Solusiukm
Bisnis

Heboh ‘New Normal’? Cek Penjelasan Paling Lengkapnya di Sini:

Virus Covid – 19 Corona jelas memberikan efek yang sangat besar bagi rutinitas masyarakat di berbagai negara, termasuk negara kita Indonesia. Banyak sekali kebiasaan – kebiasaan normal yang dilakukan seperti biasa dulu, sekarang menjadi tidak kondusif untuk dilakukan. Untuk mencegah penularanan dari virus pandemi Covid – 19 Corona tersebut, pemerintah seluruh dunia memberlakukan peraturan yang dinamakan social distancing. Social distancing sendiri memiliki arti untuk memberi jarak pada setiap individu saat berinteraksi ataupun tidak, di lingkungan luar. Social distancing juga sering kali disebut dengan istilah lain, seperti physical distancing. Pemberian istilah – istilah tersebut ditentukan untuk menjaga agar masing – masing individu tidak saling tertular oleh virus yang cepat sekali penularannya tersebut.

Peraturan – peraturan lain yang ditetapkan oleh WHO atau World Health Organization adalah untuk memberlakukan sistem lockdown pada negara – negara yang memiliki angka positif masyarakat yang terkena virus Covid – 19 Corona. Untuk Indonesia sendiri belum sampai memberlakukan sistem lockdown tersebut yang sangat ketat bahkan untuk keluar rumah diperlukan izin urgensi yang serius. Negara Indonesia memberlakukan sistem PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Sistem ini meniru peraturan internasional sistem lockdown, namun dengan modifikasi dan penyesuaian yang akan cocok jika diterapkan pada masyarakat Indonesia. Maka dari itu, dengan semua peraturan – peraturan tersebut, saat ini (28 / 05 / 2020) pemerintah kembali memberikan sebuah strategi bernama new normal’

Apa itu ‘New Normal‘?

Pemerintah saat ini (28/ 05/ 2020) sangat giat menggaungkan konsep hidup new normal’.Bahkan, tidak hanya pemerintah Indonesia saja yang menggaungkan istilah new normal tersebut, namun juga pemerintah Singapore, dan negara – negara lainnya secara internasional atau global. Hal ini membuat arti ‘new normal’ menjadi tidak asing, bukan?

Arti new normal dalam bahasa Indonesia memiliki definisi yang tersendiri. Arti dari new normal sendiri dalam bahasa Indonesia adalah kenormalan baru yang berasal dari sebuah pola adaptasi gaya kehidupan baru, terutama saat masa pandemi virus Covid – 19 Corona.

Masyarakat Indonesia sangat perlu melakukan penyesuaian secara disiplin dan taat yang tinggi pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini. Tentunya kita perlu memahami arti dari new normal ini, bukan? New normal ini juga berarti tidak pernah lupa menggunakan masker untuk menutup wajah saat berencana keluar rumah, dan melakukan kegiatan di luar rumah. Selain menggunakan masker wajah dengan disiplin dan teratur, new normal juga berarti untuk mencuci tangan sesering mungkin agar tangan terbebas dari virus – virus mematikan dari Covid – 19 Corona.

Arti new normal tersebut perlu benar – benar dipahami oleh masyarakat, dan juga dipraktekkan agar kehidupan tetap bisa berjalan dengan lancar, dan sekaligus bisa terhindar dari penyakit virus tersebut. Pemerintah sendiri telah menyiapkan secara jelas apa saja yang dibutuhkan dalam menjalani arti hidup new normal ini.

Penjelasan jelas dari Menteri Kesehatan, yang bernama Terawan Agus Putranto mengenai new normal yang berarti perlu disimak dengan teliti. Pemerintah melalui Menteri Kesehatan, sudah merancang sistem atau protokol – protokol kesehatan. Protokol – protokol kesehatan ini sangat erat hubungannya dengan arti new normal yang akan dijalani oleh masyarakat Indonesia.

Peraturan tertulis yang membahas dengan jelas mengenai bagaimana cara new normal tersebut wajib ditaati. Itu artinya, masyarakat Indonesia tanpa terkeceuali tidak boleh mengabaikan. Arti new normal tersebut terkait tertulis lewat Surat Edaran nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 yang berisi mengenai pencegahan penularan  dari virus Covid – 19 Corona, terutama pada tempat kerja sektor usaha dan juga perdagangan yang berjalan selama masa pandemi berlangsung. Terdengar rumit ya, Sobat UKM! Tapi ngga papa, demi sehat aman berjalan lancar!

Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan menjelaskan new normal memiliki arti bahwa pemerintah perlu menciptakan peraturan dengan tegas agar penularan dari virus Covid – 19 Corona tersebut dapat semakin dicegah dan diperkecil penyebarannya. Maka dari itu, pemerintah perlu melakukan pengaturan – pengaturan yang bisa sekaligus mengawasi tempat – tempat kerja, pelaku usaha, pekerja bisnis – bisnis, konsumen yang memberli produk atau jasa tersebut, danjuga masyarakat umum yang memang akan terlibat pada sektor jasa dan bisnis.

New normal tidak ada arti jika masyarakat tidak bersama – sama taat akan pearturan – peraturan kebersihan yang telah diberikan standart dari World Health Organization atau biasa juga disingkat dengan sebutan WHO.  Hal ini wajib diatur karena sangat banyak tempat – tempat usaha yang memang masuk pada ranah ruang umum publik sehingga tempat perkumpulannya sangat banyak kemungkinan berinteraksi secara fisik dengan orang banyak.

Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu perlu semakin mengerti dengan apa saja yang dibutuhkan untuk ikut serta dengan new normal ini, ya! Memang meskipun rumit dan bikin pusing, tapi kita semua perlu taat agar bencana secara global ini dapat reda dan kita berdoa agar vaksin segera ditemukan untuk menyembuuhkan virus Covid – 19 Corona ini.

Artikel Terkait

Haram Bagi UKM Jika Belum Merambah Digital

admin

Dipecat Karena Pandemi? Ini Tips Olah Pesangon Jadi Bisnis Modal Kecil!

marsha

Sinar Mas Mau Buka Pabrik Masker Karena Covid-19 Corona, lho!

marsha