Solusiukm
Bisnis

Ini Kiat Sukses Usaha Dagang, Mulai Dari Nol Banget!

Tentunya pada masa pandemi seperti saat ini, kita dihadapkan pada situasi – situasi yang serba terdesak dan serba tidak menentu. Dengan semua ketidak pastian tersebut, ada baiknya kita membuat rencana – rencana cadangan, terutama rencana cadangan soal keuangan kalian dan tentu keluarga. Melakukan rencana cadangan tentu merupakan hal yang penting dilakukan, terutama jika kalian yang memiliki pekerjaan sebagai karyawan, namun sedang mengalami pemotongan gaji setiap bulannya dikarenakan masa pandemi virus Covid – 19 Corona. Atau, penting juga untuk dilakukan bagi kalian yang terkena dampak dari pandemi sehingga dengan sangat terpaksa dirumahkan atau terkena PHK.

Mendapatkan penghasilan melalui cara usaha dagang merupaka salah satu cara yang bisa dilakukan oleh kalian, terutama pada masa krisis seperti pandemi saat ini. Namun, banyak sekali individu – individu yang merasa cemas jika harus memulai sebuah usaha dagang atau bisnis dari nol. Untuk itu, kalian perlu mendapatkan tips – tips atau kiat sukses untuk mendirikan sebuah usaha dagang.

Jangan sampai kalian sangat menggebu – gebu untuk memulai sebuah usaha dagang, namun karena terlalu bersemangat, jadi melupakan banyak komponen – komponen yang harus dipikirkan sebelum memulai usaha dagang. Tapi, untuk memulai sebuah bisnis, kalian juga tidak perlu terlalu pusing sehingga menjadi terlalu banyak berpikir tanpa benar – benar mengerjakan niat dari bisnis kalian.

Lalu, apa saja kiat – kiat sukses untuk menjalankan usaha dagang dari nol? Simak penjelasan yang telah durangkumkan tim Solusi UKM di bawah ini:

  • Yakinkan niat yang kalian miliki untuk memulai usaha dagang

Hal yang paling awal agar sukses untuk memulai sebuah usaha dagang atau bisnis, adalah dengan meneguhkan hati dan niat kalian untuk memulai. Hal ini penting, mengingat dalam memulai sebuah bisnis dari nol, tentu akan mengalami banyak sekali hambatan – hambatan yang akan ditemui. Jika niat kalian dalam memulai sebuah usaha dagang dan menjalankannya hingga sukses belum kuat, ditakutkan hambatan – hambatan atau cobaan yang akan datang saat membuka bisnis usaha dagang membuat kalian membatalkan niat berbisnis yang sebenarnya sangat penting dilakukan, terutama pada saat masa pandemi seperti saat ini. Sayang banget, kan?

  • Siapkan konsep dasar dari usaha dagang atau bisnis yang akan dijalankan

Jika niat sudah maksimal dalam menjalankan bisnis usaha dagang, langkah selanjutnya dalam menjalankan kiat sukses usaha dagang adalah dengan membuat pemetaan atau konsep paling dasar dari bisnis yang akan kalian kerjakan. Hal dasar dalam mengerjakan konsep bisnis usaha dagang adalah seperti membentuk konsep – konsep yang berisi: ingin menjalankan jenis usaha dagang atau bisnis seperti apa, pemasaran atau media promosi melalui apa, bagaimana pengerjaan dari usaha dagang tersebut, dan lain – lainnya.

  • Kreatif dalam memikirkan strategi bisnis juga perlu, lho!

Salah satu poin dari kiat sukses usaha dagang, adalah dengan menjalankan strategi – strategi bisnis. Bahkan pada hal bisnis yang paling mendasar saja, seperti pengunaan media online WhatsApp, Instagram, dan lain – lain juga merupakan buah dari pemikiran kreatif untuk sukses menjalankan ushaa dagang milik kalian. Dengan kiat atau tips menjadi kreatif, kalian sesungguhnya sudah satu langkah dalam berhasil dalam menjalankan sebuah usaha dagang. Cara referensinya, kalian bisa melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor kalian, dan melakukan modifikasi – modifikasi pada usaha dagang atau bisnis milik kalian, agar usaha dagang milik kalian dapat berjalan dengan sukses.

  • Visi misi yang terarah

Apa visi dan misi dari keinginan kalian membuka sebuah usaha dagang? Dengan memiliki visi dan misi yang jelas dalam membuat usaha dagang, langkah – langkah yang akan kalian kerjakan dalam menuju kiat sukses di dunia usaha dagang bisa lebih terarah dan terukur. Misal, visi dan misi kalian untuk awal – awal membuka bisnis atau usaha dagang, adalah dengan memiliki cabang bisnis di kota kalian tinggal sebanyak 3 toko namun tetap melakukan amal di setiap pembelian atau setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen – konsumen kalian.

  • Mencatatan semua inspirasi

Kiat lainnya agar sukses dalam mendirikan sebuah usaha dagang, adalah dengan melakukan pencatatan dengan disiplin mengenai apa saja yang bisa dijadikan inspirasi atau patokan dalam menjalankan usaha dagang milik kalian agar bisa menjadi sukses. Kiat tersebut penting dilakukan, agar kalian tetap ingat dalam menjalankan inspirasi – inspirasi acuan dagang milik kalian. Sebagai contoh, kalian terinspirasi untuk melakukan promo ongkos kirim setelah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Dengan melakukan pembelian nominal tertentu, konsumen bisa mendapat gratis masker kain yang bisa digunakan selama pandemi Covid – 19 Corona misalnya. Hal – hal inspirtif dalam mengembangkan usaha dagang hingga sukses nanti bisa menjadi salah satu kunci dari kiat sukses, lho!

  • Kalkulasi terhadap kemungkinan – kemungkinan terjelek yang bisa terjadi

Dalam salah satu tips agar usaha dagang bisa berjalan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan apakah skenario terjelek yang bisa terjadi saat menjalankan usaha dagang.

Untuk tips lebih lengkap sebagai kiat sukses usaha dagang lainnya, kalian bisa unduh atau download secara GRATIS. Klik banner di bawah ini, tanpa ribet dan BUKAN SPAM karena khusus kami buat untuk kalian pembaca setia dari Solusi UKM:

Artikel Terkait

5 Masalah yang Membuat Bisnis berjalan Lambat

marsha

Corona Tetap Untung, Ini 4 Ide Bisnis Tahun Baru 2021

marsha

Carl & Claire Parfum Buatan Lokal Keliatan Super Mahal

marsha