Solusiukm
Bisnis

Ini 4 Kunci Paling Penting Mengelola Keuangan Bisnis UKM

mengelola keuangan bisnis

Pada saat menjalankan sebuah bisnis, tentu akan banyak hal atau komponen pada sebuah usaha yang perlu diurus. Salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah bagian mengelola keuangan bisnis. Dalam perihal mengelola keuangan bisnis, sangat banyak rinician yang perlu dikerjakan dengan benar, karena saling berkaitan dengan berjalannya garis besar bisnis.

Hal seperti mengelola keuangan bisnis ini yang terkedang sering luput dari perhatian para pelaku – pelaku bisnis. Karena menganggap bisnisnya masih pada level UKM, banyak pelaku usaha yang menyepelekan. Sikap seperti ini yang ujungnya berakhir dengan banyak masalah. Dalam menjalankan bisnis, masalah mengelola keuangan bisnis yang salah bisa berakibat fatal dan bisnis yang dijalankan bisa goyah.

Jika kalian pelaku bisnis UKM dan menganggap remeh mengelola keuangan bisnis, yuk segera berubah. Apalagi kalian yang bermimpi membesarkan bisnis kalian hingga berkembang pesat. Dalam proses pengembangan bisnis menjadi besar, kalian benar – benar membutuhkan mengelola keuangan bisnis dengan tepat. Laporan – laporan bisnis yang disusun harian, mingguan, dan juga tahunan juga perlu dikerjakan dengan baik sehingga bisnis bisa berjalan normal.

Berikut komponen mengelola keuangan bisnis UKM yang fatal jika disepelekan:

Uang pribadi dan uang bisnis dicampur aduk

Poin pertama dalam kesalahan mengelola keuangan bisnis yang fatal adalah dicampurnya uang pribadi dan uang bisnis. Bahkan, Sobat UKM perlu tahu bahwa sebuah bisnis UKM bisa gagal total dan gulung tikar karena uang pribadi dicampur aduk dengan uang bisnis. Alasan – alasan seperti ini yang membuat mengelola keuangan bisnis menjadi berantakan. Banyak pelaku bisnis berdalih jika UKM yang didirikan belum serumit itu sehingga keuangan tidak perlu dipisah. Padahal, bisnis kalian akan semakin berantakan jika keuangan usaha dan pribadi tidak dipisah.

Pelajari hal dasar soal pembukuan

Jika kalian sudah melakukan pemisahan antara uang bisnis kalian dan uang pribadi kalian, saatnya masuk ke langkah kedua dalam mengelola keuangan bisnis. Kalian sebagai pelaku UKM tentunya perlu mempelajari soal pembukuan bisnis. Tentunya, akan sulit dan membebani kalian jika kalian diharuskan untuk mahir dalam menjalankan pembukuan. Sebaliknya, ada baiknya kalian mengerti mengenai dasar – dasar pembukuan. Dengan paham dasar – dasar pembukuan, diharapkan mengelola keuangan bisnis akan semakin lebih mudah. Selalu catat uang masuk setiap harinya, dan juga uang keluar yang dibelanjakan untuk berjalannya bisnis kalian.

Jangan ‘gatel’ bikin pengeluaran yang heboh

Salah satu yang membuat mengelola keuangan bisnis acak – acakan, tentunya pembelanjaan yang tidak bijaksana. Dalam menjalankan usaha, tentu sebagai pelaku bisnis kita sangat ingin memperbesar dan mengembangkan bisnis UKM kita. Pembelanjaan – pembelanjaan menjadi sering dilakukan agar bisnis semakin besar dan semakin berkembang. Jika kalian tidak bijak dalam pengecekan dalam pebukuan, makan mengelola keuangan bisnis bisa menjadi berantakan.

Terutama jika kalian pelaku UKM yang menyasar pasar digital. Mereka yang berbisnis pada ranah digital pada umumnya akan lebih terpacu untuk membelanjakan uang mereka pada iklan – iklan dan pengembangan usaha kalian. Dalam mengelola keuangan bisnis, akan lebih bijak jika kalian lebih menahan keinginan agar mengelola keuangan bisnis bisa lebih stabil dan menguntungkan.

Cash flow yang benar

Langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan bisnis, adalah dengan memiliki cash flow yang baik. Jika bisa melakukan pembayaran di awal, usahakan untuk melakukan hal ini agar cash flow bisnis kalian bisa lebih sehat. Selain itu, dengan memiliki cash flow yang sehat, kalian bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik. Usaha kalian untuk mengelola keuangan bisnis perlu diusahakan dengan memiliki cash flow yang baik pula. Selain itu, untuk memiliki cash flow yang benar, usahakan untuk mempunyai uang masuk yang jauh lebih besar dibanding uang keluar. Bijak pula dalam mengalokasikan uang – uang kalian pada pos bisnis yang telah dibagi.

Dalam masa pandemi, wajib bagi kalian pelaku bisnis untuk serius dalam mengelola keuangan bisnis UKM kalian. Jangan sampai kalian tidak menahan pengeluaran yang tidak penting saat pandemi karena bisa berdampak fatal bagi usaha kalian. Baca panduan bisnsi UKM dalam menghadapi masa pandemi GRATIS! Klik banner di bawah ini, yuk.

 

Artikel Terkait

BLT Khusus UMKM Bakal Diperpanjang. Cek Persyaratan Lengkapnya di Sini:

marsha

Pede Berbisnis: Ngga Usah Parno Bisnis Ditiru. Baca Alasannya di Sini!

marsha

Intip Rahasia Sukses Kedai Kopi Kulo

marsha