a

Ingin Merintis Bisnis Modal Pas-Pasan? Gak Usah Takut, Ini 8 Langkahnya!

Apakah Anda ingin merencanakan dan memulai bisnis modal pas-pasan dalam waktu dekat ini? Jika iya, segera rencanakan dengan matang. Meskipun bermodal pas-pasan, Anda juga bisa berbisnis sendiri. Sebuah bisnis yang bisa dijadikan usaha sampingan atau utama dalam kehidupan Anda. Meskipun bisnis modal pas-pasan, tetapi Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut.

Tak perlu modal besar untuk memulai sebuah bisnis. Anda semua bisa segera merintis sebuah bisnis modal pas-pasan. Disebut modal pas-pasan atau diartikan uang yang dimiliki untuk memulai bisnis hanya kecil dan terbatas. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai bisnis modal pas-pasan.

Berapa Modal Uang yang Anda Miliki

Anda perlu mengetahui berapa sebenarnya jumlah modal uang yang dimiliki untuk berbisnis. Modal uang tersebut bisa diambil dari simpanan tabungan di bank. Dengan mengetahui berapa modal uang yang dimiliki, Anda bisa melakukan langkah berikut; Sebagai contoh, Anda mempunyai simpanan uang di tabungan sebesar Rp 7 juta. Rencananya, uang sebesar Rp 5 juta diambil untuk modal usaha. Sementara sisanya tetap disimpan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan modal lima juta, bukan berarti Anda tidak bisa memulai usaha loh. Cukup banyak usaha yang bisa Anda lakukan dengan modal Rp 5 juta. Mulai dari menjadi reseller produk, agen pulsa, jasa pengiriman, bisnis kuliner, dan bisnis lainnya. Jadi tak perlu takut meskipun modal Anda pas-pasan.

Bisnis yang tidak Memerlukan Modal Awal Terlalu Besar

Karena bisnis Anda pas-pasan, Anda harus berpikir gimana mendapatkan bisnis dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Jangan terlalu memaksakan untuk menjadikan bisnis modal pas-pasan Anda terlihat wah di awal. Anda harus berpikir secara matang bagaimana agar bisnis Anda bisa terus bertahan meskipun modal yang digunakan tidak terlalu besar tapi bisa mendapatkan market yang bagus.

Pintar-Pintar Alokasi Modal

Karena modal Anda sangat pas-pasan, Anda wajib pintar-pintar dalam mengalokasikan modal awal. Jangan sampai modal awal Anda terpakai sia-sia. Lakukanlah perhitungan yang baik dan benar. Mulai dari modal usaha, modal lokasi, modal membeli produk atau membeli license reseller atau franchise, dan modal untuk pemasaran harus Anda hitung secara matang.

Jangan sampai tidak di hitung secara matang dan baik

Untuk menghitung modal, Anda harus menggunakan aplikasi pembukuan yang terjangkau dan cocok dengan bisnis modal pas-pasan milik Anda. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi pembukuan Accurate Lite.

Accurate Lite akan membantu Anda dalam mencatat segala catatan keuangan usaha Anda untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Apa lagi harganya cukup terjangkau hanya Rp 200 ribu per bulan. Jadi sangat cocok dengan bisnis yang hanya modal pas-pasan, namun memiliki aplikasi pembukuan selayaknya bisnis besar. Kalau Anda mau tahu lebih lanjut tentang Accurate Lite dan ingin menggunakannya untuk bisnis Anda, silahkan cek disini.

Mau Bisnis Apa?

Langkah yang satu ini juga tak kalah pentingnya untuk Anda lakukan saat merintis bisnis modal pas-pasan. Dalam arti, Anda ingin berbisnis di mana dan produk apa yang ingin dijual di pasaran. Tentu saja pemilihannya perlu disesuaikan dengan modal uang yang Anda miliki.

Jadi, tak perlu dipaksakan memilih bisnis yang membutuhkan banyak modal uang untuk memulai dan mengelolanya. Misalnya, Anda yang mempunyai skill atau keahlian membuat website, blog, atau pengelolaan sosial media.

Silakan tawarkan jasa tersebut secara online kepada banyak orang. Anda tak perlu membutuhkan banyak modal uang untuk memulai bisnisnya karena produk yang dijual adalah jasa. Selain itu, Anda tak perlu memiliki tempat usaha, seperti toko, kios, atau sejenisnya karena promosi dan marketing dilakukan secara online.

Berani mengambil risiko dengan keuntungan sedikit

Salah satu resiko dari bisnis modal pas-pasan, yaitu keuntungan yang didapatkan lebih sedikit. Selain itu, perkembangan dan kemajuan bisnis lebih lamban. Kecuali, Anda sebagai pebisnis yang sudah berpengalaman dan tahu betul seluk-beluk serta pernak-pernik bisnis tersebut.

Sebagai pengusaha di era sekarang, risiko harus Anda jalankan dengan sebaik mungkin. Jangan takut dengan berbagai macam risiko yang bisa saja hadir menemui Anda. Untuk bisa sukses risiko tersebut harus Anda hadapi meskipun itu menyulitkan. Jangan takut, dan terus berusaha untuk bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari bisnis.

Mencium Peluang

Ketika Anda berbisnis dengan modal pas-pasan, Anda harus melihat peluang pada bisnis Anda. Jangan sampai Anda mengabaikan peluang ini. Dengan melihat peluang bisnis yang tepat, sudah pasti Anda akan bisa menghasilkan untung yang luar biasa.

Peluang bisa di dapatkan dengan melihat tren apa yang sedang ramai dan sedang hits. Umumnya hal ini bisa dilakukan dengan melihat peluang yang sedang ramai. Anda bisa mengasah ide Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan mencium peluang ini.

Ikhtiar dan Doa

Jangan lupa untuk terus ikhtiar dan berdoa, karena keduanya harus berjalan berdampingan. Terutama bagi pebisnis pemula seperti Anda dengan bermodal uang pas-pasan. Jika dilihat dari presentasenya, berusaha keras tentu lebih dominan untuk dilakukan. Setelah berusaha keras dan cerdas, jangan lupa mengiringi dengan doa menurut kepercayaan Anda masing-masing. Lakukan kedua hal tersebut terus menerus dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Pasti sedikit demi sedikit keuntungan berbisnis yang diinginkan datang. Namun, Anda jangan senang terlalu berlebihan karena bisnis harus terus berjalan dan lebih berkembang di kemudian hari.

Itulah ketujuh langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis modal pas-pasan. Jangan takut, dalam bisnis yang penting niat. Modal uang hanyalah yang nomor kesekian, asalkan ada komitmen dan kemauan, yakinlah kalau bisnis Anda akan sukses.

Share With:
Rate This Article