a

Ingin Bisnis Semakin Laris? Bikin Saja Kemasan Produk yang Unik

Banyak hal yang harus menjadi bahan pertimbangan ketika ingin memulai sebuah bisnis. Jika bisnis yang akan digeluti adalah memproduksi produk, Anda harus memperhatikan kemasan dari produk yang akan dipasarkan. Meskipun terlihat sepele, namun sebenarnya kemasan produk yang unik akan memegang peranan penting dalam kelancaran bisnis.

Baca Juga : 9-alasan-mengapa-malas-berbisnis-vs-3-alasan-mengapa-harus-berbisnis-saat-ini-juga

Membuat kemasan produk adalah kewajiban pemilik produk untuk menambah daya tarik bagi konsumen. Untuk mendukung pemasaran, Anda bisa membuat suatu kemasan produk yang unik dan tentunya berbeda dari yang lain, agar mudah dikenali oleh para konsumen. Bicara soal kemasan produk yang unik, berikut ada 6 tips yang harus Anda simak:

Gunakan Desain yang Simpel

Dalam membuat kemasan produk, desain adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Jangan membuat desain yang terlalu rumit, karena hal itu justru akan membingungkan para calon konsumen. Buatlah desain yang simpel atau sederhana, namun masih memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan produk kompetitor.

Gunakan Warna yang Berbeda dan Cerah

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk yang unik adalah warna. Sebelum memulai tips yang kedua ini, ada baiknya Anda melakukan riset ke beberapa kemasan produk kompetitor.

Dengan demikian, Anda bisa menentukan warna yang berbeda demi menunjang tampilan dari kemasan produk Anda. Pada umumnya, warna cerah adalah pilihan yang pas untuk kemasan produk. Karena dengan demikian, maka kemasan dari produk Anda akan mudah terlihat saat dipajang dalam sebuah etalase atau pun di rak toko.

Gunakan Gambar yang Menarik

Penggunaan gambar yang menarik juga bisa menunjang penampilan dari kemasan produk Anda, terlebih orang Indonesia mudah menerima suatu hal dalam bentuk verbal. Gambar yang digunakan tidak selalu berkaitan dengan produk yang Anda pasarkan. Karena Anda juga bisa menggunakan gambar karikatur atau pun  gambar-gambar unik lainnya demi bisa menarik minat calon konsumen.

Beri Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah

Ini menjadi hal terpenting yang harus dicantumkan pada kemasan produk. Karena dengan adanya data legalitas dari lembaga pemerintah, produk Anda akan lebih terpercaya dan terjamin kesehatannya. Anda pun bisa menguji produk anda terlebih dahulu, sebelum mencantumkan data legalitas dari Dinas Kesehatan, BPOM, atau pun sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Tambahkan Informasi Menarik dengan Font yang Unik

Selanjutnya Anda bisa menambahkan informasi menarik di kemasan produk unik yang Anda akan buat. Tulis informasi tersebut dengan singkat, padat, jelas, dan kemudian tulis dengan font yang unik. Font sendiri akan memegang peranan penting, karena dengan font yang unik, konsumen akan lebih tertarik untuk membaca informasi tersebut.

Baca Juga : Pengusaha Wajib Tahu! 3 Tahapan Siklus Akuntansi yang Paling Umum

Gunakan Kemasan dengan Bahan yang Berbeda Namun Terjangkau

Untuk menambah keunikan dari kemasan produk Anda, ada baiknya Anda menggunakan bahan yang berbeda. Akan tetapi bahan tersebut harus aman digunakan dan harganya terjangkau, agar bisa lebih menghemat. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kertas daur ulang untuk kemasan produk. Dengan demikian, produk Anda akan dikenal ramah lingkungan, dan kertas hasil dari daur ulang akan memiliki tekstur yang berbeda. Meskipun terlihat remeh, namun hal itu bisa menjadi sisi unik dari kemasan produk Anda.

Bagaimana, sudah memiliki gambaran untuk kemasan produk Anda? Intinya buatlah kemasan produk yang aman, nyaman, unik, dan menarik untuk menambah daya tarik konsumen terhadap produk Anda.

Jangan Lupa Pembukuan

Selain produk yang unik, sebagai pengusaha Anda jangan sampai melupakan pembukuan. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi usaha Anda, melihat jumlah stok di gudang, dan melihat laporan keuangan bulanan.

Saat ini, Anda bisa dengan mudah melakukan pembukuan dengan Accurate Online. Accurate Online merupakan aplikasi pembukuan yang cocok digunakan oleh UMKM di Indonesia. Dengan fitur lengkap dan harga terjangkau bagi pelaku UMKM yang memiliki perputaran uang yang cukup besar. Selain itu, dengan Accurate Online Anda bisa mudah dalam membuat e-faktur yang bisa langsung Anda upload ke situs Pajak.go.id saat akan melaporkan pajak.

Jadi tunggu apa lagi, sudah saatnya Anda gunakan Accurate Online sebagai teman setia usaha Anda dalam hal pembukuan.

Share With:
Rate This Article