a

Dipecat Karena Pandemi? Ini Tips Olah Pesangon Jadi Bisnis Modal Kecil!

Situasi buruk berupa pandemi Covid – 19 Corona yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia, mengakibatkan banyak sekali pendapatan dari masyarakat menjadi goyah dan terganggu. Dengan terganggunya ekonomi dunia, termasuk Indonesia, banyak sekali pada akhirnya perusahaan – perusahaan besar, menengah, dan kecil, yang pada akhirnya merumahkan beberapa pegawai – pegawainya, atau biasa juga disebut dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Karena Corona memang sangat memberikan dampak buruk bagi ekonomi masyarakat, sehingga sebagai korban – korbannya perlu memutar otak lebih tinggi agar tetap bisa selamat dan juga bertahan hidup.

Salah satu cara untuk bertahan hidup dalam situasi Covid – 19 Corona ini adalah dengan membuka bisnis sebagai strategi untuk bertahan hidup. Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK karena Corona tentu kami yakin bukan ujian yang mudah, namun bukan hal yang mustahil juga untuk dilewati.

Namun, pada situasi sulit seperti saat ini, tentu saja kalian tidak bisa sembarangan membuka sebuah bisnis karena pergeseran kebutuhan oleh konsumen terlihat drastis sekali. Oleh karena itu, berikut Tim Solusi UKM jabarkan tips dan trik bisnis agar kalian bisa membuka bisnis terutama setelah PHK karena Corona:

  • Menjadi reseller

Opsi yang paling awal jika kalian terkena Pemutususan Hubungan Kerja atau PHK karena Corona, adalah dengan menciptakan bisnis sebagai reseller. Dengan membuka bisnis sebagai reseller, uang atau modal awal yang digunakan sangat minim, atau bahkan bisa tanpa modal sama sekali lho. Hal ini perlu menjadi poin yang sangat penting saat kalian terkena PHK karena Corona dan mendapatkan uang pesangon. Tentunya, dengan mengeluarkan modal seminim mungkin atau bahkan tidak perlu menguluarkan modal uang sama sekali, kalian bisa lebih berhemat uang pesangon yang kalian miliki di masa sulit seperti pandemi saat ini.

Dengan menjadi reseller pada era digital seperti saat ini, sebenarnya sangat banyak dan terbuka akses yang bisa kalian maksimalkan. Kalian perlu gesit dalam melihat potensi – potensi, terlebih setelah mendapat PHK karena Corona ini. Jenis produk yang bsia kalian maksimalkan untuk dijual dengan konsep reseller, adalah menghubungi penjual yang memiliki produk bagus dan harga yang murah. Kalian bisa memberitahu penjual tersebut niat kalian menjadi reseller dari produk mereka karena mendapat PHK karena Corona. Buat hubungan yang baik agar kalian dipermudah dalam mengambil barang dari penjual tersebut.

Kalian bisa meminta foto – foto produk yang penjual tersebut jual. Pilih foto – foto yang memang berkualitas HD sehingga meyakinkan untuk ditawarkan ke calon konsumen kalian. Pilih juga foto dengan estetika menarik, lalu kalian bisa tempelkan nomer telfon kalian atau kontak sosial media yang bisa dihubungi agar memudahkan calon konsumen untuk bertanya dan bertransaksi. Dengan menjalankan bisnis reseller yang mudah ini, kalian tidak perlu lagi takut PHK karena Corona, bukan?

  • Hindari membuka bisnis dengan modal besar dan harus membeli barang dengan nominal tinggi

Perihal ini yang perlu diingat agar kalian benar – benar bisa bertahan sesudah PHK karena Corona. Kalian wajib menghindari atau memilih jenis – jenis bisnis yang membutuhkan modal tinggi. Hal ini disebabkan karena situasi yang maish tidak menentu, tanpa ada yang mengetahui sampai kapan pandemi virus Covid – 19 Corona ini akan melanda, maka dari itu, penting untuk berhemat dan mengencangkan ikat pinggang ekonomi pribadi. Terlebih tidak semua bisnis mudah laku dan disukai oleh masyrakat pada situasi pandemi seperti sekarang.

  • Manfaatkan koneksi yang kalian punya untuk berjualan

Trik ketiga untuk berjualan atau membuka usaha setelah mendapat PHK karena Corona, adalah dengan memaksimalkan koneksi yang dimiliki. Tidak ada salahnya menghubungi teman – teman atau kenalan yang kalian miliki terutama setelah mendapat PHK karena Corona. Tawarkan bisnis kalian dan jika memungkinkan, minta tolong mereka untuk membantu promosi bisnis yang kalian baru dirikan karena mendapat PHK karena Corona tersebut di teman – teman mereka juga. Jika kalian berusaha dengan geriliya dan baik hati, tentu usaha kalian cepat atau lambat akan segera membuahkan hasil. Triknya adalah tidak dengan memaksa, namun menawarkan ya, Sobat UKM. Jadi jangan sampai juga terkesan mengganggu.

  • Upload bisnis kalian secara terus – menerus pada sosial media dan WhatsApp Status

Nah, ini hal yang perlu diingat dengan baik ya, Sobat UKM. PHK karena Corona tentunya membutuhkan kegigihan untuk meraih posisi yang lebih baik dalam sektor ekonomi. Kalian sangat perlu untuk disiplin mengunggah atau upload materi – materi promosi yang dimiliki oleh bisnis kalian, ya. Jangan lupa berikan deskripsi yang menarik, dan yang paling penting adalah upload foto – foto yang berkualitas sangat baik, dan juga menarik dalam segi estetika zaman sekarang. Jika memungkinkan, rekam video produk – produk kalian, namun dengan durasi singkat. Meksipun calon konsumen awalnya tidak tertarik, tidak menutup kemungkinan jika mereka melihat unggahan produk kalian berulang kali pada bisnis kalian, mereka bisa memiliki kemungkinan untuk berubah pikiran dan akhirnya membeli produk dari bisnis kalian. Semangat, ya! Untuk tahu tips dan trik untuk bisnis UKM bisa bertahan di saat krisis pandemi,

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Ini Daftar Usaha Modal 1 Juta di Masa Pandemi - Solusiukm
July 15, 2020 21:16

[…] mengerjakan usaha modal 1 juta, kalian bsia langsung memulainya tanpa perlu terlalu rumit terutama pada masa pandemi Covid – […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x