a

Ingin Tahu Mengelola Bisnis Angkringan agar Selalu Laris? Baca Dulu 6 Tips Berikut

Apakah Anda sudah mengetahui cara mengelola bisnis angkringan agar laris? Terutama Anda yang berniat dalam waktu dekat ini mau berbisnis angkringan sudah seharusnya mengetahui tips dan informasi lengkap dari SolusiUkm.com. Dengan begitu, Anda bisa mengelola bisnis lebih baik dan keuntungan yang tidak sedikit.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis angkringan yang lebih identik dengan kota Yogyakarta memang tak ada matinya. Pasalnya, angkringan sudah menjadi semacam ikon atau identitas tersendiri bagi kota gudeg. Dimana angkringan dapat dikunjungi siapa saja tanpa membedakan suku, agama, status, pekerjaan, dan lain sebagainya. Sementara dilihat dari segi eknomisnya, cukup menggiurkan keuntungan yang diperoleh.

Ternyata, bukan hanya Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya yang banyak warung angkringan. Tempat makan yang populer dengan kesederhanaan tersebut sudah menyebar seantero negeri, terutama di pulau Jawa. Oleh karena itu, sudah tepat jika banyak orang ingin berbisnis angkringan. Untuk mengetahui lebih dekat perihal tips mengelola bisnis angkringan agar laris, silakan membaca sedikit uraian di bawah ini.

Planing atau perencanaan bisnis yang matang

Bukan hanya bisnis angkringan saja, tetapi semua bidang bisnis tanpa terkecuali harus direncanakan secara matang. Dalam arti, Anda sebagai calon pebisnisnya harus mengetahui dan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar membuka serta mengelola bisnis tersebut. Misalnya, konsep dan tema bisnisnya, strategi pemasarannya, lokasi bisnis, dan lain sebagainya. Perencanaan seperti itu silakan Anda terapkan dalam bisnis angkringan.

Menyiapkan budget modal

Modal atau uang untuk memulai berbisnis sangat penting fungsinya. Apalagi, bisnis yang ingin Anda wujudkan adalah jenis usaha offline di dunia nyata, seperti halnya bisnis angkringan. Butuh tempat usaha dan segala pernak-perniknya agar bisa segera memulai bisnis tersebut. Oleh karena itu, persiapkan jauh-jauh hari modal usaha tersebut dengan cara menabung. Meskipun nantinya Anda ingin meminjam uang, usahakan untuk berhutang dengan tingkat resiko yang kecil. Misalnya, berhutang uang kepada orang tua, saudara, atau teman dekat.

Membuat konsep bisnis yang menarik perhatian

Angkringan di Yogyakarta begitu banyak. Mulai dari pinggiran kota, pedesaan, hingga tengah kota. Semuanya mengusung konsep bisnis yang hampir sama dan Anda pun bisa melihatnya secara kasat mata. Anda yang ingin berbisnis angkringan tidak ada salahnya membuat konsep yang berbeda, lebih segar, dan tentu saja bisa menarik perhatian banyak orang agar mau berkunjung ke angkringannya. Silakan melakukan riset bisnis kecil-kecilan untuk bisa menemukan konsep bisnis angkringan dengan kriteria tersebut.

Menjual makanan yang unik sekaligus lezat

Nama sego kucing (nasi kucing) saja sudah terdengar nyeleneh dan aneh. Menu nasi bungkus porsi kecil yang hanya terdiri atas nasi putih, potongan bandeng goreng kecil, serta sambal secukupnya. Anda yang ingin berbisnis angkringan tidak ada salahnya menciptakan menu serupa tapi tak sama. Misalnya, menu nasi kecing tetapi isinya lebih bervariasi dan kekinian. Nama menu tersebut juga dibuat menarik. Tak lupa harga yang tetap bersahabat agar banyak orang membelinya. Satu hal lagi, yaitu faktor rasa harus selalu dijaga kualitasnya agar di lidah tetap enak.

Promosi bisnis angkringan

Promosi dalam berbisnis sangat penting dilakukan. Dengan berpromosi,  bisnis angkringan yang baru saja dirikan bisa dikenal masyarakat luas. Promosi dapat dilakukan secara bertahap serta efektif. Anda bisa memulainya dengan mempromosikan warung angkringan kepada orang-orang di sekitarnya. Selanjutnya, silakan memprosikannya lebih jauh dengan cara offline maupun online. Jangan lupa memanfaatkan jejaring sosial media agar angkringan yang Anda miliki juga dikenal luas di dunia maya.

Jangan Lupa Pakai Aplikasi Accurate Lite

Memiliki bisnis apapun di zaman sekarang mengharuskan Anda memiliki sistem yang baik. Mulai dari sistem manajemen, pemasaran, hingga sistem keuangan pun harus Anda terapkan. Jika Anda merasa lelah jika harus mencatat penjualan secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi Accurate Lite untuk bisnis angkringan. Accurate Lite merupakan aplikasi pembukuan sederhana yang cocok untuk pengusaha kecil.

Dengan aplikasi Accurate Lite, Anda bisa mencatat setiap transaksi, kebutuhan akan bahan baku, hingga membuat laporan keuangan setiap bulannya. Dengan adanya laporan keuangan, Anda bisa memantau sudah sejauh mana perkembangan bisnis angkringan Anda. Sehingga memudahkan Anda melakukan evaluasi bisnis setiap bulannya.

Itulah beberapa tips mengelola bisnis angkringan agar selalu laris. Semoga bermanfaat bagi Anda semua yang memiliki niat untuk membangun bisnis angkringan.

Share With:
Rate This Article