Solusiukm
Bisnis

Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Online di HP. Anti Ribet dan Cepet Kelar!

Photo Source: Tribun news

Sejak virus Covid – 19 Corona melanda dan masuk ke Indonesia bulan Maret 2020, efek yang dibuat dari kejadian tersebut berdampak buruk. Banyak sektor- sektor yang dirugikan dan memiliki efek domino ke banyak industri Indonesia. Efek buruk dari pandemi Covid – 19 Corona ini tentunya bisa tidka hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Sejak bulan Maret 2020, pemerintah sudah mengambil aksi reaktif guna melakukan pencegahan penularan dari virus Covid – 19 Corona yang semakin melebar. Beberapa langkah diantara menerapkan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun atau jika tidak bisa mencuci tangan bisa menggunakan hand sanitizer, menjauhi kerumuman orang lain atau social distancing, dan lain – lain. Peraturan itu disosialisasikan sebagai langkah pencegahan agar rantai penularan virus Covid – 19 Corona tidak semakin meluas.

Selain itu, pemerintah juga membuat sebuah program untuk mengatur peneritban masyarakat secara massif. Program pengaturan tersebut diberi nama PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. PSBB tersebut mulanya dilakukan dalam durasi beberapa bulan, lalu dilanjut dengan masa PSBB transisi alias konsep new normal.

Selain itu juga, pemerintah membuat sebuah program yang bisa mengatur keadaan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Peraturan dari pemerintah tersebut diberi nama Kartu Prakerja. Kartu Prakerja sesungguhnya merupakan program pemerintah atau Presiden Joko Widodo pada masa pemerintahannya. Program Kartu Prakerja ini sudah terlebih dahulu digaungkan pada masa kampanye pemilihan Presiden sebelumnya, hingga akhirnya Joko Widodo terpilih.

Apa sih Kartu Prakerja itu?

Kartu Prakerja tersebut merupakan sebuah tanda atau dokumen yang berbentuk kartu. Kartu tersebut digunakan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan kelebihan atau keterampilan khusus. Program Kartu Prakerja ini sesungguhnya sudah ada sejak lama, namun saat ini, program tersebut kembali dimodifikasi karena situasi dan kondisi. Situasi – situasi tersebut tentunya disebabkan karena kondisi mendesak pandemi Covid – 19 Corona yang melanda Indonesia.

Kartu Prakerja Modifikasi saat Pandemi Covid – 19 Corona

Modifikasi tersebut adalah, selain bisa mendapat pelatihan pada kemampuan bidang tertentu, program Kartu Prakerja memililki tambahan lain. Tambahan tersebut berupa bantuan dengan nominal uang RP. 3. 550 .000,-. Dengan bantuan tersebut, tentu banyak orang berlomba – lomba mendapatkan Kartu Prakerja. Pendaftaran Kartu Prakerja juga bisa melalui HP, lho, Sobat UKM. Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja online di HP?

Simak penjelasan dari tim Solusi UKM mengenai cara daftar Kartu Prakerja online di HP di bawah ini:

Membuat sebuah akun pada halaman website prakerja.go.id

Langkah paling awal untuk cara daftar Kartu Prakerja online di HP, adalah kalian harus membuka website www.prakerja.go.id. Setelah kalian berhasil membuka website tersebut, kalian perlu mencari tombol pilihan ‘masuk’ lalu ‘daftar’

Masukkan kata sandi dan data diri seperti nama lengkap dll

Langkah selanjutnya untuk cara daftar Kartu Prakerja online di HP adalah dengan mengisi data pribadi. Jenis data pribadi yang perlu diisi adalah nama lengkap kalian sebagai penerima Kartu Prakerja online, kata sandi, dan lain – lainnya

Memulai proses cara daftar Kartu Prakerja online di HP

Setelah kalian selesai membuat akun pada website prakerja.go.id, kalian bisa melakukan pendaftaran untuk bisa membuat akun Kartu Prakerja. Kalian bisa kembali login pada website www.prakerja.go.id.

Selanjutnya, kalian bisa memilih menu verifikasi KTP, lalu klik pilihan berikutnya.

Kalian setelah itu bisa melengkapi data diri yang belum diisi. Pada langkah ini kalian perlu mengunggah  foto KTP dengan jelas, ya! Jangan lupa juga kalian perlu melakukan swafoto atau biasa disebut dengan sebutan selfie dengan memegang KTP kalian.

Verifikasi nomer HP kalian yang aktif dan kalian gunakan sehari – hari, dan klik pilihan kirim. Setelah semua kelengkapan data sudah kalian isi dan kalian penuhi, kalian wajib melakukan sebuah pernyataan. Pernyataan tersebut disebut dengan deklarasi survey bahwa data yang kalian isi merupakan data yang sejujurnya, tanpa rekayasa.

Tes yang Wajib Kalian Kerjakan

Pada bagian ini, kalian wajib mengisi sebuah tes. Tes ini perlu diisi dan harus dikerjakan dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Kalian diharapkan mengisi tes ini dengan maksimal, disebabkan tes ini merupakan salah satu faktor penting. Tes ini sangat penting dikerjakan karena bisa menjadi salah satu faktor utama atas diterima atau tidaknya permohonan kalian untuk daftar Kartu Prakerja online di HP. Jangan lupa untuk menyediakan kertas dan pulpen atau pensil sebagai coret – coretan. Hal tersebut wajib karena tes tersebut

Berikutnya, pemohon wajib mengikuti tes.

Tes ini berisikan sejumlah soal yang harus dikerjakan sekitar 20 menit.

Anda sebaiknya menyiapkan kertas dan pensil untuk membantu menjawab soal tes karena terdapat soal berupa hitung-hitungan. Setelah semua tes yang disediakan oleh prakerja.go.id selesai kalian isi, kalian bisa mengikuti seleksi batch. Seleksi dari batch Kartu Prakerja tersebut yang nantinya akan disesuaikan sesuai dengan lokasi domisili milik kalian. Langkah pendaftaran kalian selesai. Kalian selajutnya hanya perlu menunggu apa kah permohonan Kartu Prakerja kalian bisa dikabulkan atau ditolak.

 

 

 

Artikel Terkait

Bisnis Online Kekinian: Serba –Serbi Influencer

marsha

Ini Daftar Bisnis Online 2020 Paling Gampang dan Paling Cuan!

marsha

Sinar Mas Mau Buka Pabrik Masker Karena Covid-19 Corona, lho!

marsha