a

Ini Daftar Usaha yang Jarang Rugi Saat Masa Pandemi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita ingin menjalankan jenis usaha yang jarang rugi atau tingkat keuntungannya bisa kalian andalkan. Hal ini sangat penting, terutama pada masa pandemi seperti saat ini yang mana bisnis – bisnis sedang dilanda krisis. Banyak kejadian yang membuat pelaku – pelaku usaha banting setir dalam melakukan jenis bisnis, bahkan banyak sekali bisnis – bisnis yang sampai harus gulung tikar disebabkan oleh pandemi virus Covid – 19 Corona ini.

Mau tidak mau, memilih untuk mengerjakan bisnis merupakan salah satu cara untuk bertahan hidup. Untuk itu, dalam memilih jenis usaha, kalian perlu memastikan bahwa presentasi bisnis yang kalian pilih merupakan jenis usaha yang jarang rugi. Dengan menggali jenis usaha yang jarang rugi, kalian bisa bertahan hidup setidaknya sampai krisis dari Covid – 19 Corona selesai melanda.

Pun beberapa bisnis yang sebelumnya sangat berjaya, saat pandemi Covid – 19 Corona masuk ke Indonesia, bisnis tersebut justru mengalami penurunan omzet yang drastis, bahkan disayangkan hingga gulung tikar. Beberapa jenis usaha yang sangat rugi pada tahun 2020 karena masa pandemi adalah bisnis industri fesyen, dan juga pariwisata. Kedua jenis industri bisnis ini tentu sebelum masa Covid – 19 Corona melanda, merupakan dua industri yang sangat ramai diminati. Dua usaha tersebut seakan – akan tidak mengenal waktu, akan selalu ramai diminati oleh konsumen Indonesia. Namun, saat Covid – 19 Corona masuk ke Indonesia, dua industri yaitu fesyen dan pariwisata seperti hotel, penerbangan, dan lain – lain justru sangat anjlok dan terpuruk.

Hal tersebut disebabkan, karena pada masa pandemi Covid – 19 Corona, masyarakat yang dalam hal ini masuk kategori konsumen, sedang mementingkan kebutuhan utama. Perubahan pola konsumsi dari masyarakat Indonesia saat pandemi Covid – 19 Corona ini yang membuat pada akhirnya banyak usaha yang rugi besar dan harus gulung tikar.

Fakta – fakta tersebut muncul dan membuat kita para pelaku bisnis UKM wajib mempelajari pola konsumsi masyarkat yang berubah ini, dan mencari – cari sesuai kenyataan lapangan, jenis usaha apa yang jarang rugi. Kalian sebagai pelaku UKM tentu wajib untuk putar haluan saat bisnis kalian ternyata tidka membawa untung.

Lalu, apa saja yang masuk dalam kategori usaha yang jarang rugi? Berikut akan Tim Solus UKM jelaskan mengenai jenis usaha yang jarang rugi, yang pastinya bisa langsung kalian terapkan terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona.

  • Menjual ulang tanpa harus membeli

Pada pilihan pertama di jenis usaha yang jarang rugi adalah dengan menjalankan bisnis yang menjual ulang produk. Pada bisnis jenis ini, kalian bisa menjual ulang sebuah bisnis tanpa harus membeli. Dengan cara ini, kalian bisa membuat usaha yang kecil kemungkinan rugi, bahkan jarang rugi. Pada istilah yang lebih populer, sistem ini biasa disebut dengan panggilan dropship atau juga reseller.

Dengan memilih jenis usaha ini, tentunya akan membuat kemungkinan rugi pada sebuah usaha menjadi kecil, bukan? Jenis usaha ini masuk dalam usaha yang jarang rugi, karena pembelian yang dibeli dari konsumen akan kalian sediakan sesuai dengan kuantiti yang diinginkan oleh konsumen. Sehingga, kalian juga tidak perlu membeli terlebih dahulu produk sehingga tidak mengeluarkan modal.

  • Masakan sesuai pesanan

Menjadi sebuah perbedaan pendapat mengenai bisnis jenis ini. Membuka bisnis jenis masakan sesuai pesanan, tentu masuk dalam katagori usaha yang jarang rugi. Hal ini disebabkan pembuatan makanan benar – benar sesuai dengan pesanan, sehingga tidak ada target atau produk bisnis yang busuk karena sisa dan sepi pembeli. Bagi kalian yang memang memiliki passion untuk memasak, tentu bisnis ini masuk ke jenis usaha yang jarang rugi. Terlebih lagi jika masakan – masakan kalian sering sekali dipuji orang – orang sekitar. Namun, jika kalian tidak memiliki passion untuk memasak, bisnis ini masih bisa dijalankan, lho, Sobat UKM! Alasannya adalah bisnis ini mudah, murah, dan bisa menjadi kunci usaha yang jarang rugi untuk pelaku – pelaku bisnis seperti kalian.

  • Masker kain dengan berbagai warna, model, dan motif

Usaha jenis ini tentu tidak asing lagi. Masker kain merupakan salah satu barang yang benar – benar dicari banyak orang terutama hal ini diwajibkan oleh pemerintah dan World Health Organization atau WHO. Dengan peraturan yang wajib seperti itu, pasti memnjadikan sebuah celah bisnis masker kain yang bisa kalian maksimalkan. Menjual masker kain pada masa pandemi jelas merupakan salah satu jenis usaha yang jarang rugi.

Kalian bisa download jenis pola – pola masker kain, dari berbagai model seperti Model Korea yang sedang hits, Model Katun, Model Scuba, jenis 2PLY atau 3PLY, bahkan untuk berhijab juga tersedia model masker kain yang bisa kalian download GRATIS. Tunggu apa lagi, ayo klik banner di bawah ini, ya!

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Jadi Womenpreneur itu Gampang! Baca Tipsnya di Sini
July 24, 2020 19:00

[…] Artikel Lainnya […]

trackback
Cuan Bisnis Kopi Keliling Makin Gede. Cek Faktanya di Sini: - Solusiukm
July 26, 2020 17:14

[…] […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x