatan. Tentu ini salah satu faktor oke untuk bisnis vape, kan?

Sebuah hasil riset jurnal dari kota London Inggris, Annals of Internal Medicine dengan judul “Nicotine, Carcinogen, and Toxin Exposure in Long-Term E-Cigarette and Nicotine Replacement Therapy Users: A Cross-sectional Study” menyebutkan bahwa manfaat kesehatan tersebut terlihat dari menurunnya serapan bahan kimia penyebab kanker pada mantan perokok yang telah sepenuhnya beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik atau vape.

Hasil dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat banyak perbaikan dan perbedaan yang sangat siknifikan terhadap perokok yang beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, bukan?

Sehingga jelas, bahwa para peneliti tersebut membantah tudingan mengenai rokok elektrik yang disebut memiliki level bahaya yang sama, atau bahkan lebih, jika dibandingkan dengan rokok konvensional. Tentunya, meskipun seseorang telah mengonsumsi vape, perbaikan kondisi kesehatannya tidak bisa lebih baik jika mereka masih mengonsumsi rokok konvensional.

Masih Ragu Potensi dari Bisnis Rokok Elektrik?

Hal yang serupa juga dikemukakan oleh ketua dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia, Prof Achmad Syawqie. Beliau mengemukakan bahwa masyarakat diharap untuk tidak asal menyerap informasi yang ada, terutama informasi yang tidak memiliki kejelasan mengenai kredibilitas pembuat sebuah informasi, terutama yang menyebar pada banyak sosial media dan aplikasi chat. Ia justru menghimbau masyarakat untuk secara aktif mencari informasi akurat yang berasal dari sumber-sumber terpercaya, yang memang telah melalui riset jurnal yang resmi.

“Selama ini pemberitaan di media sering kali menyudutkan rokok elektrik tanpa dukungan penelitian ilmiah, semoga saja dengan dipublikasikannya hasil penelitian ini masyarakat dapat memaksimalkan manfaat rokok elektrik,” tegas Achmad Syawqie ketua dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia.

Rokok elektrik yang kini menjadi tren pun semakin memperkuat eksistensinya di kalangan masyarakat. Banyak penggemar sekaligus pengguna rokok vapor tersebut berkumpul secara intens, lalu membentuk komunitas-komunitas khusus rokok elektrik.

Pandangan-pandangan seperti menggunakan vapor yang dianggap lebih ‘sehat’ dan ‘keren’ dibandingkan rokok konvensional semakin memicu ramainya penggunaan rokok elektrik tersebut. Perkumpulan orang yang memiliki minat yang sama terhadap vapor tersebut yang pada akhirnya membentuk komunitas pecinta vapor. Selain sebagai ajang berkumpul, komunitas-komunitas vapor pun banyak berkontribusi terhadap aksi sosial masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas Vapor yang berasal dari Parepare, Sidrap dan Pinrang, Ajatappareng, yang berkontribusi mengedukasi masyarakat tentang penyalahgunaan narkoba pada Liquid Vapor dan Vapor. “Kami mendukung penuh dinas kepolisian dan BNN untuk memberantas peredaran narkoba di lingkungan pengguna Vapor atau rokok eletrik yang disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas salah satu anggota komunitas Vapor tersebut, Tasming Hamid.

Contoh di atas merupakan sedikit dari kehebohan aktivitas para pecinta Vapor Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa kalangan pecinta Vapor memiliki pasar yang kuat, dan terlihat dari aktifnya mereka pada komunitas dan acara-acara Vapor. Sebagai pelaku bisnis, tentunya fenomena ini merupakan sebuah peluang emas berbisnis, bukan?

Nah, dengan begini, jelas banget, kan fungsi dari segi kesehatan perpindahan rokok konvensional menjadi rokok elektrik? Terlebih setelah masyarakat teredukasi mengenai informasi tersebut pun, peluang bisnis rokok elektrik atau Vape akan semakin terbuka lebar. Jadi semakin banyak referensi Anda dalam berbisnis, bukan?

Kami tim Solusi UKM sebagai penyaji informasi – informasi, dan juga ilmu paling lengkap perihal bisnis terutama pada tingkat UKM / UMKM Indonesia selalu berkomitmen untuk menyajikan segala hal yang bisa membantu bisnis kalian pelaku bisnis dapat berkembang, maju, dan selalu up to date.

Maka dari itu, untuk semakin menambah pengetahuan kalian soal dunia bisnis UKM Indonesia, Solusi UKM menyajikan banyak sekali E – BOOK yang dapat dibaca bahkan diunduh secara GRATIS alias cuma – cuma, khusus untuk kalian pada Sobat UKM Indonesia.

Kapan lagi, kan, dapet E – BOOK gratis? Caranya gampang banget, ngga ribet! Tinggal langsung klik di sini, atau langsung klik banner di bawah, ya! (Sssst, E – BOOK – E – BOOK yang kita punya super lengkap soal bisnis UKM dari A sampai Z, lho! Yuk, buruan!)

Artikel Terkait

Yuk Coba Enjoy! Ini Kelebihan Work from Home

marsha

Sudah Maksimalkan Fitur Facebook untuk UKM?

admin

BLT Khusus UMKM Bakal Diperpanjang. Cek Persyaratan Lengkapnya di Sini:

marsha