a

Hati-Hati dengan Ad Fraud! 6 Ad Fraud yang Berbahaya Bagi Bisnis

Anda pernah dengar tentang ad fraud?

Ad fraud semakin marak terjadi seiring dengan berkembangnya teknik iklan melalui internet. Para pengguna Google Adsense biasanya tidak asing dengan istilah tersebut. Ad fraud dapat didefinisikan sebagai tindak penipuan digital ketika para pebisnis membayar iklan yang sebenarnya tidak berharga. Iklan tersebut tidak mendatangkan benefit bagi pebisnis yang memasangnya.

Sebagai pebisnis Anda harus berhati-hati dengan hal ini. Apa lagi jika Ad Fraud dilakukan oleh pihak ketiga untuk memanipulasi hasil iklan yang mereka pasang. Anda harus mengetahui apa saja jenis Ad Fraud yang sering terjadi.

Beberapa jenis ad fraud yang sering terjadi di ranah internet antara lain:

Jenis-Jenis Ad Fraud yang harus diketahui Pebisnis

Trafik Bot

Trafik bot adalah tindakan memanipulasi kunjungan ke suatu halaman website. Sehingga seolah-olah website tersebut dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Padahal, kunjungan tersebut hanyalah rekayasa dengan menggunakan trik digital tertentu.

Bisnis yang membayar iklan untuk mendapatkan trafik dalam jumlah banyak tentu akan merugi bila menjadi korban trafik bot. Karena hasil yang didapat sebenarnya tidak sebanding dengan biaya iklan yang dikeluarkan.

Ketika Anda memakai pihak ketiga dalam memasang iklan di Google, Anda harus memiliki ilmu yang cukup dalam memahami iklan sehingga menghasilkan traffic organic dari iklan bukan traffic hasil Ad Fraud.

Click Fraud

Jenis penipuan yang satu ini juga sering dijumpai di dunia maya. Modusnya memang masih serupa dengan trafik bot. Penipu yang berkedok sebagai publisher iklan akan memasang sistem khusus supaya website terlihat di-klik oleh banyak pengunjung. Sayangnya, jumlah klik yang meningkat pesat tersebut tidak akan berbanding lurus dengan pencapaian konversi penjualan.

Mengecoh melalui Domain

Domain merupakan alamat spesifik bagi setiap website yang ada di internet. Satu huruf yang berbeda akan menghasilkan domain yang berbeda. Sayangnya, masih banyak pengiklan yang tidak teliti ketika bekerja sama dengan publisher. Sehingga publisher malah menempatkan iklan pada domain website yang sama sekali tidak populer. Misalnya, domain Google tentu berbeda dengan domain Gooogle atau Goggle. Para pengiklan harus jeli mencermati perjanjian kerja sama dengan para publisher. Agar tidak mengalami kerugian akibat pengecohan domain.

Menumpuk Iklan di Spot yang Sama

Para publisher iklan yang nakal sering kali tidak peduli dengan efektivitas iklan yang dipasangnya. Sehingga tak sedikit yang berupaya menumpuk iklan pada spot yang sama di suatu website. Tujuannya tentu saja agar peluang klik pada beberapa iklan tersebut jadi semakin besar.

Sayangnya, hal tersebut malah berisiko membuat pengunjung website malas berkunjung. Apalagi bila letak iklannya sangat menghalangi akses menuju konten utama dalam website tersebut.

Mengisi Cookie

Jenis ad fraud yang satu ini pernah menjadi tren beberapa tahun lalu. Oknum publisher akan menanamkan cookie secara otomatis pada browser pengunjung setelah pengunjung tersebut mengakses website tertentu. Selanjutnya, sang publisher akan memperoleh keuntungan bila pengunjung tersebut membuka website e-commerce dan melakukan transaksi pembelian.

Mengisi Pixel Tunggal

Jumlah iklan berlebihan pada suatu website akan membuat para pengunjung malas mengakses website tersebut. Namun, para publisher nakal sering mengakalinya dengan memasukkan iklan pada pixel tunggal di website. Hasilnya, peluang mendapatkan klik akan jauh lebih besar meskipun pengunjung website tidak dapat melihat tampilan iklan tersebut.

Fenomena ad fraud yang kian marak memang membuat Anda harus lebih cermat saat hendak beriklan. Supaya budget pemasaran bisnis Anda tak terbuang percuma akibat tindakan penipuan tersebut. Jangan lupa pula mencatat budget pemasaran sebagai bagian dari biaya operasional bisnis Anda. Sekarang, proses pencatatan budget bisnis semakin praktis sejak ada Accurate Online.

Software laporan keuangan berbahasa Indonesia tersebut dioperasikan dengan sistem cloud yang efektif melindungi data-data Anda. Accurate Online punya berbagai fitur fungsional yang bebas diaktifkan sesuai kebutuhan. Tak hanya mengurus keuangan bisnis secara internal, pembayaran pajak dan transaksi keuangan lainnya juga bisa diselesaikan secara mudah.

Pengelolaan keuangan yang sistematis adalah kunci efektif untuk meminimalkan penyelewengan dana bisnis. Yuk, gunakan Accurate Online demi mendukung efisiensi biaya dalam bisnis Anda.

Share With:
Rate This Article