a

Ini lho Cara Bikin Cash Flow Bisnis yang Oke!

Yang namanya usaha, pasti ada yang namanya ‘cash flow bisnis’ atau sering benget disebut dengan julukan bahasa Indonesia baku: arus kas. Cash flow bisnis atau disebut juga dengan arus kas tersebut memiliki definisi, yaitu sebuah laporan keuangan pada bisnis yang berisi mengenai data pemasukan dan pengeluaran dana tertentu pada kurun waktu yang telah disepakati.

Tentunya, data cash flow pada sebuah bisnis atau arus kas tersebut membuat kalian sebagai pelaku bisnis tahu benar bagaimana kondisi keuangan bisnis kalian, bukan? Umumnya, kondisi bisnis yang terbaca dari cash flow tersebut adalah laba, rugi, atau justru keuangan stagnan.

Lalu bagaimana cara bikin cash flow bisnis yang oke?

Langkah awal yang paling tepat untuk bikin cash flow bisnis yang rapi, adalah dengan mengumpulkan semua data uang  perusahaan yang masuk dan keluar pada kurun waktu yang ditetapkan (contoh: satu bulan). Uang keluar tersebut meliputi kewajiban – kewajiban yang perlu dibayarkan oleh bisnis kalian. Dengan bikin cash flow bisnis yang baik, maka kalian akan memahami bisnis kalian sesungguhnya mendatangkan laba, rugi (minus) atau justru stagnan.

Bagian dari cash flow

Untuk bikin cash flow bisnis yang oke, sesunggunya ada beberapa komponen yang perlu kalian perhatikan dengan seksama. Tentunya komponen – komponen tersebut perlu kalian sebagai pelaku bisnis urai satu per satu. Dengan mengurai komponen pada sebuah cash flow, kalian akan satu langkah lebih maju untuk bikin cash flow bisnis yang rapi. Komponen – komponen tersebut terdiri dari:

  1. Arus kas yang berasal dari kegiatan – kegiatan untuk bisnis (operating activities)

Yang dimasud adalah arus keuangan yang sumbernya dari kegiatan – kegiatan yang terjadi selama sebuah bisnis berlangsung. Sebagai sebuah contoh, konsumen yang membayar produk dari bisnis kalian, atau kewajiban kalian sebagai pelaku bisnis yang perlu membayar gaji bulanan karyawan – karyawan kalian, dan lain sebagainya)

 

  1. Arus kas yang berasal dari kegiatan investasi (investing activity)

Yang dimasud poin di atas, adalah keuangan yang bersumber dari investasi dari bisnis kalian, baik uang masuk maupun uang keluar yang disebabkan karena sebuah investasi. Sebagai sebuah contoh, pembelian gerobak untuk bisnis kuliner yang kalian geluti, atau pembelian mobil untuk operasional sebuah perusahaan. Hal ini semua tentu masuk dalam kategori  arus kas investasi bisnis

 

  1. Arus kas yang berasal dari pendanaan pada bisnis (financing activities)

Yang termasuk dalam arus kas yang bersumber utamanya dari dana masuk yang didapat dari bisnis kalian. Sebagai contoh yang sederhana untuk arus kas pendanaan bisnis, adalah emisi sebuah saham, obligasi yang terjual, dan lain sebagainya.

Bikin cash flow bisnis yang oke itu, caranya..

Tentunya ada banyak cara atau langkah yang bisa kalian lakukan untuk bikin cash flow bisnis menjadi rapi dan meningkat tinggi. Langkah – langkah yang dapat kalian pilih untuk bikin cash flow bisnis oke adalah:

Cocokkan Stok

Untuk bikin cash flow bisnis, kalian tentu perlu mencocokkan stok yang kalian miliki dengan kebutuhan atau permintaan pasar. Terlebih lagi, sebagai contoh kasus, jika permintaan pasar masih dalam kuantitas cenderung kecil, maka lakukan pembelian stok barang sesuai dengan permintaan pasar tersebut. Jika stok yang kalian miliki sangat jauh dibandingkan permintaan pasar, terlebih jika stok barang tersebut memiliki masa berlaku dan tanggal kadaluarsa, bisnis kalian tentu akan mengalami kerugian. Salah satu hal untuk bikin cash flow bisnis yang sehat adalah dengan tidak berlebih melakukan penyetokan barang.

Usahakan untuk Selalu Down payment

Nah, langkah ini juga termasuk penting untuk bikin cash flow bisnis jadi lebih lancar. Untuk transaksi – transaksi bisnis kalian, usahakan banget untuk ada down payment atau uang muka yaa! Yang mana, itu berarti kalian sebagai pelaku bisnis akan mengurangi transaksi – transaksi yang menggunakan sistem kredit. Bikin cash flow bisnis tentunya akan lebih gampang jika aliran kas masuk lebih banyak ketimbang aliran dana keluar.

Pengecekan Pendapatan

Saat bisnis kalian sudah ada pemasukan, tentunya kalian sebagai pemilik bisnis perlu melakukan pengecekan dan pengaturan, kira – kira dana yang masuk tersebut harus dialokasikan pada pos – pos mana saja. Banyak pos pada perusahaan yang perlu dibagi, seperti contoh pos – pos marketing untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis kalian, pos investasi, pos biaya darurat, dan pos – pos lainnya. Usahakan bagi biaya pos secara bijak yaaa Sobat UKM!

Demikian tim Solusi UKM jelaskan secara panjang mengenai langkah – langkah yang perlu diambil untuk bikin cash flow bisnis kalian jadi lancar. Semoga langkah – langkah tersebut bisa membantu kalian untuk bikin cash flow bisnis lebih oke, yaa! Selain soal bikin cash flow bisnis, pastikan kalian dapat info – info dan trik lainnya yaa! Banyak sekali E-book GRATIS di MEMBERSHIP CUMA – CUMA Solusi UKM, lho! Soal marketing, soal berbisnis pada ranah E – commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan tips – tips lengkap lainnya. Kapan lagi, kan, dapet semua ilmu bisnis UKM secara cuma – cuma? Yuk, langsung daftar dengan klik banner di bawah:

 

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x