a

Hati-Hati! 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Pengeluaran Bisnis Membengkak

Pengelolaan finansial bisnis memang penting untuk menjamin kelangsungan bisnis tersebut. Terutama jika jumlah modal bisnis Anda cukup terbatas. Jika Anda keliru mengelola kondisi finansial bisnis, kemungkinan besar pengeluaran akan membengkak dan mengakibatkan kerugian.

Mungkin Anda tidak pernah mengira bahwa lima hal sepele ini bisa menyebabkan pengeluaran bisnis Anda membengkak. Faktanya, Anda memang harus lebih waspada dan cermat mengelola kondisi finansial bisnis mulai sekarang. Jangan sampai lima hal berikut ini malah menghambat kemajuan bisnis Anda:

Pengelolaan Keuangan yang Tidak Sistematis

Pengelolaan keuangan bisnis harus dilakukan secara transparan dan sistematis sejak bisnis baru dirintis. Sehingga bisnis tersebut sudah memiliki pondasi keuangan yang kuat ketika berkembang menjadi lebih besar. Setiap hal mengenai pendapatan dan pengeluaran bisnis harus dilaporkan secara rapi.

Sebenarnya masalah pengelolaan keuangan tersebut tak akan membebani bisnis Anda kalau Anda sudah menggunakan aplikasi pembukuan Accurate Online. Anda hanya tinggal melakukan tujuh langkah mudah untuk memasukkan data perusahaan software tersebut. Accurate Online merupakan software akuntansi berkualitas yang memiliki sistem keamanan bertingkat. Proses pengoperasiannya sangat praktis dan mampu mendukung penyusunan laporan keuangan secara lengkap. Dan akan memudahkan Anda dalam mengelola laporan pajak usaha.

Jumlah Pekerja Terlalu Banyak

Jika selama ini Anda merasa bahwa bisnis Anda tidak mencapai target, coba Anda ingat-ingat lagi jumlah pekerja Anda. Mungkin Anda mempekerjakan terlalu banyak orang sehingga Anda harus mengeluarkan fixed cost besar untuk gaji pekerja. Padahal, belum tentu bisnis Anda benar-benar membutuhkan pekerja dengan jumlah yang banyak. Tak ada salahnya jika Anda berusaha meminimalkan jumlah pekerja agar fixed cost per bulan turut berkurang.

Bahan Baku Terlalu Mahal

Bahan baku yang terlalu mahal pasti turut membuat pengeluaran bisnis membengkak. Lebih parahnya lagi, harga bahan baku yang mahal juga berisiko membuat Anda menaikkan harga produk. Sebaiknya Anda teliti mencari supplier yang mampu menyediakan bahan baku dengan harga terbaik. Pastikan bahwa harga bahan baku yang terjangkau tetap sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. Menghemat biaya pembelian bahan baku berarti turut meminimalkan pengeluaran bisnis.

Menyimpan Banyak Bahan Baku

Menyimpan bahan baku dengan kuantitas berlebihan juga dapat menyebabkan pengeluaran bisnis membengkak. Apalagi jika perputaran produksi tidak seimbang dengan persediaan bahan baku. Bukan mustahil jika bahan baku rentan rusak dan kualitasnya menurun karena disimpan terlalu lama. Sebaiknya Anda lebih cermat memperkirakan jumlah bahan baku yang harus disiapkan. Agar modal bisnis Anda bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting dibandingkan bahan baku.

Biaya Promosi Terlampau Besar

Sistem promosi konvensional yang melibatkan media cetak dan media elektronik memang membutuhkan biaya besar. Bahkan, jumlah budget promosi tersebut bisa melampaui biaya lainnya dalam suatu bisnis. Sebenarnya, biaya promosi yang berlebihan bisa diminimalkan dengan memanfaatkan sistem digital marketing. Karena budget untuk digital marketing tentu tidak lebih besar dibandingkan budget promosi secara konvensional.

Meskipun menyiapkan budget terbatas, efektivitas digital marketing ternyata tak kalah dengan sistem promosi konvensional. Bisnis Anda berkesempatan dikenal para pengguna internet bila Anda gencar menggunakan strategi digital marketing.

Banyak bisnis yang berujung gulung tikar karena tidak mampu mengelola pendapatan dan pengeluaran secara efektif. Anda pasti tak ingin kan hal tersebut terjadi pada bisnis Anda?

Jadi, hindari lima hal tersebut mulai sekarang. Agar proses bisnis Anda berjalan lebih efisien dan menghasilkan keuntungan maksimal.

Share With:
Rate This Article