a

Ini Cara Kerjain Akuntansi Bisnis Makanan Paling Gampang dan Cepat!

Kita semua tahu bahwa faktor akuntansi bisnis sangat dipenting diketahui dan dijalankan pada jenis bisnis apapun. Namun, tentunya ada beberapa perbedaan mengenai akuntansi bisnis dari jenis usaha satu ke usaha yang lainnya. Salah satu yang sering ditanyakan adalah perihal akuntansi bisnis bidang makanan. Untuk kalian yang pelaku bisnis yang menjalankan bisnis makanan, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui seluk beluk secara rinci mengenai akuntansi pada bisnis makanan.

Hal ini disebabkan karena bisnis makanan berbeda dengan jenis bisnis – bisnis lainnya. Perbedaan ini yang membuat bisnis makanan membutuhkan sistem akuntansi yang berbeda dibanding usaha yang lainnya. Tidak hanya itu, beberapa poin penting untuk diingat jika kalian menjalankan bisnis makanan adalah pencatatan akuntansinya. Dengan memiliki catatan akuntansi bisnis makanan yang baik, bisnis makanan kalian akan lebih jelas melalui data. Setelah pengecekan akuntansi bisnis makanan yang jelas, kalian bisa menganalisa apakah bulan ini sedang laba atau justru rugi.

Selain itu, dengan menjalankan akuntansi bisnis makanan dengan baik, kalian bisa dengan mudah melacak segala dana masuk, dan yang paling penting juga data dana keluar. Dana keluar tersebut yang bisa kalian pelajari, apakah memang pengeluaran – pengeluaran tersebut penting untuk dieksekusi, atau justru bisa ditekan dan tidak dikerjakan pada bulan selanjutnya. Semua strategi bisnis akan tepat dijalankan jika kalian selalu mencatat akuntansi bisnis jenis makanan dengan rapi.

Berikut tips yang dirangkumkan tim Solusi UKM untuk kalian pelaku usaha dalam mengerjakan akuntansi bisnis makanan:

  • Catat arus kas bisnis makanan dan lakukan pengecekan ulang

Dalam mengerjakan akuntansi bisnis makanan, kalian perlu dengan rinci dan jelas melakukan pencatatan uang masuk, uang keluar, agar nantinya mempermudah pelacakan bisnis makanan kalian. Pencatatan akuntansi bisnis makanan dengan disiplin bisa membuat kalian menganalisa apakah bisnis kalian lebih banyak arus dana masuk, atau arus dana keluar. pada umumnya, dalam akuntansi bisnis makanan, terdapat 2 kategori umum. 2 kategori tersebut yaitu prime costs dan fixed costs.

fixed costs pada akuntansi bisnis makanan pada umumnya mencatat segala jenis pengeluaran yang bersifat tetap, dan nominal dari pengeluarannya tidak bisa diganggu gugat. Beberapa contoh yang masuk dalam kategori fixed costs adalah membayar sewa tempat bisnis, asuransi, biaya operasional, dan lain – lain.

Lalu, akuntansi bisnis makanan kategori prime costs meliputi bahan makanan, pajak, gaji karyawan, dan poin – poin lainnya. Pada bagian prime costs ini yang sering sekali menimbulkan masalah pada akuntansi bisnis makanan milik kalian. Jika tidak diawasi dengan teliti, akan banyak dana keluar yang belum penting sehingga laba bisnis kalian yang akan dipertaruhkan.

  • Selalu diskusi dengan tim

Bagian selanjutnya yang perlu kalian pahami agar akuntansi bisnis makanan kalian efektif dan akurat, adalah melakukan diskusi yang berkala dengan tim bisnis kalian. Hal ini penting didiskusikan bersama tim agar anggota – anggota lain yang berkepentingan bisa ikut memberi masukan dan sudut pandang lain mengenai akuntansi bisnis makanan milik usaha kalian.

Bisa juga, sebagai pelaku bisnis, kalian meminta masukan pada pelaku – pelaku usaha lain yang sama – sama menjalankan bisnis makanan. Tanyakan apa tips akuntansi atau tips data pembukuan dari kenalan kalian agar data akuntansi bisnis makanan kalian menjadi lebih baik. Dengan sering melakukan diskusi mengenai akuntansi bisnis makanana pada sesama pelaku bisnis makanan, kalian akan mendapatkan sudut pandang – sudut pandang yang baru. Mereka juga umumnya sudah melalui banyak masalah dan kalian bisa mempelajari kesalahan mereka dan tidak melakukannya pada bisnis makanan milik kalian.

  • Jangan lupakan data inventaris

Poin nomer tiga agar memiliki tips akuntansi bisnis makanan yang baik, adalah dengan tidak melupakan catatan data inventaris bisnis kalian. Bisnis makanan yang kalian miliki pasti memiliki rincian data yang jumlahnya tidak sedikit. Rincian – rincian dari bisnis makanan yang pada umumnya meliputi bahan – bahan baku makanan, bahan baku minuman, jenis kebutuhan atau mesin untuk mengolah makanan atau minuman, dan poin – poin penting lainnya. Untuk memiliki catatan yang lengkap dan jelas seputar inventaris, tentu merupakan hal krusial bagi akuntansi bisnis makanan milik kalian. Pisahkan kas agar tidak tercampur dengan kas – kas lainnya pada akuntansi bisnis makanan milik kalian.

  • Hitung semua laba atau rugi

Poin yang tidak kalah penting pada akuntansi bisnis makanan yang kalian jalankan, adalah dengan menghitung semua laga rugi yang dimiliki bisnis. data keputusan untung dan rugi biasa disebut dengan istilah P&L, atau singkatan dari Profit & Loss. P&L pada akuntansi bisnis makanan harus dipisahkan dari laporan – laporan lainnya karena hal ini yang menjadi salah satu inti akuntansi bisnis makanan. Saat data P&L yang kalian miliki didukung oleh data – data yang lain, kalian akan lebih jelas dalam menyesuaikan keuangan internal bisnis makanan milik kalian sehingga bisnis kalian bisa berjalan dengan baik. Pada umumnya, data P&L pada akuntansi bisnis makanan dikerjakan secara rutin dalam periode tertentu. P&L pada akuntansi bisnis makanan bisa digarap dalam durasi mingguan, bulanan bahkan tahunan, sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kalian jalankan.

Dalam menjalankan akuntansi bisnis makanan sebenarnya tidak sulit, kalian hanya perlu untuk disiplin, teliti, dan tetap rajin dalam mengerjakannya. Hal ini penting dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini, agar bisnis kalian tetap bertahan. Kita semua tahu bahwa banyak sekali bisnis – bisnis yang mengalami penurunan omzet drastis, bahkan hingga gulung tikar. Untuk melakukan pecegahannya, cek PANDUAN efektif agar bisnis makanan kalian tidak bangkrut dengan klik banner di bawah. GRATIS dan BUKAN SPAM!

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x