Solusiukm
Manajemen & Pemasaran

Ini 5 Rumus Paten Buat Jualan Makeup Online, Ayo Disimak!

Meskipun pada masa pandemi beberapa kegiatan di luar rumah dibatasi, namun masih banyak kebutuhan pekerjaan yang membutuhkan aktivitas di luar rumah. Begitu juga dengan perempuan yang membutuhkan berkegiatan di luar rumah, termasuk urusan pekerjaan. Terlebih beberapa kantor yang mewajibkan para pekerja – pekerjanya untuk berkegiatan di kantor meskipun dengan jadwal yang dikurangin intensitasnya.

Dengan kebutuhan untuk melakukan kegiatan di luar rumah, tentunya perempuan – perempuan aktif Indonesia membutuhkan tampilan yang baik, terutama pada bagian wajah. Meskipun menggunakan masker di banyak waktu, namun beberapa waktu menghasruskan mereka untuk melepas seperti saat makan, minum dan lain – lain.

Wanita tentunya akan membutuhkan makeup sebagai penunjang penampilan agar terlihat baik. Fakta – fakta tersebut yang membuat makeup menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, bukan? Untuk itu, jualan makeup online merupakan ide jualan yang bisa kalian pertimbangkan untuk mencari pemasukan.

Berikut beberapa tips yang tim SolusiUKM.com rangkumkan untuk kalian Sobat UKM agar bisa menjalankan jualan makeup online yang sukses dan menguntungkan:

Cari Distributor yang Tepat

Langkah pertama untuk menjalankan jualan makeup online, adalah dengan mencari distributor yang tepat. Jika kalian ingin berencana jualan makeup online, kalian perlu menetapkan terlebih dahulu jenis makeup apa yang akan kalian jualan. Beberapa jenis jualan makeup online yang sedang tren saat ini adalah jenis makeup Korea, dan juga jenis makeup buatan lokal Indonesia.

Jenis jualan makeup Korea juga menjadi tren yang tidak dibendung. Hal ini disebabkan karena segala hal yang mengandung unsur dari negara Korea juga menjadi tren terdepan di berbagai kalangan. Dari mulai K-drama, K-Pop, dan lain – lain. Sehingga, makeup dengan gaya Korea juga ikut menjadi tren yang sangat digemari. Dengan banyaknya tren asal Korea, membuat kalian sebagai pelaku usaha UKM yang berminat jualan makeup online menjadi sebuah peluang emas. Sehingga membuat banyak distributor yang menyediakan barang – barang import makeup Korea untuk kalian jualan makeup online.

Selain itu, distributor makeup lokal juga tidak kalah menjadi tren. Makeup produk asal Indonesia memang lima tahun terakhir menjadi primadona di negara snediri. Makeup – makeup lokal Indonesia memiliki kualitas – kualitas tinggi juga namun dengan harga yang masuk akal sehingga menjadi incaran banyak konsumen perempuan Indonesia. Selain itu, makeup lokal Indonesia juga memiliki branding yang bagus dan juga kemasan kekinian sehingga tetap membanggakan untuk digunakan konsumen. Jualan makeup online produk makeup lokal juga saat ini banyak pilihan merek – mereknya. Beberapa merek makeup lokal untuk kalian jualan makeup online sebagai contoh adalah Dear Me Beauty, Secondate, BLP, Madam Gie, dan merek – merek lainnya yang sangat banyak ragamnya.

Tetapkan Harga Jual

Setelah kalian mendapatkan distributro dan harga yang ditetapkan, langkah kedua adalah kalian menetapkan harga jual. Untuk menetapkan harga jual jualan makeup online, kalian perlu melakukan penghitungan dengan cermat. Hal ini disebabkan karena jualan makeup online membutuhkan biaya operasional yang cenderung lebih sedikit jika kalian jualan makeup dengan toko fisik. Dengan jualan makeup online kalian tentu bisa menghemat budget biaya – biayan untuk sewa tempat, sewa listrik, dan lain – lain. Sehingga harga yang dipatok untuk jualan makeup online kalian bisa lebih murah dibanding jualan makeup yang memiliki toko fisik. Selain itu, konsumen wanita Indonesia juga mayoritas telah paham jika harga jualan makeup online akan membandrol harga lebih murah dibanding produk makeup dengan tempat toko fisik.

Foto Produk Dengan Gaya Bisnis Kalian

Hal selanjutnya yang perlu kalian siapkan untuk jualan makeup online, adalah dengan memiliki materi jualan. Dengan memiliki materi jualan kalian bisa menjual jualan makeup online dengan lebih maksimal. Hal ini disebabkan karena dengan jualan makeup online, materi visual seperti foto, dan video akan menjadi daya tarik palinng utama untuk memiliki bisnis jualan makeup online yang laris.

Untuk memiliki foto produk yang baik, tentunya kalian bisa mengolah daya kreatifitas kalian agar tampilan jualan makeup online lebih menarik di mata konsumen. Kalian bisa menggunakan foto – foto produk yang sudah ada dan umumnya disediakan pada website – wesbite resmi dari produk tersebut. Lalu agar tidak membosankan, kalian bisa memberikan sedikit variasi seperti hiasan pada bingkai sekeliling foto produk agar jualan makeup online milik kalian lebih memiliki variasi dan pembeda dibanding bisnis – bisnis jualan makeup online kompetitor.

Selain itu juga untuk materi jualan makeup online berbentu video bisa membantu kalian juga dalam menjual makeup. Gunakan kuliatas seasli mungkin dan sejelas mungkin. Kalian bisa membuat video jualan makeup online dengan menggunakan produk sekaligus tutorial cara penggunaan. Informasi – informasi yang jelas seperti ini tentu akan lebih memudahkan konsumen sata menggunakan jualan makeup online dari bisnis kalian.

Tips Untuk Menjual di Instagram

Penggunaan Instagram sebagai jualan makeup online juga bisa digunakan. Meskipun ada baiknya jika jualan makeup online lewat Instagram tidak bisa dijadikan satu – satunya alat berjualan. Hal ini disebakan karena pendeteksian transaksi jualan makeup online melaluii Instagram lebih susah diawasi ketimbang dengan media platform lainnya.

Tips Untuk Menjual di Shopee, Tokopedia

Bagian ini tentu bagian paling penting dari jualan makeup online. Dengan menggunakan Shopee dan Tokopedia, konsumen akan merasa lebih aman dalam bertransaksi jualan makeup online. Kami lebih menyarankan Shopee sebagai media berjualan karena platform Shopee memang lebih dipusatkan target pasar perempuan – perempuan Indonesia sehingga jualan makeup online lebih sesuai dengan target konsumen, bukan?

Artikel Terkait

5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Dulu Laku tapi Sekarang Tidak?

Melisa

5 Faktor Penting dalam Merencanakan dan Menyiapkan Bisnis Kaos Sablon

M. Arifin

Usaha Kreatif di bidang Olahraga Dari Modal Kecil Hingga Modal Besar

Iskandar Rumi