a

Ini Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha!

Anda sudah memulai menjalankan sebuah usaha? Jika sudah, maka banyak pelajaran baru yang harus Anda pelajari. Baik dari segi marketing, meningkatkan profit, dan keuntungan pada usaha Anda. Selain itu, yang tidak kalah penting dan tidak boleh terlupakan adalah mempelajari akuntansi dasar. Hal ini penting, karena setiap bisnis tidak terlepas dari akuntansi dasar.

Akuntansi selalu berkaitan dengan keuangan pada bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu, sebagai pengusaha Anda wajib mengetahui dasar-dasar akuntansi, agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan lancar, dan bisa memiliki keuangan yang teratur. Salah dalam pengelolaan keuangan, maka akan fatal terhadap usaha yang Anda jalankan.

Akuntansi adalah salah satu seni dalam mencatat, mengklarifikasi, mengolah, serta membuat ringkasan serta menyajikan laporan keuangan. Hasil akhir dari setiap kegiatan akuntansi yakni pembuatan laporan keuangan. Laporan ini akan menjadi alat evaluasi bisnis Anda.

Akuntansi Dasar yang Harus Dikuasai Pebisnis

Tidak semua pebisnis terlahir dengan memiliki pengetahuan akuntansi yang baik. Ada dari mereka yang lebih menyerahkan masalah akuntansi kepada orang lain, dan si pemilik usaha hanya memikirkan bagaimana usaha bisa terus jalan dan berkembang.

Namun, untuk menjadi seorang profesional, Anda diharuskan menguasai bidang dasar akuntansi untuk memantau perkembangan laju bisnis Anda. Berikut hal-hal dasar akuntansi yang wajib Anda ketahui.

Penamaan Akun

Hal dasar yang harus Anda ketahui pertama kali adalah akun. Akun dalam akuntansi adalah suatu alat yang digunakan untuk mencatat dan menggolongkan setiap transaksi. Akun ini sangat penting untuk menggolongkan setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis.

Transaksi harus dipisahkan. Pertama transaksi debit dan transaksi kredit. Kedua hal tersebut harus dipisahkan oleh sesuai pada akunnya masing-masing. Misal Anda membeli barang dari supplier, bagaimana Anda membayarkannya, apakah debit (cash) atau kredit.

Buat Laporan Dasar

Setelah memahami apa itu akun, maka Anda harus mempelajari tentang laporan. Dalam akuntansi dasar untuk bisnis yang masih dalam tahap berkembang dan transaksi belum begitu banyak, maka Anda cukup memahami tiga laporan dasar.

Ada tiga jenis laporan yang harus diketahui pengusaha pemula, yaitu:

Laporan Neraca

Laporan Neraca adalah dasarakuntansi yang wajib diketahui oleh para pengusaha. Laporan ini berguna untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis Anda. Selain itu, dalam laporan neraca akan terlihat asset, hutang, dan modal yang dimiliki oleh usaha Anda dalam periode tertentu. Dengan adanya laporan ini, maka Anda bisa mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis Anda.

Laporan Arus Kas

Laporan ini mengambarkan bagaimana aliran keuangan masuk dan keluar digambarkan dalam periode tertentu. Dalam laporan ini berisi mengenai dana yang digunakan untuk operasional, dan biaya yang dikeluarkan untuk marketing atau sebagainya.

Laporan Laba Rugi

Mungkin dalam akuntansi dasar, laporan laba rugi adalah hal yang paling penting dan mendasar yang harus dikuasai oleh pebisnis. Karena sebagai pengusaha Anda harus memiliki laporan laba dan rugi untuk mengetahui berapa laba dan rugi yang Anda peroleh dalam periode tertentu.

Jurnal

Jurnal sebenarnya menjadi hal yang paling mendasar yang harus dipelajari oleh para pengusaha pemula. Jurnal merupakan catatan pertama yang harus masuk dalam setiap catatan-catatan transaksi yang terjadi setiap hari.

Jika ada yang melakukan pembelian, maka pembelian produk tersebut harus masuk dalam catatan dalam jurnal. Setelah dikelompokan, maka setiap catatan tersebut akan dimasukan ke dalam buku besar sebelum menjadi laporan keuangan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Mengerti ?

Sudah mempelajari tiga hal dasar tersebut, jika Anda masih juga bingung apa yang harus Anda lakukan? Tak perlu khawatir, saat ini sudah cukup banyak cara untuk belajar bagaimana Anda bisa mendapatkan ilmu baru secara mudah. Seperti melalui internet, orang lain, dan membaca buku.

Belajar Dari Buku

Anda bisa mempelajari akuntansi dasar dari buku-buku yang sudah tersedia. Beli saja dua hingga tiga buku tentang dasar akuntansi untuk Anda pelajari. Buku adalah cara belajar yang paling efektif untuk Anda lakukan dengan mudah.

Bertanya & Belajar Kepada Ahlinya

Jika dengan buku, Anda tidak juga paham. Maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya kepada para ahli. Anda bisa belajar dari teman-teman yang memang sudah mahir dan memiliki latar belakang pendidikan akuntansi. Sehingga Anda bisa belajar dari mereka.

Menggunakan Software Akuntansi

Jika Anda sudah belajar namun masih kesulitan dalam menyusun setiap laporan dan jurnal akuntansi, maka sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk menyusun laporan dan jurnal agar lebih akurat. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online (AOL). Terlebih AOL sangat cocok digunakan sebagai software akuntansi bagi UKM Di Indonesia karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang user friendly sehingga mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Share With:
Rate This Article