Solusiukm
Bisnis

Ini 4 Ciri Konsumen Potensial yang Sering Tidak Disadari!

Dalam berbisnis, tentu kita melakukan beberapa strategi. Strategi – strategi tersebut dilakukan agar bisnis kalian bisa berjalan lancar dan mendapatkan untung. Tentunya, meskipun strategi bisnis tidak harus dengan konsep bombastis, namun tetap saja berdagang perlu beberapa strategi, Meskipun terdengar sederhana, strategi usaha sering kali disepelekan oleh beberapa pelaku bisnis terutama bisnis kecil. Sesederhana ingin menjual apa, atau menjual di mana? Poin – poin tersebut dijawab tentu dengan potensi yang menggunakan strategi. Misalkan, kalian ingin menjual pakaian wanita, lalu kalian menjualnya di Group WhatsApp yang isinya teman – teman perempuan. Pemilihan – pemilihan sederhana ini masuk juga dalam kategori strategi bisnis.

Salah satu hal yang menjadi strategi bisnis, tentu saja soal produk atau barang. Dalam menjual sebuah produk atau barang, tentunya produk tersebut perlu lulus dalam standarisasi kalian. Dalam mengetahui fakta soal produk, kalian perlu untuk tahu persis apa saja produk yang masuk dalam kategori produk dicari. Ketahui kelebihan dan kekurangan produk secara rinci. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan, kalian akan lebih mudah dalam memasarkan produk bisnis kalian.

Selain produk yang kalian harus paham, beberapa faktor lain juga perlu untuk diketahui. Faktor lain tentu juga berpengaruh dalam larisnya bisnis kalian. Faktor tersebut adalah soal konsumen. Sebagai pelaku usaha, kalian perlu tahu apa saja yang masuk konsumen potensial. Jenis konsumen potensial adalah hal krusial yang sering terlewatkan oleh pelaku bisnis. Karena faktor konsumen potensial adalah sangat penting, yuk baca artikel ini hingga lengkap.

Tim Solusi UKM jabarkan apa saja yang termasuk konsumen potensial. Ciri ini adalah hal yang jangan dilewatkan jika kalian sedang menjalankan sebuah usaha terutama bisnis pada skala UKM.

Mereka yang sedang bertanya mengenai produk

Bagian pertama, konsumen potensial adalah mereka yang bertanya. Orang – orang yang menanyakan produk bisnis kalian memiliki potensi untuk membeli. Meskipun orang – porang tersebut terlihat ragu, namun kalian jangan menganggap remeh. Orang yang bertanya mengenai produk kalian, mungkin tidak langsung membeli produk kalian. Namun, mereka memiliki ketertarikan saat mereka menanyakan produk. Dengan ciri seperti ini, tentunya akan menjadi konsumen potensial. Jenis konsumen potensial adalah tentu tidak terlihat instan namun perlu kalian perhatikan. Jenis konsumen potensial  yang menanyakan adalah mereka yang di masa mendatang sudah mengetahui informasi mengenai produk yang kalian jual. Dengan memiliki informasi tersebut, akan menumbuhkan konsumen potensial sehingga bertambah jenis konsumen potensial kalian.

Sebagi contoh, beberapa orang datang pada bisnis kalian untuk menanyakan produk kalian. Kalian sebagai pelaku bisnis wajib untuk ramah dan menganggap konsumen potensial adalah mereka. Dengan keramahan yang kalian berikan. mereka akan dianggap sebagai raja dan merasa nyaman. Jika masih bertanya, konsumen potensial adalah jenis ini bisa memiliki kemungkinan untuk membeli produk kalian di masa mendatang.

Mereka yang sedang membandingkan

Poin kedua yang masuk dalam kategori konsumen potensial. Yang masuk dalam konsumen potensial kedua adalah mereka mereka yang membadingkan. Pada umumnya, konsumen potensial adalah awalnya menanyakan produk kalian. Selanjutnya, setelah menanyakan, langkah selanjutnya yaitu membandingkan produk kalian dengan kompetitor. Meskipun terdengan mengerikan, namun langkah ini juga penting. Hal ini karena konsumen potensial adalah akan membandingkan produk kalian dan kemungkinan untuk memilih produk kalian juga besar. Bahkan, jika produk kalian tidak terpilih oleh konsumen potensial, kemungkinan lainnya pun masih ada. Karena konsumen potensial adalah memilih yang terbaik dan produk kompetitor yang dipilih, masih ada kemungkinan produk kalian untuk menjadi opsi kedua.

Sebagai contoh konsumen potensial adalah yang sedang membandingkan. Seseorang sedang bertanya pada bisnis kalian dan membandingkan dengan produk lain. Kalian tidak perlu merasa marah dan terseinggung, lho! Kalian bisa tetap beramah – tamah agar produk bisnis kalian tetap dijadikan opsi yang bisa mereka pilih jika opsi pertama alias kompetitor tidak tersedia atau tidak bisa dihubungi. Jenis konsumen potensial seperti ini adalah peluang bisnis yang jangan diremehkan.

Mereka yang akan atau belum membutuhkan bisnis kalian

Nomer ketiga untuk konsumen potensial. Mereka yang masuk dalam kategori konsumen potensial adalah mereka yang akan membutuhkan bisnis kalian. Mereka yang memiliki potensi untuk membeli produk kalian adalah mereka – mereka yang bergerak pada bidang sesuai produk jualan kalian. Seperti contoh, jika kalian menjual daging – daging import sapi. Dengan produk jualan kalian daging import sapi, maka konsumen potensial adalah adalah pemilik dari restoran – restoran steak. Mereka yang memiliki restoran steak tentu akan membutuhkan daging sapi. Bahkan, meskipun restoran steal tersebut memiliki pemasuk daging sapi, namun tidak ada salahnya untuk menjadikan produk kalian sebagai opsi mereka dalam membeli daging sapi import. Celah – celah seperti ini yang dimaksud dengan konsumen potensial. Tentu jenis konsumen potensial adalah mereka – mereka yang masuk dalam logika untuk membutuhkan jenis produk kalian.

Keluarga, kolega, teman atau kenalan

Jenis terakhir untuk konsumen potensial adalah keluarga, kolega, teman, dan juga kenalan. Mereka yang masuk menjadi keluarga, kolega, teman dan kenalan dapat berpotensi menjadi konsumen potensial. Tentunya konsumen potensial adalah mereka yang dekat dengan lingkungan kalian. Jenis konsumen potensial adalah bagian yang terkadang dilewatkan karena berada di lingkungan sendiri. Ceritakan bisnis jualan kalian pada keluarga, kolega, teman kalian agar word of mouth semakin tersebar. Siapa tahu, karena mereka percaya dengan kalian, mereka bisa menjadi konsumen setia dari bisnis kalian. Dengan ini keluarga, teman bisa menjadi konsumen potensial, bukan?

Itu tadi penjelasan dari Tim Solusi UKM terkait konsumen potensial. Untuk berhasil pada bisnis kalian di masa pandemi, tentu kalian perlu mendapatkan panduan yang valid agar bisnis dapat bertahan dengan baik. Klik banner di bawah ini untuk mendapatkan PANDUAN BISNIS UKM GRATIS SELAMA MASA PANDEMI, yuk! Buruan, nanti keburu habis!

Artikel Terkait

6 Cara Jitu Membuat Bisnis Online Kamu Berkembang

marsha

6 Kiat Agar Akun Instagram Bisnis Anda Sukses untuk Branding

marsha

Pengaruh Vaksin Indonesia Terhadap Perkembangan Bisnis

marsha