Agar sebuah usaha dapat berjalan dengan sukses dan lancar, tentu sangat diperlukan  sebuah rencana yang telah diciptakan dengan sangat matang. Rencana – rencana tersebut merupakan salah satu tips membangun bisnis keluarga yang telah dirembukkan dengan tujuan dan segala perencanaan yang jelas dan matang. Atas dasar teori tersebut, tentu hal yang sangat pertama yang dapat kalian lakukan sebagai salah satu tips membangun bisnis keluarga adalah menciptakan atau merenovasi konsep tersebut yang sudah ada terlebih dahulu.

Tentunya kalian dibutuhkan terlebih dahulu sebagai tips membangun bisnis keluarga untuk menciptakan rencana bisnis yang akan bisa masuk dan cocok dijalankan dengan lingkungan, keadaan dan situasi pada zaman sekarang. Sebuah rencana usaha akan berisi taktik atau strategi-strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan dari membangun bisnis keluarga milik kalian.

Nah, perihal rencana bisnis ini, Anda dan orang tua pendiri bisnis juga harus sama-sama setuju dengan semua strategi atau tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Keselarasan harus dijunjung kuat, agar bisnis bisa tetap tumbuh lebih baik.

Banyak sekali di luar sana yang ingin membangun dan meneruskan bisnis keluarga, tapi tidak mencari ilmu dan tips yang tepat soal membangun bisnis keluarga. Akibatnya, mereka yang terlalu optimis tanpa dasar – dasar ilmu yang kuat sering megambil langkah – langkah yang salah. Gegabah dalam mengambil langkah bisnis tanpa menggali tips membangun bisnis keluarga merupakan kesalahan fatal.

Sama halnya jika membangun bisnis keluarga, namun dimulai tanpa dengan rencana,visi, misi yang jelas. Tentu akan membahayakan bisnis yang sudah didirikan keluarga atau orang tua kalian, bukan? Jangan samapai karena kurang jelasnya rencana yang kalian miliki membuat bisnis kalian tidak berjalan dengan mulus.

Pilih dengan selektif orang mana saja yang mengatur dan membangun bisnis keluarga kalian 

Salah satu poin penting dari tips membangun bisnis keluarga adalah dengan memilih dan memiliki (tentu saja) orang – orang yang terbaik dalam struktur manajerial. Hal ini disebabkan, karena banyak sekali bisnis keluarga yang masih dijalankan dengan cara lama. Maka dari itu sistem tersebut membutuhkan tips membangun bisnis keluarga, bukan? Bisnis berisfat tradisional tersebut rata – rata tidak mempunyai sistem manajerial yang jelas. Seperti contohnya pendiri bisnis, atau pada level manajer sangat mungkin mempunyai tanggung jawab yang ini dan itu sehingga menumpuk untuk mengerjakan pekerjaan harian.

Nah, tentunya dengan ilmu tips membangun bisnis keluarga, diharapkan bisnis keluarga milik kalian akan memiliki sebuah proses membangun bisnis keluarga dengan regenerasi yang lebih oke. Maka dari itu, kalian sangat perlu untuk membuat struktur siapa saja yang memiliki wewenang dalam mengatur berbagai hal pada jalannya sebuah bisnis.

Hal ini sangat penting, tentunya disebabkan dan diharapkan memiliki dampak baik, yaitu bisa mempermudah pengambilan keputusan dalam waktu singkat, praktis, dan tanpa bertele – tele. Jika kalian sebagai pemilik bisnis keluarga tersebut, kalian bisa memilih sendiri siapa saja anggota dalam sistem manajerialnya nanti.

Namun yang sangat perlu diingat dengan jelas, biarpun nantinya anggota manajerial tersebut adalah berasal dari  keluarga kalian, kalian tetap harus memilih, anggota keluarga mana saja yang memang ahli pada bidangnya.

Cek lanjutan artikel ini di Part 2, yaaa! 🙂