Solusiukm
Bisnis

Ini 3 Kunci Utama Bisnis Selamat dari Pandemi Corona

Photo Source: salestechstar.com

Menjalankan bisnis saat pandemi Corona tentu merupakan sebuah masalah tersendiri. Bisa dikatakan sulit, namun pasti selalu ada jalan keluar. Covid – 19 Corona masuk pada sekitar bulan Maret di Indonesia, dan angka positif pasien juga naik sejak saat itu. Tantangan yang sangat besar datang dari berbagai hal yang diakibatkan dari Covid, terutama pada sektor bisnis di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Pembatasan kegiatan pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini juga sangat diwajibkan dari pemerintah negara – negara internasional, dan juga World Health Organization. Penyebaran dari virus Covid – 19 Corona yang cukup masif ini membuat pemerintah menyuarakan untuk masyarakat mengurangi secvara drastis kegiatan yang ada selain dari luar rumah. Tentunya pembatasan tersebut dilakukan agar memutus penyebaran rantai penularan virus Covid – 19 Corona.

Pergeseran kebutuhan konsumsi yang dialami masyarakat saat pandemi Corona ini berdampak sangat luas pada sektor – sektor bisnis lainnya. Masyarakat yang menjadi konsumen tersebut memiliki perubahan pola konsumsi dan transaksi saat membelanjakan uang mereka. Masyarakat cenderung tidak memperdulikan kebutuhan atau keinginan mereka yang bersifat tamabahan sekunder. Beberapa sektor bisnis yang sebelum pandemi Corona sangat diminati adalah bisnis sektor pariwisata, dan bisnis sektor fesyen. Namun, pandemi Corona membuat dua sektor tersebut menjadi sangat drastis penurunan bahkan sampai gulung tikar. Selain itu, anjloknya banyak sektor bisnis membuat angka pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin melonjak naik.

Membuka bisnis saat pandemi Corona bisa menjadi solusi dari sulitnya uang, meskipun hal tersebut juga gampang – gampang – susah. Untuk itu, simak 3 poin penting untuk bisa bertahan di bisnis saat pandemi Corona yang dirangkum oleh tim Solusi UKM.

Wajib buat situs website atau semua yang berbasis digital (sosial media tentu paling standar)

Bisnis agar bisa bertahan saat pandemi Corona, sesungguhnya adalah merambah ke dunia digital. Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah, dari sekian banyak UKM Indonesia, tidak sampai 10 % yang sudah merambah bisnis pada jalur digital. Tentunya dengan mengacuhkan tren online, akan sangat berbahaya untuk bisnis kalian saat pandemi Corona. Meskipun terlihat menyusahkan, namun membuat website untuk bisnis kalian saat pandemi Corona bisa menjadi salah satu aset dan sekaligus alat untuk bertahan hidup.

Karena kerumitan pembuatan website ini yang mengakibatkan bisnis kalian terlihat serius dikerjakan sehingga membuat konsumen percaya pada bisnis kalian. Terlebih lagi, saat pandemi Corona, kalian perlu mengurangi aktivitas bertemu fisik dengan langsung dengan frekuensi terlalu sering.

Buat jenis website yang mudah digunakan orang umum, bahkan untuk orang yang cenderung gagap teknologi atau biasa disingkat dengan sebutan gaptek. Permudah juga proses pembayaran dan juga pengantaran produk bisnis kalian meskipun saat pandemi Corona.

Posisikan diri kalian sebagai konsumen

Poin yang ini yang sering terlupakan oleh pelaku – pelaku bisnis. Bukan hanya saat pandemi Corona, namun setiap saat. Kalian sering kali lupa memposisikan diri sebagai seorang konsumen, sehingga kalian menjalankan bisnis terkadang sesuai kemauan kalian. Hal ini fatal dilakukan, terutama saat masa pandemi Corona seperti saat ini.

Adaptasi pada berbagai macam aspek bisnis saat pandemi Corona tentu harus dijadikan prioritas nomer satu. Aspek – aspek kecil seperti cara pembayaran, kemasan, atau saat produk yang dikirim ternyata rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan perjanjian di awal. Jangan sampai buat mereka kecewa dengan keputusan bisnis yang kalian pilih. Terutama, jika untung kalian tidak seberapa, namun harus membuat konsumen menjadi malas kembali atau bahkan membicarakan produk bisnis kalian pada kerabat – kerabat mereka.

Jadikan konsumen teman yang dekat secara personal

Jika kalian menganggap konsumen sebagai teman, konsumen tentu akan merasa nyaman untuk melakukan transaksi bisnis kalian. Kenyamanan seperti ini yang perlu kalian harapkan untuk dimiliki pada bisnis kalian, terutama saat pandemi Corona. Kami paham betul, tentu pada saat pandemi Corona seperti ini, banyak sekali bisnis – bisnis baru yang bermunculan. Untuk itu, perlu adanya pembeda bisnis kalian dibanding dengan bisnis – bisnis yang lainnya. Saat kalian sudah memiliki hubungan seperti teman dengan konsumen kalian, akan besar kemungkinan untuk konsumen tersebut kembali pada bisnis kalian.

Lalu, untuk panduan bisnis UKM pada masa pandemi Corona seperti saat ini, kalian bisa langsung mendapatkan E-Book GRATIS dan LENGKAP! Mudah, dan BUKAN SPAM, kok! Ayo selamatkan bisnis kalian! Klik banner di bawah ini, yaaa!

Artikel Terkait

Wow! Bisnis Charge dan Nasi Padang LARIS Pas Banjir!

marsha

Belajar Baca Celah Bisnis dari Gian Pizza yang Terkenal, yuk!

marsha

Bleisure: Ketika Perjalanan Bisnis Bisa Dinikmati Sebagai Rekreasi

Melisa