a

Ingat, 7 Pertimbangan Bagaimana Memilih Software Akuntansi

Keberadaan software akuntansi cukup membantu perusahaan dan pengusaha dalam membuat jurnal dan juga menyusun pembukuan keuangan. Sejak awal 2000an cukup banyak pengembang software akuntansi yang menyediakan berbagai fitur menarik bagi perusahaan-perusahaan. Lalu sebagai pengusaha bagaimana memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda.

Jangan sampai, setelah Anda membeli sebuah software accounting malah membuat Anda menyesal. Padahal biaya pembelian sudah cukup besar, namun software tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda. Sebelum Anda menyesal, maka Anda harus melakukan survei, bertanya dengan rekan-rekan pengusaha lain, dan juga mencoba satu per satu software yang Anda inginkan. Pilihlah software yang menyediakan versi demo agar Anda bisa mencobanya.

Karena keberadaan software akan memudahkan jalannya bisnis Anda. Serta pencatatan keuangan yang ada pada bisnis Anda bisa diatasi dengan baik tanpa memusingkan Anda lagi sebagai pemilik usaha. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika ingin membeli software akuntansi.

Bagaimana Memilih Software Akuntansi Untuk Perusahaan dan Bisnis

Tentukan Kebutuhan Bisnis Anda

Sebelum membeli software akuntansi, maka disarankan untuk menentukan kebutuhan pada perusahaan Anda. Tentunya kebutuhan antara perusahaan dengan skala bisnis besar, menengah atau kecil berbeda. Serta fitur yang dibutuhkan pun berbeda untuk setiap bidang bisnis yang Anda jalankan.

Pilihlah software berdasarkan kebutuhan keuangan dan manajemen perusahaan Anda. Bagaimana proses dan penerapan sistem akuntansi di perusahaan Anda, menjadi salah satu aspek penting dalam menentukan ingin membeli software akuntansi yang seperti apa.

Kebutuhan sangatlah penting, agar fitur yang terdapat dalam software tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Terlepas itu, jenis usaha yang Anda jalankan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih software akuntansi. Tentunya belilah software akuntansi yang benar-benar bisa di customize sesuai dengan perusahaan atau bisnis anda, sehingga dapat disesuaikan dengan bisnis yang Anda miliki.

Berapa Harga Software?

Bagaimana memilih software akuntansi untuk bisnis? Setelah menentukan kebutuhan bisnis pada software akuntansi. Maka kini saatnya Anda menentukan harga yang sesuai dengan budget perusahaan atau usaha Anda dalam menentukan software yang ingin Anda gunakan.

Jangan pilih software yang terlalu murah dan tidak perlu memilih yang sangat mahal. Karena, software akuntansi yang murah umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap. Berbeda dengan software yang cukup mahal, umumnya fiturnya cukup lengkap.

Tetapi software yang cukup mahal, umumnya digunakan untuk perusahaan-perusahaan skala besar dan jumlah transaksi yang terjadi pada perusahaan pun sudah cukup banyak. Sehingga sangat tepat untuk memilih software yang sesuai budget dan juga fitur yang dipakai sesuai pada kebutuhan bisnis anda.

Bagaimana Sistem Keamanan Pada Software Tersebut

Ketika Anda menggunakan software akuntansi, maka salah satu pertimbangan yang harus benar-benar dipikirkan adalah sistem keamanan pada software tersebut. Ini penting, karena data keuangan perusahaan Anda akan tersimpan pada software tersebut. Terlebih jika software yang Anda gunakan tidak memiliki sistem keamanan yang baik, maka tak perlu Anda menggunakannya. Tidak perlu lagi Anda memilih software akuntansi tersebut untuk Anda pakai apa lagi membelinya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kehilangan data perusahaan. Terlebih jika Anda memilih software akuntansi dengan sistem online. Bagaimana tingkat keamanan yang diberikan oleh software terhadap data-data perusahaan Anda.

Salah satu software akuntansi yang memiliki tingkat keamanan setara dengan data keuangan bank adalah Accurate software. Saat ini Accurate sudah mengepakan sayapnya dengan versi online dengan penyimpanan menggunakan cloud.

Meskipun dengan sistem online, sistem keamanan dari Accurate akan bisa terjaga. Bahkan Accurate bisa diletakan pada server milik perusahaan. Sehingga perusahaan dan bisnis Anda tidak memerlukan server lain untuk menggunakan Accurate, serta keamanannya pun bisa terjaga dengan baik.

Pikirkan Layanan After Sales

Layanan after sales pun harus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih software akuntansi yang ingin Anda gunakan. Bagaimana memilih software akuntansi yang memiliki layanan after sales yang fast respon?

Anda harus mencari tahu bagaimana layanan after sales yang diberikan oleh pihak software. Karena ketika Anda sedang menggunakan software tersebut, mungkin saat sibuk-sibuknya tiba-tiba software Anda mengalami gangguan. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software.

Teknologi yang Selalu Update

Anda harus bisa memilih software akuntansi yang memiliki layanan selalu update dengan mengikuti perkembangan kemajuan bidang akuntansi. Jangan sampai Anda hanya memilih software akuntansi yang hanya mengikuti perkembangan ilmu teknologi yang terjadi saat ini saja.

Mudah Digunakan

Hal ini cukup penting, bagaimana jika Anda bukanlah pengusaha yang berlatar belakang akuntansi. Anda pemilik UKM, namun Anda tidak begitu paham mengenai akuntansi. Maka hal ini sangat penting dalam menentukan bagaimana memilih software akuntansi yang tepat dan mudah digunakan oleh Anda.

Bisa Digunakan Untuk Transaksi Perpajakan

Tentunya Anda tidak ingin kan software akuntansi yang Anda gunakan hanya bisa dipakai untuk membuat jurnal dan pembukuan keuangan saja bukan? Bagaimana memilih software akuntansi untuk usaha Anda, maka pilihlah yang bisa digunakan untuk menghitung PPn, PPh, dan mencetak faktur pajak. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda.

Software yang paling tepat untuk menyusun transaksi perpajakan adalah dengan Accurate software. Anda bisa menyusun e-faktur dalam software Accurate. Bahkan laporan perpajakan Anda sudah pasti diterima kantor pajak saat Anda menggunakan Accurate dalam penyusunan.

Share With:
Rate This Article